Hidup sehat ramah lingkungan

  • Tuesday, December 14, 2010
  • By Ipan Setiawan
  • 1 Comments



Pola hidup bersih dan teratur akan tercipta lingkungan yang aman,nyaman, indah dan segar. Begitu pula pola pelestarian lingkungan pada saat ini sangat dibutuhkan dari seluruh lapisan masyarakat, salah satu upaya pelestarian lingkungan agar tetap terjaga kelestariannya adalah mampu menerapkan pola hidup sehat ramah lingkungan.Diantaranya yaitu,membuang sampah pada tempatnya,menanam pohon yang layak tanam sebagai penghijauan,menghemat energi (air bersih) serta menggunakan kembali barang yang bisa dipakai (Reuse)

Pengelolaan lingkungan adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan,dan pelestarian lingkungan hidup merupakan rangkaian upaya untuk memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup,guna terjaganya lingkungan yang berkualitas.Suatu lingkungan hidup yang berkualitas tidak harus dapat memberikan pilihan tentang kebutuhan dasar yang diinginkan oleh penduduk.

Suatu cara untuk melestarikan lingkungan adalah dengan menerapkan kesadaran terhadap arti pentingnya lingkunga terlebih dahulu,serta mampu melaksanakan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Sangat disayangkan informasi tentang pelestarian lingkungan hidup yang sekarang gencar-gencarnya mempromosikan Go Green! Tapi kesadaran masyarakat tentang arti lingkungan hidup masih kurang,apa kata dunia? Untuk mengantisipasi hal seperti itu ada 4 cara sederhana untuk mendukung pelestarian lingkungan yaitu:

1.membuang sampah pada tempatnya
Kita sering mendengar kata "bisa karena biasa" dan tentu bagi setiap orang butuh cara agar bisa melaksanakannya disetiap aktivitas.Salah satu penyebab yang merusak lingkungan diantaranya sampah.Baik sampah organik,maupun sampah anorganikbegitu pula dampak sampah sangat membahayakan baik pencemaran maupun kesehatan.Maka dari itu perlunya menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

2.menanam pohon yang layak tanam (penghijauan)
Salah satu cara yang praktis dan bermanfaat bagi pelestarian lingkungan adalah menanam pohon,selain menghasilkan udara yabg segar juga mengurangi polusi udara.Tanamlah pohon yang layak tanam disekitar lingkungan rumah atau pinggiran jalan raya,bisa jenis pohon kayu atau pohon buah-buahan seperti pohon mangga,rambutan,dan jambu.Coba bayangkan satu rumah menanam satu pohon,apalagi se-Indonesia pasti lingkungan bersih,sehat,segar,dan hijau tentunya.

3.menghemat energi (air bersih)
Air merupakan sumber alam yang sangat dibutuhkan untuk bertahan hidup.Tapi sayang,aliran air bersih tidak bisa dinikmati secara merata oleh seluruh penghuni bumi.Ada beberapa daerah yang sangat sulit sekali mendapatkan air bersih,tetapi didaerah lain air bersih terbuang begitu saja.Terus bagaimana cara kita untuk menghemat air? Cara yang paling utama tentu kita harus menghemat pemakaian air bersih sesuai dengan kebutuhan.Selain itu kita juga harus peduli terhadap kualitas kebersihan air,supaya tidak tercemari oleh limbah.Lingkungan yang bersih kita juga kan yang merasakan?

4.menggunakan kembali barang yang bisa dipakai (Reuse)
Hidup hemat merupakan suatu cara untuk melestarikan lingkungan,diantaranya,menggunakan kembali barang yang bisa dipakai (Reuse) seperti bekas botol mineral (air dalam kemasan) dan mengganti barang yang lebih tahan lama dan yang lebih ramah lingkungan.

Manfaat pelestarian dan pengelolaan lingkungan yaitu,menghemat sumber daya alam,menghemat energi,menghemat TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) dan terciptanya lingkungan yang asri.Maka dari itu mari wujudkan lingkungan yang segar dan bebas polusi,serta tunjukan aksi kita untuk bumi.Mulai dari sekarang ayo selamatkan bumi yang telah terancam di tangan-tangan yang jahil.Hidup aman,nyaman,indah,segar,dan hijau itulah tujuan Indonesia.Mari beraksi untuk bumi,hijaukan lingkungan hidup serta beralih kepola hidup hemat,sehat,dan ramah lingkungan.



You Might Also Like

1 komentar

  1. Hidup sehat itu mudah, yang sulit itu gayanya. Karena banyak orang ingin hidup sehat tapi banyak gaya, harus ke gym lah, harus langganan itulah, inilah, makan buah2an mahal lah, sebenarnya mudah hanya dengan jaga pola makan dan olahrga seperti joging saja sudah cukup.

    ReplyDelete