#AQUA242 SOLUSI SEHAT MASA KINI

  • Monday, July 13, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Dok.Foto: Sehat AQUA
Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti oleh umat muslim, beragam aktivitas yang dilakukan pasti ada hikmah dan makna yang luar biasa, setiap langkah yang ditempuh akan menjadi nilai dan pahala.

Begitu pun rutinitas yang selalu kita temui selama bulan ramadhan, menjadi warna baru yang akan mengisi lembaran penuh hikmah. Tentu, untuk melakukan semua rutinitas dengan baik dibutuhkan asupan dan nutrisi yang baik pula, supaya kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga.

Asupan Gizi yang tepat adalah solusi cerdas untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan jangan lupa selalu menjaga pola hidup sehat dengan memperhatikan setiap asupan yang akan disantap, mulai dari makanan dan minuman harus diperhatikan dengan baik, supaya tidak berdampak buruk pada kesehatan kita.

Berpuasa jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, tapi gunakan waktunya dengan lebih maksimal agar tumbuh karya baru dengan inovasi yang diciptakan. Supaya tubuh tetap segar bugar selama berpuasa, perhatikan juga asupan minum yang baik, yaitu dengan membiasakan pola hidup sehat ala AQUA 2+4+2, (2 gelas saat berbuka) + (4 gelas saat malam) + (2 gelas saat sahur)
Dok.Foto: Sehat AQUA 
Selama puasa dibulan Ramadhan kesempatan minum air dibatasi hanya pada malam hari saja, bila kurang waspada bisa terjadi dehidrasi ringan atau sedang pada bulan puasa. Bila dipahami dan dilaksanakan dengan baik seharusnya puasa Ramadhan dapat meningkatkan kesehatan tubuh, tetapi bila kita tidak mengetahui jumlah dan cara minum yang benar bisa jadi puasa Ramadhan menimbulkan gangguan kesehatan.

Jumlah air minum yang dibutuhkan untuk hidup sehat dan aktif setiap hari tergantung ukuran tubuh, tahap pertumbuhan (usia), jenis kegiatan dan suhu lingkungan. Asupan air yang dibutuhkan sekitar 7-8 gelas perharinya, disaat puasa ini kita bisa mengaturnya dengan cara 2+4+2 (2 gelas saat berbuka) + (4 gelas saat malam) + ( 2 gelas saat sahur)

*Saat berbuka: Awali berbuka dengan 1 gelas air putih, setelah menyantap hidangan berbuka , kembali minum air putih 1 gelas.

**Saat malam: minumlah 4 gelas saat malam hingga menjelang tidur. Pembagiannya bisa dilakukan dengan minum 1 gelas air putih sebelum makan malam, 2 gelas sehabis makan, dan 1 gelas lagi menjelang tidur.

***Saat sahur: jangan lupa untuk menyertakan kembali 2 gelas air putih disaat sahur.

Setiap orang yang berpuasa ada kalanya mengalami rasa haus terutama menjelang berbuka, tetapi sebaiknya diwaspadai jangan sampai rasa haus ini berlangsung setiap hari. Oleh karena itu guna menghindari rasa haus yang berkelanjutan bahkan mencegah bibir kering, serta tetap sehat berstamina di bulan Ramadhan, maka minumlah air yang aman dan cukup jumlahnya pada waktu yang diperkenankan, serta memperbanyak mengkonsumsi buah saat berbuka, dan makan sayur berkuah saat makan malam atau sahur.

Selalu biasakan untuk mengatur dan menjaga pola hidup bersih dan sehat, jangan sakiti diri kita hanya dengan lalai memperhatikan kesehatan dan salah mengkonsumsi makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh tubuh. Mari awali hidup sehat kita dengan #AQUA242, rayakan hidup sehat bersama AQUA

Agar tubuh tetap segar dan sehat selalu atur juga istirahat yang baik dan cukup, jangan terlalu banyak begadang, biasakan untuk istirahat tepat waktu agar keesokan harinya tidak lesu dan capek. Tubuh yang kuat dan segar itu terpancar dari kebiasaan dan pola hidup yang dilakukan,maka dari itu biasakan untuk menjaga dan mengaturnya dengan sebaik mungkin.

Dan selalu perhatikan sajian menu buka puasa, jika perlu hindari makanan yang pedas dan minuman yang mengandung soda, serta minimalkan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein juga, seperti kopi karena minuman ini meningkatkan pengeluaran air kemih dan mengundang rasa haus. Selain itu juga menghindari bekerja dan berolah raga di terik matahari, dan meminimalkan olah raga yang menguras keringat. Kalaupun terpaksa bekerja diterik matahari dan melakukan olah raga berkeringat, tambahlah konsumsi air minum 2-3 gelas di malam hari saat diperkenankan minum.
Dok.Foto: Facebook AQUA

Selalu perhatikan waktu yang tepat untuk menikmati asupan makanan dan minuman yang sehat bergizi, jika saatnya berbuka puasa utamakan minum terlebih dahulu sesuai dengan takaran #AQUA242 mari awali hidup sehat dari diri sendiri dan mulai dari saat ini juga, agar hidup lebih  sehat maksimal.

Didalam tubuh yang kuat selalu tersimpan makanan dan minuman yang sehat, maka dari itu disamping kita mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, kita juga harus selalu memperhatikan minum yang baik untuk kesehatan tubuh kita.
Dok.Foto: Google/Sehat AQUA 

Sebagian masyarakat masih mengkonsumsi air dalam jumlah yang kurang dibandingkan dengan kebutuhannya. The Indonesian Hydration Study (THIRST) mengungkap bahwa 46,1% subyek yang diteliti mengalami kurang air atau hipovolemia (kondisi kekurangan cairan) ringan. Kejadian ini lebih tinggi pada remaja (49,5%) dibandingkan orang dewasa (42,5%) kalau melihat pada data yang ada sangat mengerikan kondisi kesehatan yang ada saat ini. Untuk meminimalisasi tubuh yang lemas karena dehidrasi kita perlu lebih memperhatikan asupan minum yang seimbang dengan aktivitas yang kita lakukan setiap harinya.

Seperti yang saya alami belakangan ini terasa lebih lelah, letih dan lesu, ujung-ujungnya tak ada semangat untuk melakukan aktivitas harian bahkan tak fokus dengan keadaan sekitar, yang lebih parahnya lagi sering lupa dan tak konsentrasi. Ternyata selidik demi selidik, yang membuat saya seperti itu dikarenakan kondisi tubuh tak seimbang, lebih bayak aktivitas dan kurang minum. Ya, jujur saja selama ini saya kurang memperhatikan asupan untuk tubuh, wajar saja kesehatan saya tak optimal.

Tapi Alhamdulillah, di bulan puasa ini setiap aktivitas lebih terjadwal dan tersusun rapi, terutama saya lebih rajin menuliskan menu yang akan saya makan dan minum setiap harinya, dengan begitu saya lebih mudah menentukan makanan apa yanga akan saya nikmati, lalu saya optimalkan dengan pola minum sehat ala #AQUA242 "Solusi pertama dan terbaik untuk menjaga kesehatan keluarga Indonesia. AQUA selalu menjadi primadona dalam melengkapi kebutuhan air minum keluarga. Tentu, tumbuh sehat bersama AQUA"
Dok.Foto: facebook AQUA/Sehat AQUA
Yang harus selalu kita perhatikan adalah minum 4 gelas pada malam hari setelah makan malam ataupun hanya sekedar ngemil, mengapa harus dibiasakan minum 4 gelas pada malam hari? Karena untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas pada siang hari. Minum 4 gelas pada malam hari sangat dianjurkan bahkan wajib baik bulan puasa atau malam-malam biasa. Dengan membiasakan minum 4 gelas pada malam hari, akan memberikan stamina dan kesegaran pada pagi harinya. Tentu aktivitas akan lebih maksimal dengan tubuh yang lebih segar dan tampil prima.
Dok.Foto: Sehat AQUA

Yang menjadi pertanyaannya saat ini adalah, sudahkan kita mengkonsumsi minuman yang sehat, segar dan aman? Mengapa saya bertanya seperti itu, yaa karena saya sangat prihatin dengan keadaan lingkungan saat ini, pencemaran lingkungan karena limbah atau sampah memberikan efek besar terhadap kebersihan air yang kita gunakan, baik untuk kebutuhan rumah tangga atau untuk asupan minum tubuh kita.

Jika kita tak selektif menggunakan air yang ada dirumah, bisa jadi air itu kotor, yaaa terlihat jernih saat dilihat namun terjamin kah kualitasnya? Bisa jadi air yang ada disumur atau air yang mengalir dirumah kita terkontaminasi oleh limbah atau campuran kimia yang meresap didalam tanah yang akhirnya terganggu kualitas air yang ada. INGAT! kualitas air pun sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Saat ini tak perlu khawatir dan cemas, karena AQUA telah mengemas dan memberikan solusi sehat untuk kita, dengan mempersembahkan air bersih langsung dari sumber mata air pegunungan yang telah terjamin kualitasnya oleh para ahli dengan meneliti kejernihan dan kandungan yang terdapat pada air tersebut.
Dok.Foto: Sehat AQUA 
Hidup sehat bersama AQUA, temukan kebaikan dan manfaat sehat dengan #AQUA242 inovasi dan solusi terbaik untuk keluarga Indonesia sebagai kebutuhan minum harian yang berkualitas. Fakta penting dan fungsi air bagi tubuh kita diantaranya, sebagai zat gizi, air mempunyai fungsi penting bagi tubuh kita, yaitu sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai pelarut, sebagai pelumas dan bantalan, sebagai media transfortasi, sebagai media eliminasi toksin dan produksi sisa metabolisme. Maka dari itu, untuk mewujudkan hidup sehat ayo perhatikan kebutuhan asupan minum harian kita dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih perharinya, ikuti pola hidup sehat ala #AQUA242 mari bersama menciptakan hidup sehat, Indonesia Sejahtera bersama segarnya AQUA.
____________________________________________________________________________

**Referensi/Study:

www.aqua.com
facebook: Sehat AQUA


You Might Also Like

0 komentar