Gali Potensi & Ciptakan Peluang Baru

  • Thursday, September 10, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Potensi dan Peluang merupakan satu langkah menuju sukses (dok.pribadi)
jangipan.com, Potensi dan peluang merupakan satu kesatuan yang saling mengikuti dan melengkapi, dimana seseorang memiliki potensi yang berbeda dan memiliki peluang yang sama. Yaaa, sama-sama memiliki waktu dan kesempatan. Tapi itu semua tergantung pada ritme dan cara bagaimana ia menggali dan mengembangkan potensinya serta menggunakan setiap peluang yang ada.

Khususnya untuk kaum muda, potensinya sangat hebat begitu pula peluangnya sangat besar dalam hal apapun itu, terus bagaimana cara menggunakan setiap peluang yang ada didepan mata? Ya, kita harus bisa dan pandai-pandai mengatur waktu dan mengenali apa potensi kita, lalu kembangkan dengan karya dan aksi nyata.

Tak perlu menunggu dan berpikir terlalu lama, nanti kesempatannya keburu lenyap dan didahului orang lain, cepat tanggap terhadap informasi yang ada, karena untuk saat ini siapa yang cepat dia yang dapat, kalau terus-terusan terlambat kapan dapatnya? ;) maka dari itu gali potensi kita sejak muda, jangan terlena dan berleha-leha, apalagi waktu yang begitu singkat hanya dipakai untuk hura-hura jangan sampai kesana deh. Mudah-mudahan hanya dalam tayangan TV saja ya tak sampai pada kenyataannya :D 

Memang tak bisa dipungkiri bahwa masa remaja/masa muda adalah waktu yang sangat membahagiakan juga membahayakan jika tak dikelola denga baik, bisa dibilang masa remaja adalah masa segalanya, masa penentuan dan masa pencarian jati diri, seperti yang saya alami saat duduk dibangku SMP. Sekitar usia 15-17 Tahun merupakan masa-masanya melihat dan meneliti bahkan meniru setiap gaya yang tampil dan terlihat baik di TV, majalah atau koran, mulai dari busana sampai tetek bengek dicoba.

Masa-masa itu adalah masa dimana coba-coba, tapi Alhamdulillah saat remaja dulu saya selalu mencoba pada sesuatu yang postif dan bermanfaat, dengan menyibukan diri ikut bimbel dan ekstra kurikuler di sekolah, kegiatan-kegiatan itulah yang bisa memandu pada setiap tahap pertumbuhan usia yang akhirnya terbiasa melakukan hal-hal yang baik.

Begitu juga dengan sobat, tak perlu bingung mencari apa yang diinginkan, cukuplah menjadi apa yang kita impikan, dan untuk mewujudkannya jangan dipersulit dengan hal-hal yang tak berguna. Permudahlah dengan cara kita sendiri melalui pengembangan hobi dan potensi yang kita miliki. Bergerak lebih cepat dan ambil setiap peluang yang ada.

Maksimalkan waktu dengan bereksperimen pada bidang yang diminati, jangan habiskan waktu hanya untuk hal yang tak bermutu. Jika selama ini melakukan hal yang itu-itu saja, coba ubah sedikit dengan cara yang berbeda dan lebih menantang supaya hidup semakin berwarna. Keluar dari zona nyaman lebih baik dari pada terus mengikuti cara lama. Bangkitkan terus semangat lalu hancurkan berbagai kemalasan yang menghadang, jika ada segelintir orang yang mengambat perjalanan kita, jadikanlah itu sebagai pompa semangat kita. Selamat berkarya, sukses dan Jaya! ;)


Salam Bahagia
_Ipan Setiawan

You Might Also Like

0 komentar