Cara Jitu Menjelajah Indonesia Dengan Karya

  • Monday, October 05, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Menikmati segarnya hawa gunung dan semilir angin serta aroma desa yang menggoda (dok.pribadi)
jangipan.com-Catatan Perjalanan, "Hiduplah dengan segar, bukan hanya sekedar hidup yang hanya diam. Tapi lihatlah dan bergerak, nikmati setiap perjalanan karena dalam perjalanan itu selalu ada jeda yang istimewa, tentu bisa kita temui  dan kita nikmati. Hiduplah untuk memberikan banyak manfaat maka kita akan merasakan keistimewaan dalam hidup"_Ipan Setiawan

Kita dilahirkan bukan untuk mengeluh dan menyesali apa yang telah terjadi, tapi kita diciptakan untuk mencoba dan mengisi setiap ruang yang kosong menjadi lebih berarti dan hangat dengan karya. Bukalah mata untuk mereka yang mengharapkan sentuhan dari kita. Mulailah dan sentuh mereka dengan karya yang bisa kita lakukan dan kita berikan untuk mereka agar menjadi lebih bermanfaat.

Menikmati perjalanan yang sangat menyenangkan adalah impian setiap orang, begitu pun dengan saya bermimpi bisa menikmati seluruh nusantara adalah impian terbesar saya. Namun setiap orang memiliki caranya tersendiri, kalau yang memiliki modal besar untuk berlibur ya bisa kapan saja sesuai keinginan hati, tapi bagaimana dengan saya? Ow tidak semudah membalikan telapak tangan hanya sekali jentik langsung jadi berlibur, harus ada proses dan perjuangan yang ekstra, namun dari sebuah proses itulah yang membuat perjalanan saya lebih istimewa.
Nuansa Sawah dan Gunung yang melengkapi setiap detik dianata hembusan nafas (dok.pribadi) 
Kata siapa berlibur itu mahal dan menguras isi kantong? PALSU itu, untuk menikmati liburan seru bisa dimulai dari desa sendiri, yaitu menikmati keindahan yang ada dilingkungan sekitar. Ya, saya terlahir dari Desa yang terpencil di Garut, Desa suci yang melahirkan saya bersama mimpi besar untuk menikmati seluruh keindahan Indonesia.

Namun siapa sangka, kini mimpi saya untuk berkunjung kebeberapa kota yang istimewa di Indonesia perlahan telah terwujudkan dengan semangat besar untuk mewujudkannya, dan tentu tidak terlepas dari sebuah proses dan perjuangan yang indah. Memang Ipan kecil ketika mengungkapkan ingin berlibur ke luar kota hanya dianggap sebagai khayalan saja oleh sebagian besar. Tapi dari setiap khayalan itulah yang akhirnya menjadi sebuah optimisme untuk mewujudkannya.
Berawal dari yang kecil dan menikmati dengan hati akhirnya bisa merasakan liburan yang berkesan (dok.pribadi)
Yaa, dari sinilah dan bersama merekalah saya memulai perjalanan hidup yang sangat berkesan, selepas lulus SMA saya langsung ikut serta dan bergabung ke beberapa komunitas yang ada di Garut, tak langsung melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau swasta, karena beberapa faktor.tentu faktor terakhirnya karena financial, memang bukan sebuah alasan namun jalan hidup tak selalu sama :) 

Saat itu juga saya memantapkan diri untuk menjadi relawan Desa mengembangkan pendidikan dan swadaya masyarakat, disamping itu saya selalu mengasah hobi dan kemampuan saya dalam menulis dan ngeblog yang akhirnya saling berkesinambungan. Dari sebuah komunitas saya banyak belajar dan mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke beberapa kota yang saya impikan.
Memantapkan diri menjadi seorang blogger dengan mengikuti Event Onliner Bandung
Bandung 2011, ya pertama kali perjalanan impian saya diawali ke Kota Bandung, kota yang penuh dengan kenangan dan cerita indah, di Bandung inilah saya mengikuti dan menggali ilmu tentang pengembangan dan penggunaan Tekhnologi dan media sosial, selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, di Bandung inilah saya juga bisa menikmati perjalanan sekaligus berwisata sambil berkarya, satu langkah impian saya telah terwujud untuk keliling Indonesia. 
Momen Istimewa Jakarta Potret 2011 (dok.pribadi)
Masih ditahun yang sama 2011, namun perjalanan dan tempat yang berbeda kali ini menikmati Jakarta, kota yang istimewa dimana didalamnya tersimpan kisah dan sejarah yang begitu indah, perjalanan ke Jakarta ini dalam rangka mengikuti dan menghadiri undangan dari Kompasianival, masih berkaitan dengan dunia blog dan media sosial. Bongkahan mimpi yang saya miliki akhirnya mulai terbuka satu persatu dengan menekuni bidang yang saya cintai, menulis dan menggunakan tekhnologi, kedua bidang inilah yang mendekatkan saya dengan dunia.
Berkumpul, berkarya dan berbagi adalah cara terbaik untuk mengembangkan potensi (Dok.Pribadi)
Dari perjalanan seru ke Jakarta inilah saya bisa menemukan arti hidup yang sesungguhnya "Hidup akan terasa berarti dan bahagia jika kita menekuni apa yang kita cintai dan berawal dari hobi, serta tidak menutup diri untuk terus berkarya dan bergerak membuka dan mengejar setiap kesempatan yang ada" tak terasa di tahun yang sama saya bisa merasakan perjalanan istimewa dikedua kota Bandung dan Jakarta. Dan tentunya setiap perjalanan selalu ada pertemuan yang berkesan, tanpa disangka-sangka pada acara itu saya dipertemukan dengan Presenter Kondang, Kemal. Dari sini saya semakin mantap bahwa mimpi itu begitu dengan dengan kaki kita, selama kaki bisa melangkah disitulah mimpi akan terwujudkan.
Menghadiri dan mengikuti  rangkaian acara Potret Maha Karya Indonesia 2012
Proses dan perjuangan disetiap perjalanan itu pasti ada, tak ada sebuah perubahan dan prestasi tanpa mengikuti proses dan tanpa ada perjuangan. Pada tahun 2012 merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi saya bisa mengikuti rangkaian Potret Maha Karya di Jakarta dan tentunya bisa dikumpulkan dan dipertemukan dengan orang-orang hebat dan kreatif. 

Saat itu langkah saya menjadi semakin mantap untuk terus menggali dan memperdalam ilmu ngeblog dan menggunakan media sosial secara maksimal dan tentunya diterapkan dan dibagikan pula pada komunitas yang saya ikuti. Bekerja sesuai hobi itu merupakan sebuah kenikmatan yang tak tertandingi tanpa ada rasa beban yang selalu menghinggapi justru semakin enjoy untuk dilalui dengan sepenuh hati.
Perjalanan seru bersama Bogger Sukabumi di Yogyakarta 2013 (dok.Awan T Ridwan) 
2013 merupakan perjalanan bersejarah dan istimewa, dan tahun ini merupakan tahun ke-3 saya bisa menjelajah Indonesia sambil berkarya menggali ilmu dan wawasan baru di Yogyakarta. Syukur Alhamdulillah perlahan mimpi saya terwujudkan dengan setiap karya yang dilalui. Alhamdulillah pilihan saya memberikan hasil yang baik, setiap tetesan keringat menjadi saksi terindah.
Menikmati kebahagiaan bersama peri-peri kecil tanpa sayap (dok.pribadi) 
Di Tahun 2014 saya berkarya dan berbagi kembali ke desa berbaur bersama peri-peri kecil untuk menikmati setiap hari yang penu dengan canda tawa. Kebahagiaan terangkum indah bersama mereka. Perjalaan yang telah saya tempuh di beberepa kota saya terapkan dilingkungan masyarakat, mengajak Ibu-Ibu untuk melek Tekhnologi
Berbagi ilmu dan menerapkan Tekhnologi kepada Ibu-Ibu PKK Desa Tarogong (dok.pribadi) 

Alhamdulillah setiap perjalanan yang telah dilalui dan proses yang telah dinikmati akhirnya bisa berbagi sedikit ilmu tentang penerapan Tekhnologi di masyarakat, di tahun 2014 bergabung bersama KomTIK Garut dan menyebarluaskan peran penting Tekhnologi di masyarakat, penggunaan tekhnlogi secara bijak. Masyarakat berkumpul dan berbagi bersama menciptakan inovasi dan kreasi melalui sentuhan tekhnologi.
Berkarya bersama Google Educator Group Garut (dok.priadi)
Masih di tahun 2014 perjalanan yang saya lalui menjadi lebih lengkap dengan ikut bergabung bersama Google Educator Group, melalui setiap komunitas yang saya ikuti saya semakin banyak belajar dan mengasah kreatifitas dan memperluas networking, dan dari silaturahmi itulah pintu meraih mimpi semakin terbuka.
Ikut berkarya bersama siswa MAN 1 GARUT kunjungan ke liputan6.com
Di Tahun 2015 berkah banget bisa lebih berkarya dan berbagi kebahagiaan bersama adik-adik kelas MAN 1 GARUT, sebagai alumni saya tetap peduli dan bahagia bisa berkarya bersama dan berbagi sedikit ilmu yang telah didapat mengenai tekhnologi dan blog. Mencintai setiap apa yang kita lakukan adalah keberkahan yang tak ternilai.
Sosialisasi pengguanaan Google Apps bersama Google Educator Group Garut (dok.pribadi) 
Menjadi Relawan adalah pilihan terbaik bagi saya, dimana saya bebas untuk berkarya dan berinovasi untuk karya yang lebih bermanfaat, tanpa ada tuntutan dan persaingan secara bergesekan karena dalam komunitas yang diutamakan adalah kesukarelaan hati untuk berkarya dan berbagi, pilihan saya menjadi Relawan adalah panggilan hati untuk berkarya bersama.

Di Tahun 2015 inilah semua perubahan dan kebahagiaan saya dapatkan diantaranya dengan ikut serta dan menggali ilmu bersama di beberapa Event spesial. perjalanan yang dilalui begitu bermakna dan selalu menyimpan momen yang berharga disetiap pertemuannya. Sebagai saksi terindah potret inilah yang menjadi saksinya:
Belajar ilmu blog spesial dari para cikgu yag luar biasa (dok.istimewa)
Dengan mengikuti berbagai pelatihan ilmu ngeblog semakin memantapkan dan mengasah hobi menjadi lebih berkembang dan tentunya perjalanannya semakin lebih istimewa bisa bertemu dengan orang-orang baru yang selalu menambah semangat. Setiap impian yang telah diukir akhirnya memberikan buah dan hasil yang bermanfaat. Merajut mimpi untuk keliling kota di Indonesia pun telah terlaksanakan.

Jadi sudah jelas, setiap orang itu memiliki impian untuk menikmati perjalanan yang berkesan, namun yang membedakannya hanya cara dan prosesnya saja, tujuannya sama ingin mengenal dunia menjadi lebih dekat dan hangat dengan sentuhan karya yang bisa diciptakan disana.
Berkumpul bersama dengan sahabat yang telah menjadi keluarga yang tersebar di seluruh Indonesia (dok.pribadi) 
Komunikasi adalah kunci utama dari segalanya yang dipersatukan dengan ikatan silaturahmi, ya kami mengenal satu sama lainnya dengan ikut bergabung bersama komunitas Sahabat Pulau, semua sahabat yang ada disini berasal dari setiap daerah yang tersebar dari sabang sampau merauke semua berkumpul disini, Nah, lengkap lah sudah impian saya sejak kecil ingin berkeliling Indonesia sudah terwujudkan..

Mimpi setiap orang akan terwujud jika diperjuangkan dan selalu menikmati proses yang ada serta sabar untuk menghadapi semua kenyataan yang ada, semua perjalanan pasti ada manis pahitnya dari proses itulah kita terbentuk seperti ini, dan dengan adanya tantanganlah kita semakin berpikir bagaimana cara memperjuangkannya.
Berkarya sambil berlibur di Pulau seribu (dok.pribadi) 
Berlibur sambil berkarya itulah yang selalu kami rasakan dimanapun dan kapanpun, selain menikmati perjalanan liburan yang sangat menyenangkan kami juga bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Di Pulau Seribu contohnya, ini kegiatan yang kami ikuti beberapa bulan yang lalu, kami berkunjung ke Pulau Seribu untuk ikut berkarya bersama masyarakat setempat.
Bermain sambil belajar bersama adik-adik di Pulau Seribu (dok.pribadi) 
Di Pulau Seribu ini kami bahagia banget bisa langsung dipersatukan dengan adik-adik untuk belajar dan bermain bersama, walaupun sudah larut malam tapi kami tetap bersemangat untuk ikut bersatu didalamnya. Iniah kepuasan menjadi seorang Relawan tak terbatas oleh ruang dan waktu, kami bisa bebas untuk berkarya dan berinovasi yang terbaik selama hal itu memberikan manfaat.
Youth Volunteer Camp Sahabat Pulau di Pulau Seribu (dok.pribadi)
Kami bersatu untuk berkarya, berbagi untuk perubahan yang lebih baik dengan tujuan yang sama, generasi emas adalah dimana kita bisa merasakan semua kebebasan tanpa batas menikmati setiap kebahagiaan yang bisa dilalui bersama. Untuk semua perubahan yang terbaik pasti selalu ada nilai yang harus diperjuangkan dengan maksimal.
Berkarya bersama adik-adik di SMKN 10 Garut (dok.pribadi) 
Setiap pilihan akan menentukan langkah nerikutnya, dan iniah langkah saya selanjutnya, Alhamdulilah tak pernah berhenti terus menikmati setiap kesempatan yang luar biasa, bersatu dan berkarya dengan adik-adik SMKN 10 Garut semakin melengkapi warna perjalanan saya dan tentu memberikan goresan momen yang semakin berkesan.
Perjalanan dan momen istimewa itu selalu ada dimanapun dan kapanpun (dok.pribadi) 
Menikmati setiap momen dan perjalanan secara bersama-sama itu sangat menyenangkan dan membahagiakan, selain banyak ide juga banyak cara untuk membuat ide yang lebih segar, syukur alhamdulillah prestasi yang di raih tak hanya berhenti pada satu bidang saja,tapi datang silih berganti menyambut dengan penuh berkah.

Setiap kesempatan dan kebahagiaan itu saling melengkapi disetiap langkah kita, jadi selalu mantapkan perjalanan jangan sampai berhenti supaya ide terus datang dan kesempatan baikpun akan selalu menyapa. Ingatlah setiap kesempatan hanya bisa menyapa satu kali dan belum tentu hari esok bisa meyapanya kembali. Jadi mantapkanlah pilihan yang terbaik dan selalu ikuti apa kata hati dan niatkan semuana karena ibadah.
Bersilaturahmi bersama blogger surabaya (dok.rahab ganendra) 
Kado spesial saya dapatkan setelah mendapatkan kesempatan untuk liputan blogger di Surabaya dalam event Pameran Produksi Indonesia 2015, perjalanan untuk menikmati indahnya Indonesia menjadi semakin lengkap dan semakin melengkapi rangkaian mimpi-mimpi terindah yang sejak kecil saya ukir. Inilah catatan perjalanan saya, mungkin berbeda dengan catatan perjalanan yang orang lain goreskan, namun setiap orang tetap memliki catatan sejarah tersendiri dan semua itu tergantung dari mana ia memulai setiap perjalanannya.

Nikmati setiap perjalanan, teruskan langkah jangan berhenti karena satu hal yang membingungkan, ikuti apa kata hati dan jangan pernah menunda setiap kesempatan yang datang., setiap keputusan yang diambil itulah yang akan menentukan masa depan dan renacana kita kelak.
                                                                           *****
Tulisan ini diikutsertakan lomba blog Cross|Over , How Far You Will Go? You Decide! Untuk informasi lomba silakan  mengunjungi situs http://www.neversaymaybe.co.id.

You Might Also Like

0 komentar