Berkarya Dengan Hati Untuk Membangun Negeri, Menciptakan Generasi Penuh Arti

  • Monday, November 16, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Berkarya, Berbagi & bahagia bersama dengan adik-adik madrasah Karya Mukti Banyuresmi (dok.pribadi) 
jangipan.com-Berkarya. Berbagi dan berkarya itu bisa dimulai kapan saja dan memberikan apa yang bisa kita lakukan, baik waktu, tenaga maupun dalam bentuk materi. Tapi hal yang terpenting adalah kita memberikan dan memulainya dengan hati dan mau melakukannya dengan ikhlas & tulus.

Apa yang bisa kita lakukan saat ini lakukanlah dan apa yang bisa kita berikan maka berikanlah sekemampuan kita jangan menunggu terlalu lama dan berpikir terlalu panjang karena jika terlalu lama menunggu dan terlalu berpikir akan menghambat jalan kebaikan kita.

Masyarakat dan lingkungan sekitar sedang membutuhkan sentuhan dan karya dari kita, sudah kah memikirkan untuk mereka, apa yang bisa kita berikan kepada mereka? Dan kapan akan memulainya? Tak sedikit orang yang masih ragu dan malu untuk menyentuh dan terjun langsung ke lingkungan masyarakat.
Antusias adik-adik yang menanti karya baru dari kakak-kakak yang hadir (dok.pribadi) 
Tapi bagaimana jika teman-teman melihat semangat adik-adik yang ini? Sanggup kah membiarkan semangat mereka terhapus begitu saja dan luntur oleh waktu dan terbelenggu oleh perkembangan zaman? Tentu tak mau membiarkannya kan? Sebenarnya semangat mereka ada disekitar kita, hanya saja kekurang tahuan kita dan kepekaan kita terhadap mereka masih kurang? Betul apa betul...? ;) :)

Alhamdulillah pada tanggal 08 November 2015 kemarin, kami dari Pramuka MAN 1 GARUT & Blogger Garut beserta relawan muda yang ada di Garut melakukan kunjungan dan Bakti Sosial ke Desa Karya Mukti Kec.Banyuresmi Kab.Garut. Kegiatan yang dilakukan terdiri dari bimbingan pendidikan dasar kepada adik-adik serta berbagai perlombaan mewarnai, pidato, tahfidz quran dan kegiatan permainan anak dilanjutkan menonton tayangan edukasi anak.

Karya adik-adik yang terlukis dalam kertas kebahagiaan (dok.pribadi) 
Kegiatan kunjungan dan bakti sosial ini rutin dilakukan di setiap desa dan madrasah, dengan tujuan memberikan bimbingan kepada adik-adik madrasah dan mengedukasi sambil bermain, terutama membiasakan kebiasaan yang sering dilakukan seperti tata cara wudhu, sholat, makan, minum, mandi, dsb, dengan pendekatan melalui permainan dan pendidikan dasar sesuai kebutuhan adik-adik madrasah yang kami kunjungi.
sistem pembelajaran yang sederhana namun bermakna (dok.pribadi) 
Pembelajaran yang disampaikan pada setiap kegiatan yang kami lakukan berupa kegiatan belajar dan bermain serta belajar berkelompok untuk melatih kedisiplinan, kekompakan dan ketelitian dalam mengolah segala hal terutama dalam lingkungan yang sering mereka temui. Dengan membiasakan dari hal yang mudah dan sederhana diharapkan adik-adik  bisa membiasakannya setiap saat.
Berkumpul dengan adik-adik dengan keceriaan yang luar biasa (dok.pribadi)
Keceriaan dan kebahagiaan adik-adik begitu terpancar ketika kami mulai menyapa sampai kegiatan berlangsung sampai akhir, dari sinilah kekuatan kami semakin kuat dan semangat untuk bersatu dan berkarya. Tak ada rasa lelah letih dan lesu, ketika melihat senyum dan canda tawa dari mereka semuanya bercampur menjadi satu kekuatan untuk berkarya dengan apa yang kami bisa berikan, walaupun jalannya tak selalu mudah namun ada rasa kepuasan dan kebahagiaan ketika mulai bersatu dan berbaur dengan mereka.
Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama menuliskan impian dan cita-cita bersama
Pada kegiatan ini juga kami melatih adik-adik untuk membiasakan menulis, mulai dari menuliskan cita-cita sampai membuat cerita ringan sesuai dengan pengalamannya. Alhamdulillah dengan adanya latihan menulis ini, adik-adik semakin semangat untuk menulis dan mengabadikan setiap pengalamannya lewat tulisan yang ditulis dalam buku catatannya.

Bismillah, semoga setiap perjalanan yang kami tempuh semakin berkah dan bermanfaat untuk orang banyak dan tentunya semoga semakin memberikan perubahan dan bisa mencetak generasi masa depan berkarakter dan berkepribadian baik dan unggul yang bisa bersaing secara sehat serta bisa berkolaborasi dan berinterkasi dengan lingkungan masyarakat.


Salam Bahagia
_Ipan Setiawan



You Might Also Like

2 komentar

  1. Kang ipaaan, sukses selalu yah buat acara nya.
    Next time kalo Raisa ada waktu senggang boleh yah ikutan gabung di acaranya :) .

    ReplyDelete
  2. Mantabs...maju dan terus berkarya bersama anak bangsa..

    ReplyDelete