Generasi Muda Serempak Menciptakan Inovasi Untuk Indonesia

  • Tuesday, August 18, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 4 Comments

Dok>Foto: Twitter: @Serempak_ID
jangipan.com-Jakarta, Sebagai generasi muda yang cerdas alangkah baiknya harus segera mempersiapkan karya baru yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dan bisa digunakan dengan lebih baik, dan tentunya ada sentuhan baru lewat tekhnologi yang semakin pesat berkembang dimasyarakat.

Inovasi tak hanya berlaku dalam sebuah produk saja, tapi inovasi berlaku untuk semua aspek diantaranya inovasi tekhnologi untuk perkembagan media informasi pembelajaran dan perkembangan perekonomian khususnya di Indonesia.

Semakin berkembang pesat media informasi saat ini, merupakan peluang dan kesempatan emas untuk generasi muda dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi, baik baru atauapun memberi aksen pada sesuatu yang ada sehingga memberikan nilai tambah.

Pada ksempatan kali ini, tepat pada tanggal 14 Agustus 2015 Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengadakan diskusi bersama dengan tema "Maker Movement & Marketing Of Innovation" dengan narasumber Adi Robot dari Komunitas Maker Move Indonesia dan Robert  AB dari Keifa and Co.
Dok.Foto: Pribadi
Pada sesi pertama diisi oleh Adi Robot yang membahas seputar "Maker Movement" perkembangan industri kreatif dan Entrepreneur di era global, serta menjelaskan tentang berdirinya komunitas robot di Indonesia. tentunya tujuan dari maker movement ini adalah mengubah pola konsumen menjadi produsen, sehingga mampu menciptakan inovasi pada karya baru terutama membangun usaha baru yang lebih kreatif. Kunci utama dalam usaha diperlukan jiwa leadership yang kuat untuk membangun pondasi awal.
Dok,Foto: Pribadi
Kerja sama yang baik akan membangun inovasi dan kreasi dalam setiap karya, tak hanya itu kita juga harus tahu dari setiap perjalanan usaha dari nol hingga mencapai puncak dengan hasil yang memuasakan. Karena perjalanan usaha akan menentukan titik keberhasilan suatu inovasi dalam setiap produk atau karya yang diciptakan.

Untuk bisa sukses di industri kreatif harus memiliki fundamental yang kuat agar tetap intens terhadap suatu project, dengan adanya perkembangan media informasi yang cepat semakin mudah menyebarkan info kreatif yang bisa bermanfaat untuk masyarakat luas, gerakan indonesia kreatif dibangun dari setiap individu yang mampu mengubah sesuatu dengan cara yang berbeda sehingga ada nilai dan inovasi yang dihasilkan, maker movement inilah yang menjadi barometer dan pengagas suksesnya indutri kreatif.

Dengan adanya wadah untuk berkarya dan berkreasi, komunitas robot memberikan akses untuk berkumpul dan berkarya menyatukan ide dan mencipatakan karya baru dengan sentuhan tekhnologi, untuk mengetahui perkembangan dan informasi mengenai komunitas robotic, bisa dicari dihalaman resminya www.intructables.com berbagai informasi pembelajaran dan meteri seputar industri kreatif bisa dicari disana.
Dok.Foto: Pribadi
Dan pada sesi kedua ini, Robert AB sebagai pakar ahli dibidang inovasi marketing, menjelaskan lebih lengkap mengenai bagaimana cara memasarkan produk dengan kemasan yang unik, fitur yang lengkap serta inovasi yang lebih bernilai.

Robert AB menjelaskan secara detail mengenai perkembangan dan pertumbuhan setiap produk yang telah berinovasi dan bermetamorfosis secara cepat dipasaran, ia memberi contoh produk gadget seperti nokia, apa yang terlintas dikepala ketika mendengar produk nokia? Tentu produk unggulan dizamannya dengan memiliki spesifikasi yang lengkap, ciri utama yang melekat pada produk tersebut adalah kuat/tahan banting juga dengan khas nada deringnya.

Lalu ia juga memberikan penjelasan mengenai perkembangan tekhnologi dan photography, seiring berkembang pesatnya tekhnologi semakin meluas juga berbagai inovasi yang dihasilkan diantaranya didunia photography, makin menjamurnya smartphone semakin cepat pula suatu potret dihasilkan dengan berbagai bentuk cara yang lebih bervariasi, alhasil merek kamera tertentu mulai redup dengan adanya persaingan market smartphone yang menjamur dipasaran saat ini dengan harga yang terjangkau.

Disamping itu, inovasi produk beserta marketingnya pun semakin luas dan cepat, untuk pertumbuhan suatu usaha dengan menghasilkan produk yang berkualitas, tentu membutuhkan komitmen dan strategi marketing yang baik. Disini Robert AB memberikan tips dan penjelasan yang maksimal untuk menumbuh kembangkan suatu usaha dengan inovasi marketing yang mendukung, yaitu menggunakan media tekhnologi informasi sebagai penunjang utamanya.
Dok.Foto: Pribadi
Inovasi dalam dunia marketing harus memiliki nilai dan sesuatu yang baru, baik dalam produk, kemasan dan pemasaran, karena hal ini akan mempengaruhi selera konsumen yang akan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Perusahaan adalah hal yang paling pertama dalam mengenalkan inovasi untuk semua pasar domestik atau internasional, hal ini tentu dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen yang akan menggunakan produk dan inovasi yang kita tawarkan.
Dok.Foto: Pribadi
Dianatara 3000 ide yang muncul atau lebih hanya ada satu ide yang bisa direalisasikan dengan maksimal, sebuah inovasi yang baik adalah yang mampu memberikan nilai dan sesuatu yang baru lewat sentuhan tekhnologi untuk menumbuh kembangkannya. Tujuan dan fokus pada bidang yang sedang direncanakan, mulai dilakukan atau sudah berkembang adalah pondasi dari marketing itu sendiri.
Dok.Foto: Pribadi
Untuk meningkatkan kualitas generasi muda beserta menumbuh kembangkan potensi dari setiap komunitas yang ada di Indonesia, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mengajak untuk menyuarakan ide serta inovasi yang dimiliki, setiap ide atau informasi yang dimiliki oleh setiap orang bisa berbagi melalui halaman website Serempak di www.serempak.or.id pada kesempatan ini Teh Ani Berta memberikan info dan menjelaskan halaman web Serempak serta mengajak para blogger dan komunitas untuk menyuarakan inspirasi dan aspirasi untuk membangun inovasi yang lebih cemerlang.
Dok.Foto: Pribadi
Fitur yang bisa diakses dihalaman wesitenya www.serempak.or.id begitu mudah diakses dan tentunya setiap informasi yang dikirimkan akan diseleksi, jika lolos dan memenuhi persyaratan redaksi webnya maka akan ditampilkan beserta foto penulis/pengirim informasi. Selain kita bisa berbagi informasi dan isnpirasi baru, kita juga bisa mendapatkan networking yang lebih luas. Yuk Gabung dan ciptakan inovasi baru oleh generasi muda dengan serempak menumbuh kembangkan sesuatu yang positif.
Dok.Foto: Pribadi

                                                                                      ***

Salam Bahagia
_Ipan Setiawan

You Might Also Like

4 komentar

  1. Terima kasih Ipan sudah hadir jauh2 dari Garut :)
    Semoga bermanfaat ya acara ini ....

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, sama-sama Teh @Ani Berta, Barokalloh acaranya sangat bermanfaat dan tentnya segudang ilmu bisa didapatkan dan dibagikan kembali untuk Garut dan Indonesia :)

    ReplyDelete
  3. Ayo generasi muda saatnya inovasi dan entrepreneur ^^

    ReplyDelete
  4. Kak @Titis... ayooo bergerak bersama serempak :) ;)

    ReplyDelete