Ujian tuntas nilai puas!!!

  • Tuesday, February 08, 2011
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Hai sobat sebentar lagi kita akan menghadapi Ujian Nasional (UN) nah persiapan sobat sudah sampai dimana nih? Untuk lebih jelasnya yuk kita berbagi seputar menghadapi Ujian Nasional? Mungkin diantara kita ada yang nervous saat menghadapi Ujian atau bisa dibilang tinggal menghitung hari (beberapa saat menghadapi ujian) Nah sekarang kita siap-siap saja deh dengan mengumpulkan energi yang prima buat menentukan langkah kita selanjutnya.Trus apa saja senjata kita yang harus disiapkan? Tentu persiapan yang kuat dan disiplin waktu.Nah disini yuk kita beberkan tips seputar menghadapi Ujian Nasional,apa saja tuh???
1.Siapkan materi buat latihan
Jauh-jauh hari,sebelum Ujian Nasional mendekati,coba latihan mengerjakan soal-soal ujian bekas tahun sebelumnya.Disana kita bisa melihat dan tahu bagaimana soal yang akan diujiankan nanti,biasanya ada SKL-nya.Nah,disana kita bisa berkreasi mengisi soal sebagai latihan.
2.Jaga kesehatan & atur waktu
Namanya aza manusia,pasti tak akan lepas dari yang namanya lupa.Nah,sebelum hujan menghadang,mendingan sedia payung sebelum bocor,yaitu menjaga kesehatan dengan cara makan secara teratur dan istirahatpun teratur,dan yang paling utamanya mampu mengatur waktu."Karena waktulah yang akan menentukan langkah selanjutnya,dan waktulah harta yang paling berharga yang tak akan datang kedua kalinya" jadi sudah pasti hemat waktu isi dengan peluang yang ada,dengan mengerjakan sesuatu yang bermanfaat untuk menghadapi Ujian Nasional.
3.Tenangkan pikiran
Mulai dari sekarang buang jauh-jauh pikiran yang selalu membuat kita terjadi kekesalan,dan buang jauh-jauh pula sifat yang kurang menguntungkan,(seperti ada pertentangan/masalah dengan teman dsb) karena hal itulah yang akan menghambat langkah kita untuk fokus! dan MULAI SEKARANG ISI OTAK KITA DENGAN FRESS tanpa ada hal yang menjenuhkan.
4.Posisikan diri kita sebagai peneliti
Sob,bukan berarti jadi detektif ya? Tapi jadi peneliti disini dalam artian mampu meneliti keadaan sekitar seperti meneliti dan mencari sumber hafalan untuk sarana belajar,dan lakukan pula kerja kelompok belajar maksimal 3 orang supaya tidak membahas pada hal yang kurang menguntungkan (baca: gosip,ngerumpi,dsb) dari sini kita akan menambah wawasan pembelajaran.
5.Cari jalan menuju sukses
Hai,bukan berarti jalan pintas yang terakhirnya (baca:contekan) tapi disini kita dituntut untuk kreatif dalam memilih soal untuk mengerjakan soal Ujian,pilih soal yang gampang dulu dan harus teliti dalam membaca soal.Jangan tergesa-gesa lakukan saja dengan santai."ketenangan lebih berharga dari pada segalanya"
Nah,sob.Dari kelima itu bisa kita simpulkan.Bahwa kita untuk menuju kesuksesan itu sangat gampang,tapi dubutuhkan kerja keras yang prima,dan kita tinggal menunggu keputusan akhir,dan tak lupa terus berdoa dan kerja keras sob....!!! "kesuksesan ada ditanganmu dan kegagalan pun ada ditaganmu pula, tinggal mampu tuk menentukan perjalanan" Good Luck,guys!!!!

You Might Also Like

0 komentar