Bahaya Depresi

  • Thursday, May 13, 2010
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

BAHAYA DEPRESI

Mencegah lebih baik dari pada mengobati,atau sedia payung sebelum hujan.itulah semboyan yang harus ditanamkan pada diri seseorang sebelum terlanjur parah terjerumus kelubang kemusnahan. Intinya harus waspada terhadap segala perubahan yang timbul.tidak sedikit pejabat/orang tua yang terserang depresi bahkan sudah menular kekawula muda (remaja). Penyebabnya tidak terlalau parah hanya “tidak bisa memecahkan masalah” tapi akibatnya sangat kronis lebih bahaya dari penyakit yang lain,mungkin penyebab terjadi pada orang tua adalah saat menghadapi masa-masa yang menegangkan (baca:terjadinya PHK yang tiba-tiba,kenaikan dibidang ekonomi dsb) tapi yang paling bahaya lagi dan banyak macam penyebabnya yang terjadi pada kawula muda.diantaranya:

1.Kurangnya perhatian dari orang tua/lingkungan sekitar
Dari faktor ini sangat cepat merespon terhadap perubahan,memang tidak bisa dipungkiri pada zaman sekarang banyak pergaulan bebas yang tidak menggunakan aturan.itulah yang terjadi pada bibit depresi namun mereka salah dalam cara mengatasinya,mereka memilih cara yang negatif ( solusi cepat dalam menetukan pilihan yang akhirnya akan menyesal) bahkan bagi mereka yang tidak bisa memecahkannya bisa berakibat fatal,dan menyerang gangguan jiwa.
2.Ditolak/diputuskan pacar
Dari sinipun bisa terjadi,bahkan sudah banyak korban depresi yang menenggelamkan diri (bunuh diri) maka dari itu “hati-hatilah dalam menghadapi cinta” kita boleh mengungkapkan sesuatu pada seseorang yang kita sukai itu tandanya normal.tapi ungkapkanlah dengan wajar dan respon pula dengan sikap yang tegar.jangan takut kehabisan, karena persediaan masih banyak kok.begitu pula bagi seseorang yang Broken heart jangan dulu menyerah,justru hadapilah dengan kepala dingin. Kalaulah memang benar dia memutuskan untuk putus maka bersyukurlah itu merupakan anugrah dari tuhan,bahwa kita masih diberi kesempatan untuk memilih pasangan hidup yang ideal.kalau memang tidak ingin berpisah tanamlah pada diri masing-masing sifat saling percaya.
3.Kemajuan teknologi
Mungkin dari sinilah yang paling banyak korban depresi,dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin cepat.dan begitu pula dampak perubahannya sangat menyeramkan,bukan hanya depresi juga mengakibatkan maraknya teroris yang tersebar dimana-mana.salah satu pe nyebab depresi yang menyerang kawula muda akibat kemajuan teknologi diantaranya kecenderungan sosial
4.Keadaan lingkungan,persahabatan yang tidak memadai
Jangan dikira masalah kecil,misal adu mulut atau percekcokan itu tidak membahayakan.justru hal ini sangat membahayakan dan harus dihindari,bayangkan saja Cuma sekedar salah paham tetapi hatinya sudah kena dan terlanjur sakit,dan tidak bisa memecahkannya dan bisa dipendam saja.itupun akan mendekati kepada bibit depresi.maka dari itu jangan sekali-kali bermain hati.satu kali tergores selamany tak akan beres.

Nah,sudah terbukti kan? Dari keempat penyebab yang telah diuraikan diatas,maka dari itu banyak-banyaklah berbuat baik dan menjaga iman.kalau begitu bagaimana cara mengatasinya? Salah satu yang paling utama untuk mencegah timbulnya depresi adalah harus waspada terhadap segala perubahan, dan selalu sadar akan masa depan yang gemilang sebagai penerus bangsa.kalau penerusnya hampir semua terserang depresi,APA KATA DUNIA? Pasti SERAAAMM! Mulai dari sekarang yuk perbaiki dengan perubahan yang optimal dan mampu mencapai kualitas hidup yang lebih baik “Bekerja Keras Secara Cerdas Menuju Kesuksesan”

You Might Also Like

0 komentar