Jalan-Jalan Seru Bersama Bea Cukai

  • Sunday, November 22, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Kunjungan Blogger ke Kantor Bea Cukai Cabang Pasar Baru Jakarta (dok.Moh.Sobari)
jangipan.com-Kunjungan Bea Cukai. Pengalaman yang berkesan dan bersejarah bisa berkunjung sekaligus mengenal dan mengetahui lebih tentang peran Bea Cukai dalam penanganan kiriman pos Internasional. Pada tanggal 18 November 2015 Blogger dan Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengikuti rangkaian tour ke Kantor Bea Cukai Cabang Pasar Baru dan kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. 

Pada kesempatan ini pula diisi oleh para nara sumber dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dan KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar baru Jakarta.
Bapak Muhammad Akhadi Jatmiko, Selaku Kepala Bidang Analisis dan Tindak Lanjut Kepatuhan    Internal PUSKI Kepabeanan dan Cukai. (dok.pribadi) 
Ibu Nurtanti Widyasaru, Selaku Kepala KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru (dok.pribadi)
Bapak Hilmawan Setiyo, Selaku Kasubsi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru. (dok.pribadi)
Pada kesempatan ini Nara Sumber yang hadir memberikan pengenalan dan peran bea cukai dalam penanganan kiriman pos internasional, serta tugas dan fungsi KPPBC kantor pos pasar baru, pengawasan terhadap barang kiriman pos non EMS yang masuk/keluar ke/dari Indonesia melaui kantor pos lalu bea Jakarta agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pelayanan memberikayang terbaik khususnya bagi pengguna jasa kiriman pos internasional dalam kelancaran arus barang dan kecepatan pelayanan. Jadi sebelum mengirimkan barang atau paket kiriman ketahuilah terlebih dahulu barang apa saja yang bisa dikirim dan dilarang untuk dikirim, supaya proses pengiriman dan penerimaan barang diterima dengan tepat dan cepat sampai sesuai dengan harapan.

........................................................................................................................................................
Sekilas Info: 

=> Barang kiriman pos adalah barang impor yang dikirim oleh pengirim tertentu di luar negeri kepada penerima tertentu di dalam negeri yang dilakukan jasa layanan pos.

=> Kantor Pabeanan adalah kantor dilingkungan DJBC tempat dipenuhinya kewajiban pabean sesuai dengan ketentuan UU kepabeanan.

= Kantor Pos Lalu Bea adalah kantor pos yang ditunjuk untuk melalubeakan kiriman pabean.
.......................................................................................................................................................

Selain pengiriman barang, kita juga yang sering belanja Online harus diketahui sebelum membeli produk jangan terlalu tergiur dengan produk dan harga yang ditawarkan karena tak semua harga sama dengan harga aslinya, bisa jadi harga yag ditawarkab belum termasuk bea dan cukai. Adapun yang harus kita ketahui ketentuan pembebasan BEA masuk dan tidak dipungut paja dalam rangka impor.

Barang kiriman dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 50.00 (Lima Puluh USD Dollar) untuk setiap orang per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor, dalam hal barang kiriman pos melebihi batas nilai pabean yang mendapatkan pembebasan bea masuk, maka atas kelebihan tersebut dipungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

Untuk jalur pengiriman dan penerimaan paket barang dilakukan lewat jalur darat dan laut yang telah dikelola pemeriksaannya oleh pihak Bea Cukai yang ditunjuk disetiap tempat atau wilayah yang ditentukan.

Oh iya ini penting banget untuk kita yang doyan belanja Online apalagi banyak diskon berhamburan, ujung-ujungnya pasti mau borong langsung diskonannya :) Tapi tetep yaa ketahuilah terlebih dahulu apakah barang yang kita beli memerlukan ijin/persyaratan impor tertentu, dan ketahui juga berapa pungutan  impor yang dikenakan terhadap barang tersebut, jangan samapai tergoda dengan harga murah yang ditawarkan karena harga tersebut belum termasuk ongkos kirim dan pungutan impor yang harus dibayar.

Ketahui juga jenis kiriman yang digunakan untuk mengirim barang pesanan supaya bisa mengetahui dimana proses kepabeanan terhadap barang tersebut dilakukan, dan usahakan gunakan jenis kiriman yang dapat dilacak trace supaya bisa memantau posisi kiriman.
Tugas dan Fungsi KPPBC Kantor Pos Pasar Baru Jakarta, memeriksa barang kiriman yang datang (dok.pribadi)
Setiap barang yang masuk dari luar negeri diperiksa dengan tiga tahap yaitu pengecekan lewat X-Ray, Pelacakan dengan bantuan anjing pelacak dan pemeriksaan langsung oleh petugas, bertujuan untuk mengamankan setiap barang yang masuk supaya tercipta keamanan dan keselamatan sesui dengan aturan yang berlaku.
Tempat untuk pemeriksaan dan pengumpulan barang dari luar negeri untuk ukuran dibawah 2 Kg (dok.pribadi) 
Nah, kalau ini merupakan tempat untuk mengumpulkan dan pemeriksaan barang yang datang dari luar negeri untuk ukuran barang dibawah 2 Kg, semua barang diperiksa dengan rapi dan teliti. Pengecekan yang dilakukan oleh Bea Cukai sekitar 400-500 kiriman/harinya.
Paket yang akan dan telah diperiksa dipaket kembali dengan baik sesuai dengan awal pemaketan (dok.pribadi)
Semua barang yang akan diperiksa lalu setalah diperiksa dipaket kembali dengan rapi sesuai dengan semula, hal ini selain memberikan kemanan dalam pengiriman juga memberikan kenyamanan, dan kemudahan serta kebaikan dalam pengiriman yang baik dan benar, sesuai dengan aturan yang berlaku yang telah ditetapkan oleh Bea Cukai Indonesia.
Live Report dan Live Twitt Blogger (dok.pribadi)

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Bea Cukai Pusat, kami melakukan Live Report dan Live Twiit untuk mengabadikan momen spesial ini. Jujur... ini adalah pengalaman yang tak pernah terlupakan, banyak pengalaman dan wawasan baru seputar pengiriman dan pemeriksaan barang dari luar ke dalam negeri.
    Tangga unik dikantor Bea Cukai Cabang Pasar Baru Jakarta (dok.pribadi)

Selama saya mengikuti perjalanan seru di Kantor Bea Cukai Cabang Pasar Baru Jakarta, ada satu tangga di ruangan khusus yang menjadi pusat perhatian saya, dan ternyata ini bukan hanya sembarang tangga, tangga ini khusus untuk penurunan barang yang telah diperiksa dari atas.

Ruangan yang diserbu para peserta kunjungan, ada barang antik yang ingin diabadikan (dok.pribadi)
Yang lebih serunya alagi ada satu ruangan khusus untuk penyortiran barang yang tak layak kirim, dan ruangan ini langsung diserbu dan diabadikan fotonya, ternyata ada satu barang yang unik namun membuat hati geli :D #Hahahaha
Patung Bersejarah dikawasan kantor Bea Cukai Pasar Baru Jakarta (dok.pribadi)
Di Kantor Bea Cukai Cabang Pasar Baru Jakarta ini terdapat patung bersejarah patung jasa pengiriman barang/Pos yang lekat dengan monumen bersejarah pada kantor Pos Indonesia.
Halaman depan Kantor Bea Cukai Cabang Pasar Baru Jakarta (dok.pribadi) 

Sesi pertama kunjungan ke Kantor Bea Cukai telah selasai, kami melanjutkan ke Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang bertempat di Jln. Ahmad Yani By Pass-Rawamanggun-Jakarta Timur.

Dikantor ini kami akan diajak melihat sistem unit informasi Contac Center "Bravo Bea Cukai" 1500225.. penasaran kan bagaimana suasana kantornya? Yuk ikuti perjalanan seru kami bersama Bea Cukai Indonesia ;)
Ruangan Media Sosial Bea Cukai (dok.Pribadi) 
Nah, jika teman-teman sering mengirim pesan lewat twitter atau instagram @BeaCukaiRI inilah kantornya.. nyaman dan seru kan? :)
Pemandu dan pengenalan media informasi Bea Cukai RI (dok.pribadi) 
Para peserta yang hadir terdiri dari Mahasiswa dan Blogger diajak dan dikenalkan dengan ruangan yang ada di kantor pusat, kakak pemadu ini dengan senang hati memberikan informasi pelayanan tentang Bea Cukai.
Ruangan Khusus informasi & pelyanan contact center (dok.pribadi) 
Ruangan yang nyaman dan sangat menyenangkan mendukung layanan informasi Bea Cukai, semua informasi mengenai kepabeanan bisa kita dapatkan dilayanan contact center Bravo Bea Cukai 1500225 atau bisa diakses melalui www.beacukai.go.id 

Alhamdulillah perjalanan yang sangat menyenangkan, menambah ilmu da wawasan baru seputar peran bea cukai dalam penanganan kiriman pos internasional. Semoga dengan adanya kunjungan seperti ini bisa lebih memberikan pengetahuan tentang alur pengiriman yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan dan perarturan yang ada saat ini yang telah diberlakukan oleh pemerintah.


Salam Bahagia

_Ipan Setiawan

You Might Also Like

2 komentar

  1. Jadi tambah ilmu tentang bea cukai... Semoga nanti kalau ada acara beacukai lagi saya bisa ikutan .. :)

    ReplyDelete