Hati-hati Untuk Kamu yang Suka Tidur Siang

  • Saturday, October 19, 2013
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Tidurnya Mantap Bro, tapi jangan sampai kalap bisa beresiko lho..
Hello....Haiii... Asiiikkk, yups Syukur Alhamdulillah akhirnya kita bisa berjumpa kembali dalam postingan barunya. #Hehehe tapi kali ini saya hanya berbagi info sedikit untuk kamu-kamu sob yang suka pada tidur siang nih. Ternyata ada penelitian baru yang membuktikan bahwa tidur siang itu ada efeknya juga. Setelah saya berselancar disana-sini eh tak sengaja menemukan artikel yang memuat "Tidur Siang 30 Menit Bisa Picu Diabetes?" Wah.... otomatis tuh saya langsung membelalakan mata, iya soalnya sebagian remaja suka tidur siang entah itu sehabis pulang sekolah, ngampus atau udah ngerjain tugas. Akhirnya langsung mendarat diatas bantal empuk :D #Hahaha Untuk info saja, semoga artkel ini bermanfaat, yuk dibaca dengan teliti... ;)

Tidur siang kerap dianggap sebagai kebiasaan baik di sela kesibukan sehari-hari. Jenis istirahat ini dianggap mampu memaksimalkan kembali kerja otak. Beberapa tokoh terkenal seperti Margaret Thatcher, Albert Einstein dan Winston Churchill terkenal dengan kebiasaan tidur siangnya.

Tidur siang juga dianggap mampu mengurangi sepertiga risiko serangan jantung dan stroke. Namun berdasarkan kajian terbaru para ahli, tidak selamanya tidur siang baik untuk kesehatan.
Tidur siang lebih dari 30 menit ternyata dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 khususnya pada mereka yang berusia 40 ke atas. Ini merupakan hasil riset terbaru peneliti dari Huazhong University of Science and Technology, China. Riset yang diterbitkan jurnal Sleep Medicine ini melibatkan 27 ribu relawan pria dan wanita usia di atas 45 tahun.

Sekitar 70 persen responden penelitian ini mengaku terbiasa tidur siang. Di China, sebagian besar warganya memang memiliki kebiasaan tidur siang setelah santap siang.
Dalam riset ini, peneliti mengecek kesehatan responden dengan uji yang disebut impaired fasting plasma glucose. Uji ini mengukur apakah kadar gula dalam darah terlalu tinggi, yang merupakan gejala awal diabetes tipe 2.

Hasilnya, kadar glukosa ternyata lebih tinggi pada responden yang terbiasa tidur siang lebih dari 30 menit. Selain berisiko lebih besar terkena diabetes tipe 2, sekitar 40 persen responden yang terbiasa tidur siang juga terkena tekanan darah tinggi. Risiko lainnya adalah 24 persen responden terbukti menderita kolesterol tinggi.

Padahal, risiko serupa hanya terjadi pada 33 persen dan 19 persen responden yang tidak terbiasa tidur siang.

Pada 2009 hasil riset serupa menemukan peningkatan risiko 26 persen menderita diabetes pada orang yang terbiasa tidur siang di China. Menurut peneliti, risiko tersebut bergantung pada durasi tidur siang. Makin lama periode tidur siang, risiko yang mengancam akan semakin besar.


Foto: Google Image
Referensi: Jaga Kesehatan Tiap Hari 

You Might Also Like

0 komentar