Sekecil Apapun Perubahanmu Itu adalah Prestasi

  • Sunday, April 26, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 1 Comments

Dok.Foto: Pribadi
Tingginya rasa kurang percaya bisa mempengaruhi perkembangan seseorang, entah itu didalam keluarga ataupun dilingkungan sosial dalam berinteraksi. Terjadinya hal seperti ini diakibatkan oleh rasa minder, malu dan takut karena berbeda. Hal seperti itu pasti dialami oleh setiap orang, tak sedikit orang yang memilih untuk menyendiri melakukan kegiatan tanpa ikut berbaur dilingkungan, ya itu tadi karena malu untuk berinteraksi, biasanya hal seperti ini sering kali dialami oleh anak yang rumahan banget yang sering diawasi oleh orang tuanya supaya tidak terlalu banyak kontak dengan lingkungan.

Wajar saja setiap orang tua memiliki rasa takut pada anaknya, takut terbawa arus negatif teman-teman yang ada disekitarnya, tapi harap diketahui pula oleh semua orang tua, rasa takut itu tak boleh berlebihan yang nantinya akan membuat hambatan pada interaksi anaknya. Orang tua cukup mengawasi dan membimbing anaknya dengan memberikan pengetahuan pada setiap kegiatan yang diikuti oleh anak. 

Biarkan dan berikan setiap anak untuk mencari kesempatan yang baru dan nantinya anak pun dengan sendirinya akan melihat dan mengetahui keadaan sekitar, dari sana akan ada kesimpulan dari anak, mana yang harus diikuti dan mana yang harus ditinggalkan. Fokuskan anak pada minat dan bakatnya jangan terlalu mematok anak pada keinginan orang tua, karena keinginan anak dan orang tua sudah jelas beda. Anak pasti menginginkan sesuatu yang menarik dan lebih menantang yang pada akhirnya pemikiran dan konsentrasinya akan terfokus pada apa yang sudah dipilihnya.

Setiap pertumbuhan dan perkembangan anak pasti ada perubahan dari segi apapun, entah itu pemikirannya, perilakunya bahkan dalam segi pendidikan dan pergaulan yang sering ia temui, Dari perubahan itulah yang akan membawa sebuah ide atau gagasan terbaru pada anak. Sekecil apapun perubahannya itu adalah sebuah prestasi karena ia sudah mampu menyelami setiap tahapan dalam hidupnya.

Kenapa saya menulis artikel seperti ini, hanya untuk memberikan motivasi kepada setiap anak khususnya remaja, jangan takut apalagi harus minder karena kekurangan yang dimiliki. Setiap orang itu unik, dari perbedaan itulah yang akan membuat warna baru agar hidup menjadi lebih indah. dan harap diingat setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, karena adanya kekurangan dari dalam diri kita ikutlah berinteraksi dengan yang lainnya karena dari sana yang akan melengkapi kekurangan kita. Begitu pun kelebihan yang kita miliki jangan dijadikan sebuah kesombongan tapi berikan yang terbaik untuk membantu mereka yang membutuhkan ilmu dan dukungan dari kita.

Untuk orang tua, berikan dukungan yang terbaik untuk anaknya, apapun hobi dan keinginannya berikan ruang gerak dan kesempatan selama kegiatan itu positif dan bermanfaat untuk anak. Perubahan dan prestasi anak diawali oleh kesenangan dan keinginannya dalam menentukan sikap terhadap pilihannya. Mari bersama berikan motivasi, jangan ada ketakutan dan keraguan untuk hal positif. Kita diciptakan untuk berubah dan memberikan perubahan yang terbaik dan inilah saatnya untuk kita memulai dan bergerak. :)

Salam Bahagia & Salam Sukses
_Ipan setiawan
Twitter: @OnlinerGarut


You Might Also Like

1 komentar