Berbagi & Berkarya Untuk Indonesia

  • Monday, May 25, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Dok.Foto: Pribadi
Tumbuh kembangnya suatu bangsa tergantung pada dasar pendidikan dan lingkungannya, terutama pendidikan karakter setiap generasi yang akan menjadi pondasi terkuat untuk bangsa ini, yaitu pemuda yang berprestasi dan mandiri. Tapi tak sedikit diantara keluarga kita diluaran sana yang tak memiliki kesempatan yang sama dalam pendidikan formal baik umum ataupun madrasah dan pendidikan lainnya.
Dok.Foto: Pribadi
Berawal dari sana, kepedulian pemuda Garut dalam mewujudkan pendidikan untuk adik-adik yang kurang mampu dalam biaya, terbentuklah satu wadah/komunitas Rumah Baca Harapan (Rubah) Sahabat Pulau, dimana para Mahasiswa/Mahasiswi ataupun masyarakat umum yang memiliki kepedulian dan semangat untuk berbagi bisa bergabung, berkarya serta berbagi dengan adik-adik yang memiliki semangat untuk belajar.

Rumah Baca Harapan Sahabat Pulau kini sudah ada 26 titik diseluruh Indonesia, tiga rumah baca diantaranya ada di Kab.Garut, kota kecil yang memiliki segudang keindahan :) kegiatan yang dilakukan berfokus pada pendidikan anak, UKM masyarakat sekitar dan pembinaan Masyarakat Melek Tekhnologi. 

Dengan adanya wadah serta kegiatan yang dilakukan adik-adik dan masyarakat setempat bisa ikut belajar dan berkarya bersama. Sarana untuk menunjang kegiatan belajar dan berkarya, kami bekerja sama dengan setiap lembaga dan komunitas lainya untuk menggalang bantuan buku bacaan. Untuk kedepannya, kami berencana untuk melakukan kerja sama disetiap desa untuk mendirikan rumah baca dan rumah kreatif  untuk menampung karya dan kreativitas setiap masyarakat terutama pemuda setempat.

Saat ini di Garut sendiri baru 3 desa yang sudah ada pembinaan dan bimbingan dari komunitas Rumah Baca Sahabat Pulau, Desa Cikandang-cikajang, Desa Tarogong-Ciateul Garut dan Desa Karya Mekar-Cilawu Garut. Untuk berikutnya diharapkan kegiatan positif dan kreatif ini bisa dinikmati oleh setiap desa khususnya di seluruh Kab.garut umumnya diseluruh Indonesia.

Dengan adanya kegiatan positif dan bisa menampung karya dari setiap pemuda, saya yakin Indonesia akan tumbuh kembang dengan tunas-tunas baru dari karya pemuda yang madiri dan peduli sesama. Maka dari itu, mari berkarya bersama dan rapatkan barisan untuk mewujudkan Indonesia cerdas, pemuda mandiri. Salam Sukses Luar biasa!

Indonesia Sukses!

Salam Bahagia
_Ipan Setiawan

You Might Also Like

0 komentar