Investasi Terbaik Untuk Masa Depan Bersama Sun Life Financial

  • Sunday, August 02, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Dok.Foto: Pribadi
Jakarta, 1 Agustus 2015. Merupakan hari yang bersejarah dan sangat berkesan tentunya, bisa dipertemukan dan dikumpulkan bersama blogger Nasional yang ikut meramaikan acara Jumpa Blogger Sunlife, yang diselenggarakan oleh Sunlife Financial Indonesia yang bertempat di Cafe XXI Plaza Indonesia. Acara ini sekaligus ajang silaturahmi halal bi halal dengan para blogger Indonesia, keseruan dan keceriaan terpancar dari kakak-kakak blogger yang datang.
Dok.Foto: Pribadi
Tentu pada acara ini menghadirkan nara sumber kondang, perencana keuangan nomor satu di Indonesia, Safir Senduk. Beliau adalah seorang perencana keuangan, menempuh pendidikannya di STIE IBMI Jakarta. Pada tahun 1998 Safir Senduk mendirikan biro perencanaan keuangan Safir Senduk & Rekan. Misi biro ini adalah memberikan edukasi tentang keuangan keluarga kepada masyarakat dan membantu mereka dalam membuat perencanaan keuangan.

#SekilasInfo, Safir Senduk telah menulis 10 judul buku dimana salah satu judul bukunya yang berjudul "Siapa bilang jadi karyawan nggak bisa kaya?" yang menjadi best seller dan telah dicetak ulang hingga 17 kali hanya waktu dua tahun. Safir Senduk juga telah berbicara di ratusan acara seminar dan pelatihan tentang keuangan, dan menjadi perencana keuangan pertama di Indonesia yang berbicara di Hongkong dan Amerika Serikat. Selain menjadi perencana keuangan, Safir Senduk juga menguasasi ilmu grafologi, yaitu ilmu menguasai karakter seseorang lewat tulisan tangannya.  
Dok.Foto: Sun Life Financial Indonesia Via Twitter

Acara Jumpa Blogger bersama Sun Life ini diselenggarakan selama satu hari yang berlangsung dari pukul 12.00-16.00 WIB, para blogger telah siap mengisi tempat duduk untuk menyimak pembahasan dari nara sumber Safir Senduk dengan tema "Mengelola Keuangan dengan Bijak" 

Sayang sekali saya tak mengikutinya dari awal, dikarenakan beberapa sebab, selain macet diperjalanan Garut-Jakarta, susahnya menunggu Busway juga kesasar didalam ruangan Plaza Indonesia, yang akhirnya sampai karena diantar sama pak satpam dari bawah. Huuuuu #deso banget ya? Tak mengapa, wajar saja, karena saya baru pertama kali memasuki ruangan semegah Plaza Indonesia, yang biasanya hanya saya lewati dan say hello didalam Busway. Tapiiii, saat ini saya bisa memasukinya. Yesss! Alhamdulillah, karena mengkuti acara spesial dari Sun Life Financial Indonesia.

Yaaa, walaupun saya datang terlambat dan hampir dipenghujung acara, saya bisa menyimak tentang pengelolaan keuangan dengan bijak yang disampaikan sama Kak Safir Senduk, dan tentunya saya jadi punya ilmu mengenai pengelolaan keuangan. setidaknya tidak terlalu boros dan pandai mengatur pemasukan dan pengeluaran uang. 
Dok.Foto: Pribadi
Karakter Pribadi Mempengaruhi Keuangan: karakter bisa mempengaruhi dan menentukan bagaimana mengelola keuangan, termasuk bagaimana mengelola penghasilan, mengatur pengeluaran, memilih aset dan memilih investasi. Karakter sangat ditentukan oleh apa yang ada dalam pikiran/kepala kita, yaitu otak. Dalam Otak, ada dua bagian besar, yaitu otak kiri dan otak kanan. Masing-masing dari mereka memiliki fungsi yang berbeda. Jadi otak kiri adalah tentang logika sedangkan otak kanan adalah tentang insting. Logika itu matematika, bahasa, membaca, menulis, urutan, sistem dan kepastian. Sedangkan insting adalah kreativitas, konseptual, gagasan, inovasi, gambar, warna, musik, irama dan melodi.

Hal penting pertama dalam mengelola keuangan adalah bagaimana kita bisa mengatur cashflow atau arus keluar masuk uang dari penghasilan yang kita dapatkan. Berikut ini adalah tiga macam cashflow:

1.Miliki investasi sebanyak mungkin: Banyak orang berpikir bahwa kunci untuk menjadi sejahtera adalah dengan memiliki gaji besar, makin besar gajinya maka makin sehajteralah dia,. Dalam perencanaan keuangan, hal ini akan merepotkan. Kenapa? Kalau seseorang terpaksa tidak bisa bekerja lagi otomastis penghasilannya akan berhenti juga disitu.

Jadi kuncinya, jangan mengandalkan kesejahteraan dari besarnya gaji, tapi andalkan dari aset, dalam hal ini aset produktif atau harta produktif. Jangan bekerja untuk uang atau gaji tapi bekerjalah untuk membuat aset. Hasilnya nanti adalah asetlah yang akan menghidupi kita dan keluarga.

2.Siapkan dana untuk masa depan: Masa depan bukanlah misteri kalau disiapkan lebih matang dari sekarang, salah satu cara mempersiapkannya adalah dengan mempersiapkan  dana untuk pos pengeluaran besar yang akan kita keluarkan di masa depan serta membuat kadar kepentingan dengan kemapanan finansial.

3.Atur Pengeluaran: yang harus kita lakukan adalah dengan mengatur pengeluaran, dalam hal ini bukan berarti harus mengeluarkan uang sesedikit mungkin, tapi berusaha agar pengeluaran tak melebihi yang seharusnya.
Dok.Foto: Pribadi
Untuk saat ini, blogger tak hanya sekedar hobi juga menjadi profesi yang sangat menyenangkan, dalam hal ini hobi menjadi profesi, hobinya tersalurkan dan profesinya juga dapat :) Tentu pada pembahasan jumpa blogger bersama Sun Life Financial dibahas juga mengenai bijak mengelola keuangan untuk profesi blogger, keren banget kan? Secara khususnya saya blogger yang masih newbie jadi lebih tahu dan paham bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik dan bijak.

Tentu secara disadari ataupun tidak keuangan itu bagaikan ombak dilautan selalu pasang surut, nah bagaimana cara mengatur keungan supaya tidak terlalu surut? Dalam pertemuan ini dibahas secara tuntas dan maksimal bersama Sun Life Financial.

#SekilasInfo: Sejak tahun 1995, PT.Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) telah menyediakan program yang lengkap untuk masyarakat Indonesia mulai dari produk-produk proteksi dan pengelolaan kekayaan termasuk asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, dan perencanaan hari tua. Sangat pas dengan pengelolaan keuangan saat ini, untuk memaksimalkan kebutuhan financial yang baik, Sun Life Financial Indonesia bisa menjadi solusi pertama untuk memaksimalkan keuangan.
Dok.Foto: Pribadi
Alhamdulillah, pada acara ini juga bisa dipertemukan dengan Bang Aswi Blogger Bandung yang kece, plus seperti biasa bertemu dengan Kang Tedy blogger beken yang selalu menginspirasi lewat bidikan kameranya... #Asiiik
Dok.Foto: 
Hayooo, siapa yang tak kenal dengan kak Sally Fauzi? Lagi...lagi...dan lagi, kakak yang satu ini menjadi Favorit penerima hadiah spesial. Alhamdulillah berkah ya kak, selamat dan salam bahagia... :)
Dok.Foto: Pribadi

Sip, mantap... saat ini saya mendapatkan bidikan yang pas, daaaan langsung potret Kak Maudy Ayunda yang saat ini lagi nge-HITZ :) Kak PutriKPM akhirnya bisa diabadikan lekat potretan ini. #Asiiik
Dok.Foto: Pribadi
Senyum bahagia Kak Agung Han begitu terpancar ketika mendapat hadiah spesial smartphone keren, salam bahagia buat kak Agung, berkah selalu ya kak :)
Dok.Foto: Pribadi
Nahhhh, bidikan yang satu ini paling pas tertuju kepada kang Arul, mantep deh pokoknya, posenya ini gak nahan antara wajah kalem dan ngantuk dipadukan menjadi satu. Jadinya lucu kan? :D
Dok.Foto: Pribadi
Kakak-kakak blogger inilah yang selalu menginspirasi lewat Twittnya, terbukti dengan memenangkan lomba #LiveTwiit andalannya, diantaranya kak PutriKPM yang selalu terdepan dalam mengabarkan di Twitter. Switt Swiw... #Asiiik salam ceria kakak... :)
Dok.Foto: Sun Life Financial Indonesia, via Twitter
Seperti biasa acara yang megah ini, ditutup dengan foto bersama dan diabadikan lewat bingkai potret yang indah. Terima kasih Sun Life Financial Indonesia atas kesempatan dan acara yang luar biasa ini, dan terima kasih untuk informasi dan tips mengelola keuangannya. Salam sukses selalu....

Salam Bahagia
_ Ipan Setiawan

______________________________________________________________________
Dok.Foto: Pribadi dan Sun Life Financial Indonesia via twitter
Ref.Teks: Bijak Mengelola keuangan untuk profesi blogger


You Might Also Like

2 komentar

  1. Ipan ternyata nyasar toh kemaren, muter2 yaa. Emang mallnya agak ribet sih yaa :)

    ReplyDelete
  2. We offer fresh cut bank instrument for lease, such as BG, SBLC,Lease and Purchase Instruments can be obtained at minimal expense

    to the borrower compared to other banking options. This offer is opened to both individuals and corporate bodies.

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS

    1. Instrument: Funds backed Bank Guarantee(BG) ICC-600
    2. Currency : USD/EURO
    3. Age of Issue: Fresh Cut
    4. Term: One year and One day
    5. Contract Amount: United State Dollars/Euros (Buyers Face Value)
    6. Price : Buy:32%+1, Lease: 4%+2
    7. Subsequent tranches: To be mutually agreed between both parties
    8. Issuing Bank: Top RATED world banks like HSBC, Barclays, ING Dutch Bank, Llyods e.t.c
    9. Delivery Term: Pre advise MT199 or MT799 first. Followed By SWIFT MT760
    10. Payment Term: MT799 & Settlement via MT103
    11. Hard Copy: By Bank Bonded Courier


    Interested Agents,Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We

    will be glad to share our working procedures with you upon request

    Name:Ardan Clooney
    Email:brandfinance33@gmail.com

    ReplyDelete