PLN,Dulu,Kini,& Esok... :)

  • Tuesday, October 16, 2012
  • By Ipan Setiawan
  • 3 Comments


            “Bersinarlah Indonesia,pancarkan sinarmu sampai ujung sana.Berjayalah dengan segenap kekuatan yang terus  berjuang mewujudkan Indonesia terang-benderang.PLN Jaya Indonesia Sejahtera”
            Sahabatku semua,baik yang di Desa atau di Kota,coba bayangkan dan rasakan,apa yang sedang kita rasakan sekarang? Tentu,kebahagiaan yang selalu melengkapi kita dan keluarga.Kita berkumpul bersama menyaksikan tayangan Televisi bersama keluarga,kita bisa belajar dengan nyaman dan terang.Apalagi yang kurang? Semuanya telah lengkap dalam kebahagiaan kita dan keluarga juga masyarakat lainnya.Itu semua berkat jasa tangan-tangan kokoh yang selalu memperjuangkan kenyamanan dan kebahagiaan keluarga kita semua.
            Dulu,jangankan bisa berkumpul bersama sambil menyaksikan tayangan televisi,mau belajar dengan nyaman juga tak bisa.Itu karena dulu listrik hanya sampai di kota-kota besar saja,di Desa hanyalah cempor,dammar,dan lilin yang menyala.Saya mengalaminya,disaat belajar pada malam hari untuk mendapatkan cahaya hanya bisa diperoleh dari cempor yang nyalanya melempem,tapi masih untung bisa belajar.Setelah belajarnya selesai,apa yang terjadi? Paginya hidung hitam akibat dari asap dan abu cempor.Tapi sekarang saya bersyukur sekali,listrik sudah bisa dinikmati di desa-desa terpencil.Saya ucapkan terima kasih kepada PLN yang telah berjuang bersatu menerangi Indonesia.Kini Indonesia dari Sabang sampai Merauke mampu bersinar.PLN Jaya masyarakat Indonesia Sejahtera.Berkat perjuangan PLN kini Indonesia mampu berubah dan berkembang sesuai perkembangan Ilmu & Tekhnologi.PLN Semangat! Go Go Go Semangat..!!!
            Sekarang tinggal kewajiban kita sebagai masyarakat yang harus menghargai jasa-jasa PLN,dengan menghemat dan menggunakan listrik seperlunya.Ayo mulai dari diri sendiri,mulai dari yang mudah dan mulai dari sekarang!
Hemat menggunakan listrik,gampang…
*Manfaatkan angin Cuma-Cuma (Angin secara Alami)
*Untuk pencahayaan ruangan gunakan dan buka saja jendela
*Matikan aliran listrik yang tidak digunakan
*Kali-kali untuk mencuci pakaian nggak usah menggunakan mesin cuci,cobalah menggunakan tangan sambil olah raga juga menghemat.
Gampang kan? Ayo mulai sekarang,dan biasakan untuk seterusnya…
            Harapan saya untuk PLN,semoga PLN berkenan memberikan penyuluhan dan bimbingan kepada masyarakat,dalam menjaga keamanan menggunakan listrik,karena belakangan ini sering terjadi kebakaran akibat konsleting listrik.Dan itu karena kurangnya pemahaman masyarakat dalam keamanan listrik.Semoga setelah adanya penyuluhan dan bimbingan dari PLN masyarakat lebih waspada dalam menggunakan listrik dan keamanannya.

            Dan untuk kedepannya,saya berharap PLN segera membuat terobosan baru pembangkit listrik alternatif yang lebih efisien dan ramah lingkungan.Selain menggunakan batu bara,gas bumi,BBM,Panas bumi,dan Minyak Bumi.Juga memanfaatkan sumber energi yang ramah lingkungam dan berkelanjutan,seperti pembangkit listrik tenaga angin,tenaga laut,dan tenaga surya.

            Hanya itulah yang kesan dan pesan yang bisa saya tulis dan saya sampaikan di Blog sederhana ini,semoga bermanfaat untuk sobat semua.Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada PLN atas perjuangan & pelayanannya,kepada BLOG Detik yang selalu memberikan wadah untuk menampung inspirasi dan informasi.Semoga dengan adanya fasilitas sepeti ini bisa mewujudkan bangsa yang komunikatif dan inspiratif.Go..Go..Go..Semangat!!!

Sumbet Foto: Google Image, Redesign By: Ipan Setiawan

You Might Also Like

3 komentar

  1. iya, energi alternatif itu penting banget loh, adakan penelitian dan uji coba

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget nih mencakup dulu, kini, dan esok..hehe.. :)
    Aku juga ikutan kontesnya lhoo....
    Ditunggu kunjungan dan komentar baliknya yaa... :)
    Silakan di http://www.nuzulromadona.com

    ReplyDelete
  3. Hello kakak-kakak ku,terima kasih ya kak sudah mampir ke blog saya :) salam sukses luar biasa! Go GO Go Semangat!!! :)

    ReplyDelete