Intel Digital Literacy Training, Universitas Indonesia-Jakarta

  • Wednesday, March 04, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Intel Digital Literacy
"Setiap perjalanan adalah kesempatan, dan disetiap kesempatan itu selalu tersimpan sebuah keajaiban yang bisa kita temukan, tanpa kita tau dan kita rencanakan sebelumnya. Keajaiban itu adalah bertemu dengan pengalaman baru"  _Ipan Setiawan

Sekedar ingin berbagi pengalaman dan ilmu yang sudah saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan Intel Digital Literacy yang diselenggarakan selama 3 hari di gedung Universitas Indonesia-Jakarta, pada tanggal 10-12 Desember 2013. Saat itu saya mewakili Komunitas Sahabat Pulau dari Garut. Alhamdulillah tak terasa sudah hampir satu tahun lebih, setelah megikuti acara akbar dan luar biasa itu, manfaatnya sangat besar saya rasakan saat ini, hingga menjadi seorang blogger walaupun masih newbie tapi saya sudah menerapkan ilmu dari pelatihan bersama Intel Inside. :)

Dalam pelatihan itu diisi oleh Kak @DevaRachman dan Kak @Winastwangora yang melatih dari awal hingga akhir mengenai pengenalan TIK dasar, memperkenalkan komputer dan sistem operasi, memperkenalkan internet dan email, memperkenalkan pengolah kata, memperkenalkan spreadsheets dan mengenalkan mutimedia. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai komunitas baik di Jakarta maupun diluar Jakarta. Tujuan utama yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah setiap peserta harus mampu menerapkan dan menggunakan apa yang sudah dipelajari dari pelatihan ini, dikegiatan sehari-hari baik dalam pekerjaan kantor, pendidik dan kegiatan kerelawanan.

Alhamdulillah dari kegiatan pelatihan selama tiga hari itu mampu mengubah keadaan saya dan bisa mewujudkan diantara jutaan mimpi yang saya rajut dengan indah, yaitu menjadi seorang penulis, kini semua tulisan saya sudah bisa dipublikasikan melalui internet dengan media blog. Dunia blog sudah Saya kenal sejak SMA namun hanya sebatas mengenal saja tidak menggunakannya, karena kurangnya pengetahuan akan informasi dan tekhnologi yang sudah berkembang. Maklumlah karena jarak dan waktu yang membatasinya, tapi siapa sangka semua keinginan dan mimpi itu bisa terjawab dalam waktu yang sangat singkat, kuncinya ada kemauan dan terus mempelajarinya.

Dalam pelatihan Intel Digital Literacy ini bekali dengan CD panduan yang lengkap, dari sanalah saya mempelajari lebih dalam  dan mengembangkan pengetahuan yang sudah dipelajari selama tiga hari bersama Intel Inside. Mempelajari CD panduannya kurang lebih satu bulan, setelah itu saya menerapkan dan mengajarkannya kembali kepada teman-teman komunitas yang ada di Garut dan peserta didik dari beberapa sekolah yang ada.

Berawal dari ikut pelatihan bersama Intel Inside, kini saya bisa bergabung dan bekerja sama dengan KomTIK Garut, dalam mengembangkan sistem informasi dan komunikasi masyarakat. Melalui media yang mudah dijangkau serta digunakan dengan cepat dan hemat dengan sentuhan internet. 

Saya ucapkan terima kasih kepada Intel Inside Indonesia yang telah menyelenggarakan acara pelatihan yang sangat bermanfaat, salam sukses dan salam bahagia. Adapun kegiatan yang sudah diselenggarakan dari hasil pelatihan tersebut adalah sebagai berikut:
Sosialisasi & Pelatihan Blog kesetiap sekolah
Sosialisasi dan bimbingan pembuatan dan pembelajaran tentang blog kesetiap sekolah yang ada di Garut, saat ini sudah ada tiga sekolah yang dibimbing. MAN 1 GARUT, SMKN 2 GARUT & SMKN 10 GARUT.
Sosialisasi Internet Sehat & Aman
Sosialisasi internet sehat dan aman yang diikuti oleh beberapa sekolah yang ada di Garut Selatan, diselenggarakan dikantor Lapan.
GEG Garut
Pengenalan dan pelatihan Google Educator Group yang diselenggarakan di MAN Pameungpeuk Garut Selatan. Mungkin itulah bagian dari kegiatan yang sudah saya jalankan bersama KomTIK Garut.

Saya ucapkan terima kasih kepada Intel Inside Indonesia atas pelatihan yang diselenggarakan satu tahun yang lalu. Salam sukses dan salam bahagia untuk Intel Inside Indonesia.

Salam Hormat
_Ipan Setiawan
Twitter: @Onlinergarut

You Might Also Like

2 komentar

  1. Belajar dari hal yang cukup sederhana, tapi dengan rasa bersyukur. Kebermanfaatanya menjadi luar biasa. Semangat Ipan.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, Barokalloh aa, terima kasih atas doa dan dukungannya :)

    Salam Semangat!

    ReplyDelete