Mengenalkan Budaya Dengan Inovasi Blangkon Dari Blitar

  • Friday, November 13, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Mat Bangkon Mengenalkan Budaya Dengan Inovasi Blangkon Blitar (Dok.Pribadi)
jangipan.com-Inovasi Blangkon, Apa yang terbayang ketika mendengar kata Blangkon? Yaa, pasti langsung terbesit kain ikat untuk menutupi kepala dengan style yang unik dan menarik. Yups.. betul banget. Namun Blangkon yang satu ini beda dari Blangkon yang lannya. Blangkon dari Blitar ini memiliki keunikan tersendiri beda dari kebanyakan Blangkon yang ada.
Pelopor Inovasi Blangkon asal Blitar (dok.Pribadi)
Mursito (28 Tahun) atau biasa disapa Mat Blangkon, Pelopor Blangkon asal Blitar ini menceritakan keunikan dari Blangkon yang dipasarkannya, setiap karya yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri dan cara pemakaiannya pun beda dari Blangkon yang biasa kita temui diberbagai tempat. Yang membedakan Blangkon Blitar dengan Solo adalah dari bendul dibelakangnya. Blangkon Solo memiliki bendul dibelakang sedangkan Blangkon Blitar tidak memiliki bendulan dibelakang, selain itu ada keunikan dari segi mengikat Blangkonnya.
Blangkon karya Mursito ikut mejeng dengan karya yang lainnya (dok.pribadi) 
Blangkon Blitar ini dikenalkan oleh Mursito kepada masyarakat luas sejak tahun 2007 dengan inovasi dan keunikan yang ditawarkan. Target pasar dari Blangkon ini mencangkup warga masyarakat Blitar dan para wisatawan yang datang. Blangkon Blitar ini dikemas dengan menarik serta dipadukan dengan motif batik yang dikemas dengan unik sehingga terciptalah sebuah Blangkon Blitar yang istimewa.
Presentasi Mat Blangkon, mengenalkan inovasi karyanya pada saat Kopdar Teman Asyiiik (dok.pribadi) 
Sang pelopor Blangkon Blitar ini membudayakan penggunaan Blangkon sebagai Style dan pelengkap gaya hidup disetiap aktivitas, tentunya bisa dipadu padankan dengan fashion masa kini yang akan terlihat lebih trendi dari pada memakai topi yang sudah mainstream.
Karya yang unik dan menarik dikemas oleh para pengrajin kreatif (dok.pribadi)
Untuk sementara penjualan Blangkon ini dipasarkan disekitar pemakaman Bung Karno, untuk teman-teman yang ingin lebih tau tentang Blangkon ini bisa langsung melihat dan ikut workshop-nya langsung ditempat.  

Pada awalnya sebelum membesarkan dan mengenalkan Blangkon Blitar ini Mursito biasa menjual Blangkon di Solo & Yogyakarta menjual Blangkon yang sudah jadi, namun dengan semangatnya untuk membudayakan Blangkon dan terus berinovasi akhirnya tercetuslah maha karya dari Blangkon Blitar ini.

Untuk harganya sendiri Blangkon Blitar ini sangat terjangkau mulai dari harga Rp.15.000-70.000 tergantung bahan dari Blangkonnya. Mursito ini memberikan kesan yang baik terhadap Blangkon yang dibuat dan dikenalkan kepada masyarakat dengan menciptakan pelopor baru lain dari pada yang lain dengan sentuhan kreasi dan inovasi yang berbeda jauh lebih unik. Dan untuk teman-teman yang tertarik dengan keunikan Blangkonnya bisa dipesan dan dikontak langsung melalui Mobile Phone 085646520355.

"Yuk kenalkan Budaya dengan karya yang bisa kita ciptakan, tak hanya melihat tapi juga ikut menciptakan karya dengan mengawali dari hal yang sederhana dan bisa kita buat dan berikan kepada Negeri.Sesuatu yang luar biasa selalu berawal dari hati dan seni"


Salam Bahagia
_Ipan Setiawan





You Might Also Like

2 komentar

  1. Salam kenalan dari Malaysia food blogger... www.mahamahu.com

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah.. terima kasih kak, salam kenal juga dari Blogger Garut-Indonesia :)

    Salam bahagia dan salam sukses selalu... :)

    ReplyDelete