Peran Penting Tekhnologi Untuk Perempuan & Perubahan

  • Wednesday, September 16, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Forum Group Discussion-Kementrian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (FGD-KPPPA) Dok.Photo: @Cidyrus
jangipan.com-TIK, Majunya kecanggihan Tekhnologi dapat merubah peran setiap orang menjadi lebih multi tasking, termasuk diantaranya peran perempuan dalam kegiatan sehari-harinya, selain menjadi seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) juga dapat memberikan sumbangsih lebih dalam pemanfaatan Tekhnologi dalam setiap aktivitas yang dilakukannya.

Perempuan itu adalah Madrasah bagi umat, peran pendidikan utama bagi anak dan keluarganya, perempuan harus pintar, harus bisa mengembangkan diri, majunya perempuan, majunya bangsa. Maka dari itu perempuan harus bisa mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan Tekhnologi masa kini. Dalam pertemuan Forum Group Discussion-Kementrian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (FGD-KPPPA) yang berlangsung pada tanggal 15 September 2015 yang bertempat di Grand Cemara Jakarta, dibahas tuntas mengenai Peran Perempuan & Tekhnologi.
FGD-KPPPA, para tamu undangan sedang menuliskan hambatan & solusi pean TIK di Masyarakat (dok.photo: @cidyrus)
Pada Forum Dikusi ini para tamu undangan yang terdiri dari Blogger, Kader dan Mahasiswa yang hadir, merumuskan permasalahan dan solusi peran Tekhnologi di Masyarakat, Tekhnologi yang semakin berkembang  pesat ternyata disisi lain masih banyak yang kurang paham dan tidak menggunakannya dengan maksimal, dikarenakan kurang memahami dan kurangnya sosialisasi peran penting Tekhnologi. Diharapkan setelah adanya diskusi ini bisa memberikan dampak besar bagi perubahan dan peran Tekhnologi di Masyarakat terutama bagi perempuan.

Selain kurangnya media dan sosialisasi terhadap peran Tekhnlogi, ternyata masih ada yang kurang percaya diri dalam menggunakan Tekhnologi, dikarenakan tidak ada pemahaman dan tujuan yang jelas untuk apa Tekhnologi itu digunakan. Dalam hal ini perlu adanya kerja sama dengan relawan untuk lebih mengembangkan dan mensosialisasikan peranan penting Tekhnologi kepada masyarakat dengan membimbingnya secara rutin.
Ibu Hana, Nara Sumber FGD KPPPA (dok.Pribadi)
Dalam Diskusi Peran TIK bagi Perempuan, Ibu Hana menyebutkan dalam penelitiannya terhadap masyarakat di 3 kota, Bandung, Jakarta dan Kendal. Dari ke-3 kota ini memiliki keunikan tersendiri dalam perkembangan TIK yang ada di masyarakat. Tekhnologi tak hanya digunakan sebatas chating dan wara-wiri di media sosial namun harus digunakan lebih maksimal termasuk dalam mendorong aktivitas perekonomian seperti media pemasaran dan sebagainya.

Perempuan harus segera mempersiapkan diri untuk segera merubah dan mengikuti perkembangan IT, dan tentunya meningkatkan partisipasi peran perempuan terhadap informasi dan tekhnologi. Dalam hal ini harus mampu menggunakan teknologi secara bijak, menggunakan TIK dengan cepat, tepat dan bermanfaat.
Catatab bersejarah (dok.pribadi)

Catatan hambatan dan solusi yang di diskusikan bersama dalam Forum Diskusi peran penting TIK bagi perempuan. Dalam diskusi ini menemukan hambatan dan solusi yang tepat, bahwa Tekhnologi akan berkembang jika setiap orang mampu menggunakan Tekhnologi tersebut dengan bijak dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan memiliki tujuan yang tepat dan jelas.

Juga Tekhnologi akan memberikan dampak positif jika setiap orang terutama bagi perempuan jika telah mengetahui lebih dalam dan memiliki rasa percaya diri untuk menggunakannya. Tekhnologi akan tumbuh jika digunakan dengan baik dan maksimal. Setiap perempuan bisa merubah dengan caranya sendiri melalui Tekhnologi yang digunakannya.


Salam Bahagia
_Ipan Setiawan

You Might Also Like

2 komentar

  1. Seneng ya, Ipan, kita bisa ikutan diskusi yang bermanfaat kayak kemarin itu ^_^

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah berkah banget bisa kumpul dan silaturahmi.. :)

    ReplyDelete