Berkebun Yuk?

  • Saturday, July 30, 2011
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Hai sobat,Hari gini masih ada halaman rumah yang kotor,boros energi? Gak zamannya lagi deh.Tapi biar tetap keren dan indah dipandang serta hemat energi dan ramah lingkungan,yuk kita bareng-bareng menjaga dan melestarikannya? Gak usah gede-gedean dan ngeluarin uang banyak,cukup dimulai dari hal yang ringan saja tapi banyak manfaat.itu lebih dari cukup untuk ikut menyejukan bumi.So,awali dari sekarang dan langsung beraksi!Sobat,dirumah ada halaman yang cukup dan masih ada tanah yang baik? Sayang kan kalau dibiarkan begitu saja apalagi dijadikan tempat untuk menyimpan barang yang gak enak dipandang dan tempat berkembangbiaknya hewan busuk.Mending kita berkebun yuk? Jangan berpikir berkebun itu harus punya lahan yang luas,modal besar,dsb.Hmmm,itu sih kelamaan,gunakan saja fasilitas yang ada,walaupun lahannya kecil asal kita mau menanami dan merawatnya,itu bisa jadi kebum mini yang indah.Gunakanlah halaman rumah sebagai tempat untuk bercocok tanam,selain menguntungkan juga sangat bermanfaat untuk resapa air hujan,air meresap dengan baik,tanaman pun tumbuh subur.Yuk mari ikuti langkah kecil berikut ini:
*Bersihkan lahan/halaman rumah dari sampah,baik sampah organik maupun nonorganik (buang sampah pada tempatnya)
*Untuk menggemburkan,cangkul tanah hingga merata,lalu siram dengan air secukupnya.
*Kalau ada pupuk kandang atau sisa sayuran yang telah busuk,campurkan dengan tanah yang telah dicangkul,lalu diaduk hingga semuanya tercampur,kemudian ratakan kembali dan siram dengan air secukupnya.
*Tanamlah dengan jenis tanaman yang kita suka,bisa dari pelengkap sayuran (Kunyit,bawang daun,cabe,jahe,cikur,dsb) atau bisa jenis pohon buah-buahan (Mangga,jambu,rambutan,lengkeng,dsb) pasti halaman rumah kita terlihat hijau dan sangat bermanfaat.Mau masak tapi kekurangan bahan pelengkap? Tenang,kan ada kebun mini.he..he..
Tuh,gampang kan? Nah,yuk kita mulai sekarang untuk berkebun,biar berkebunnya terasa seru,lakukan bareng-bareng dengan keluarga,hari mingggu (Hari libur lainnya) sangat tepat untuk dijadikan momen untuk untuk berkebun.Ya,dari pada main keluar menguras uang mendingan bermain sambil melestarikan lingkungan.Keren tuh,Go Green!

(Foto: Pribadi)

You Might Also Like

0 komentar