Purwakarta, Kota Budaya & Wisata Kuliner Istimewa

  • Thursday, December 10, 2015
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Festival Steak Maranggi 2015 @Purwakarta (dok.pribadi)
jangipan.com-Wisata Kuliner.  Ada apa dengan Purwakarta? Sepertinya hari-hari ini setiap orang memperbincangkan mengenai kota yang satu ini? Tentu rasa penasaran dalam benak saya semakin besar untuk mencari informasi lengkap mengenai Purwakarta yang selama ini menjadi sorotan masyarakat.

Tak perlu menunggu lama untuk membuktikan dan mencari informasi mengenai Purwakarta ini, tanggal 05 Desember 2015, Detik.com, Pasangmata.com dan Blogger mengadakan tour jelajah wisata kuliner Purwakarta dalam acara akbar Festival Steak Maranggi 2015.

Perjalanan seru sudah tentu kami rasakan, disepanjang perjalanan canda tawa kami lalui bersama dan tentunya sepanjang perjalanan itu menemukan berbagai momen mulai dari suasana guyuran hujan yang deras, insiden kecelakaan lalu lintas di jalan tol sampai seseruan mengabadikan momen foto seru perjalanan istimewa.

Pertanyaan dan rasa penasaran saya belum terjawab dengan kota budaya ini, ada apa dengan Purwakarta? Tetap pertanyaan itu selalu terbesit dalam benak saya, hingga sampailah pada tempat yang dituju. Di gerbang utama terpampang ucapan "Selamat Datang di Purwakarta" dan setelah keluar dari tol langsung terlihat baligho besar yang menginformasikan acara Festival Steak Maranggi 2015.

Langsung dengan cepat teman-teman blogger memotret dan mengabadikannya di pasangmata.com selama tiga jam yang perjalanan sampailah menuju kota yang ingin segera di tuju dan dinikmati segala keindahannya. Ketika turun dari bus langsung menyaksikan mesjid besar yang megah, sedikit demi sedikit rasa penasaran saya terobati dengan suasana sejuknay udara dari rindangnya pepohonan yang berjajar disekitar mesjid dan Bale Nagri.
Disekitar Halaman Bale Nagri  Purwakarta (dok.pribadi)
Terjawablah sudah apa yang diperbincangkan oleh orang-orang tentang Purwakarta ini, ada apa dengan Purwakarta? Banyak, ya banyak momen yang bisa diabadikan dan banyak cerita untuk dibagi mulai dari kebersihan dan kerapihan disepanjang jalan dan bangunan tertata dengan rapi dan bersih, selain disediakannya tempat sampah disemua penjuru juga tingkat kesadaran masyarakatnya pun mungkin tinggi terhadap kepedulian lingkungan sehingga terciptakan kota yang tertata rapi.
Ekspresi Bahagia di Taman Pancawarna (dok.pribadi)
Tunggu dulu, jangan beranjak lanjutkan dulu bacanya ya :) Nah... yang menjadi ciri utama kota yang bersih dan rapi plus segar tentu pasti ada taman yang tertata dengan rapi dan bersih pula, coba tengok betapa bahagianya saya bisa berekspresi maksimal jingkrak-jingkrang di depan taman pancawarna ini.

Taman yang ada diskitar kawasan halaman Bale Nagri ini melengkapi nuansa yang terlihat segar dan sejuk, gerimis yang pada saat itu turun melengkapi perjalanan jelajah kami di Purwakarta ini, setelah puas keliling Bale Nagri Purwakarta, kami semua langsung segera berkunjung ke tempat Bapak Bupati Purwakarta berada, Saat itu Kang Dedi Mulyadi sudah menunggu di ruangan yang megah dan ekslusif ditemani dengan Chef Aiko sebagai juri tamu yang akan menilai pada Festival Steak Maranggi 2015 beserta jajaran Staf bupati yang telah berada di Bale Nagri.

Foto bersama teman-teman blogger (teman blogger via WA) 
Tetap jurus andalan kami kemanapun dan dimana pun pasti dan tetep wajib foto bersama untuk mengabadikan setiap momen spesialnya, kali ini kami mengabadikan di dalam kantor Bale Nagri tempat dimana Bapak Bupti berada, canda tawa kami melebur bersama suasana kebahagiaan.
Makan bersama Bupati Purwakarta, Kang Dedi Mulyadi (dok.teman blogger via WA) 
Merupakan suatu kehormatan dan bahagia bisa menikmati makan bersama Kang Dedi Mulyadi dan para jajaran staf bupati beserta Chef Aiko yang waktu itu hadir untuk menilai Festival Steak Maranggi 2015. Selain menikmati makan bersama kami juga mendapatkan info dan wawasan baru mengenai perkembangan dan perubahan Purwakarta terutama dalam segi kuliner khasnya.

Selain terkenal dengan Sate Marangginya juga dihadirkan pula terobosan olahan daging yang super enak khas Purwakarta yaitu Steak Maranggi. Ya dengan adanya masukan ide dan kreatifitas serta mampu menerima setiap ide dan karya baru maka setiap perubahan dan perkembangan yang sangat luar biasa bisa diciptakan.
Kang Dedi Mulyadi & Chef Aiko dalam #SteakMaranggiFest2015
Disela-sela makan bersama Kang Dedi Mulyadi memberikan informasi mengenai inovasi baru dari Steak Maranggi yang akan di gelar pada Festival Steak Maranggi yang diselenggarakan  di Jln.Singawinata Purwakarta yang merupakan pusat jajanan/wisata kuliner Purwakarta.

Mengapa harus Steak Maranggi yang ada di Festival itu? Kang Dedi menjelaskan, Steak merupakan inovasi yang sedang di gebrak saat ini untuk bisa bersaing dipasar internasional dengan kualitas dan cita rasa yang sama dengan steak yang ada di pasaran namun yang membedakan steak purwakarta adalah dari cara pengolahan dan pemilihan dagingnya.

Kang Dedi juga berbagi informasi mengenai program yang sedang di jalankan pada saat ini, bukan hanya menciptakan inovasi steak maranggi saja, melainkan setiap anak/pemuda yang ada di Purwakarta wajib memelihara kambing dengan merawat dan pemeliharaan yang baik mulai dari rumput dan perawatan kandang yang baik dan sehat dengan tujuan supaya menghasilkan kambing yang berkualitas.

Selain program wajib beternak kambing, anak Purwakarta juga ada program minum susu dan makan telor satu minggu sekali dan ada program wajib makan daging satu bulan 2 Kg yang di subsidi dari pemerintah. Selain itu para anak perempuannya melakukan kegiatan dalam program pembinaan seperti membuat sulam atau rajutan sehingga pemuda Purwakarta tak hanya diam tapi terus menciptakan dan mengembangkan karyanya, kata Kang Dedi disela-sela pembicaraan saat makan bersama.

Yaaa, terjawab sudah semua pertanyaan saya tentang Purwakarta ini, mengapa Purwakarta banyak diperbincangkan oleh banyak orang, ternyata Purwakarta memiliki daya tarik dan program yang telah dirancang dan dilakukan sampai saat ini sehingga terciptalan karya baru dan inovasi yang terus dikembangkan baik oleh pemerintah, pemuda dan masyarakatnya.
Foto bersama blogger dan Kang Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta (dok.cahyanto chan)
Seperti biasa kebiasaan yang kami lakukan setelah selesai makanlangsung foto bersama tak mau ketinggalan apalagi tak di abadikan momen seru ini, kami langsung mengambil pose semenarik mungkin untuk di potret oleh photographer yang telah disiapkan.
Saya dan Kang Dedi (dok.pribadi)
Rasanya kurang lengkap tanpa foto bareng dengan Kang Dedi, saya pun tak mau ketinggalan untuk berfoto seru dengan orang nomor satu di Purwakarta ini, alhamdulillah berkah selain bisa menikmati Purwakarta dengan segudang karyanya juga bisa bertemu dan berjumpalangsung dengan tokoh inspiratif yang satu ini, kang Dedi Mulyadi pituin Purwakarta.
Saya dan Chef Aiko (dok.pribadi)
Eitsss... coba tengok siapa ini? Yuhuuu,Yups...beruntung banget kapan lagi bisa berjumpa dan bertemu dalam jarak yang dekat bersama Chef Aiko, tak mau kalah heboh dan langsung aja potret untuk melengkapi suasana bahagia ini. Hatur nuhun...
Jalan-jalan sore di Pusat Kota Purwakarta (dok.pribadi)
Sebelum pada acara inti Festival Steak Maranggi 2015, sorenya kami melakukan Jalan-Jalan Sore (JJS) disekitar kawasan pusat kota Purwakarta, disepanjang jalan kami menemukan keunikan hiasan jalan dengan caping menggantung disepanjang jalan raya dengan rapi dan bersih.
Tugu Kujang yang menjulang (dok.pribadi) 
Tugu Kujang ini yang mejadi ciri khas Purwakarta dan simbol budaya khas sunda yang ada di pusat jalan disekitar kawasan Bale Nagri. Selain taman yang tertata rapi juga terdapat Tugu yang menjadi saksi budaya.
Taman Citra Resmi dikawasan Pusat Kota Purwakarta (dok.pribadi) 
Masih belum habis moment spesial dan makin istimewa, Purwakarta banyak spot keren untuk diabadikan dan mengambil foto seru dan tentu dengan kebersihan dan kerapihannya inilah yang mengundang rasa bahagia dan takjub dengan kota yang satu ini, Taman Citra Resmi ini tersimpan nilai seni dan budaya yang lekat dengan Purwakarta.
Bale Panyawangan Diorama Purwakarta (dok.pribadi)
Purwakarta selain memiliki taman kota yang indah dan tertata rapi juga memiliki segudang karya diantaranya Bale Panyawangan Diorama Purwakarta yang terletak di pusat kota di Bale Panyawangan ini tersimpan diorama mulai dari sejarah Purwakarta sampai benda-benda antik yang dimiliki oleh Purwakarta serta tersimpan seni dan budaya yang lengkap, cocok untuk para pelajar yang ingin tau lebih dalam mengenai sejarah Purwakarta.

Yang lebih serunya lagi di Bale Panyawangan ini di desain dengan unik, antik dan berbasis IT, semua ruangan dilengkapi dengan informasi yang tercantum pada LCD yang terpasang disetiap ruangannya. Seni masa kini pun ada di dalam ruangan ini, yang membuat para teman-teman blogger bahagianya pecah saat ditantang untuk ikut dalam Goyang Sate Maranggi, semua teman-teman yang ada di ruangan teater langsung menikmati goyangan sate maranggi yang ditayangkan di layar besar.
Tokoh Pewayangan (dok.pribadi) 
Salah satu koleksi yang ada di Bale Panyawangan, tokoh pewayangan ditampilkan secara lengkap, hal ini sangat mendukung semua kebutuhan koleksi seni budaya khas daerah. Purwakarta selalu istimewa, dan tentu bisa menjadi barometer kota budaya dan wisata kuliner masa kini.
Jalan-jalan naik ontelis (dok.pribadi)
Untuk teman-teman yang mau tau kota Purwakarta yang lengkap tapi gak mau cape? Tenang Bale Panyawangan ini telah disajikan informasi lengkap hanya dengan ngegowes ontel langsung LCD memberikan kota wisata yang lengkap untuk dijelajahi dalam waktu yang singkat.
Malam pembuka Festival Steak Maranggi 2015 (dok.pribadi) 
Malam menyapa dengan gerimis yang manja dilengkapi dengan alunan musik pembuka yang ceria serta tarian khas dari Purwakarta yang membuka malam Festival Steak Maranggi 2015, antusias dari peserta festival dan masyarakat begitu terpancar dan campur menjadi satu kebahagiaan yang utuh, malam itu adalah malam kemeriahan milik Purwakarta yang menyajikan sajian istimewa.
Peserta festival Steak Maranggi 2015 @PurwakartaIstimewa (dok.pribadi) 
Antusias dari para peserta Festival Steak Maranggi 2015 yang diikuti oleh pelajar SMP dan SMA di Purwakarta, menyajikan sajian andalannya dan pada saat itu Chef Aiko sebagai juri mengunjungi satu persatu stand peserta #SteakMaranggiFest2015 dan berikut sajian menu Steak dan bumbu yang disajikan para peserta Festival Steak Maranggi:
Sajian Menu steak dengan aneka menu tambahan (dok.pribadi) 
Sajian Steak dari masing-masing peserta disajikan dengan berbagai menu pilihan yang berbeda yang dihias dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan menu yang nikmat, cantik dan unik.
Steak dengan sajian menu tambahan kenyang dan sayur (dok.pribadi) 
Setiap peserta yang mengikuti Festival Steak Maranggi 2015 ini menyajikan sajian yang nikmat dan lezat dengan campuran hiasan yang begitu cantik berbagai taburan dan menu pelengkap langsung disajikan.
Menu lezat yang disajikan pada Festival Steak Maranggi 2015 (dok.pribadi) 
Kenikmatan dan kelezatan dari setiap sajian Steak Maranggi semakin memikat hati, setiap peserta terus berlomba menyajikan sajia yang lebih nikmat dan menggoda lidah supaya lebuh memikat hati para juri untuk memboyong hadiah yang fantastis.
Menu pelengkap yang disajikan pada saat Festival Steak Maranggi 2015 (dok,pribadi)
Sajiannya semakin menggoda lidah dan tentunya disepanjang acara akbar ini saya ikut mencicipi aneka kuliner khas Purwakarta ini, roti bakah keju dengan toping seres yang lembut memberikan sentuhan kenikmatan dilidah, untuk sajian nikmat ini saya dapatkan di stand yang lain tapi tetap sama disekitar kawasan Festival Steak Maranggi 2015.
Bumbu pelengkap Steak Maranggi Purwakarta (dok.pribadi)
Ternyata dibalik semua kenikmatan sajian menu Steak yang disajikan ada menu andalan dan ada bumbu pilihan yang telah diracik dengan bahan terpilih dengan kualitas yang terjamin. Nikmat dan mantapnya Steak Maranggi karena ada bumbu pilihan ini. Bumbu inilah yang melengkapi kenikmatan dan kelezatan setiap masakan Steak Maranggi.
Goyang Steak Maranggi (dok.Marianaa Renata)
Alhamdulillah, kebahagiaan dan keseruan telah kami lalui dengan maksimal diacara akbar Festival Steak Maranggi 2015, untuk penutupan acara yang luar biasa ini teman-teman blogger ikut mengabadikan dengan Goyang Sate Maranggi yang dibawakan oleh para pengiring musik dari #SteakMaranggiFest2015. Usai sudah acara ini kami ikuti dengan penuh pengalaman yang luar biasa, tentunya tersimpan momen yang sangat lekat dan tak akan pernah terlupakan perjalanan spesial ini. Terima kasih untuk teman-teman blogger yang telah mewarnai kebahagiaan dan kebersamaan ini, semoga dilain kesempatan kita bisa berkumpul kembali, dan tentunya saya ucapkan banyak terima kasih kepada Detik.com, Pasangmata.com dan segenap crew yang telah memberikan kesempatan dan pengalaman yang luar biasa ini.
Spesial Moment #SteakMaranggiFest2015 (dok.kang Ade Truna)

Ada Apa dengan Purwakarta? Terjawab sudah, di Purwakarta banyak momen yang bisa diabadikan dan selalu ada cerita yang melengkapi setiap perjalanan dibalut dengan ragam kesenian dan wisata kuliner yang memikat hati dan tentunya kota budaya yang menjadi barometer perekonomian dunia, terbukti dengan adanya inovasi baru banyak orang memperbincangkan keadaan kota ini, tentu dibalik semua fenomena yang ada menjadi nilai dan daya tarik untuk semua wisatawan untuk tetap mengenang dan menceritakan indahnya Purwakarta Istimewa.

Yuk abadikan setiap momen seru dan simpan sejarah indah dan tetap menciptakan karya dan sesuatu yang baru, jadikan masa muda penuh warna dan karya hingga terciptalah sebuah prestasi yang bisa dibagikan kembali.

Salam Bahagia

_Ipan Setiawan



You Might Also Like

2 komentar

  1. seru banget ya kang.... jadi pengen kesana lagi hehehehe

    ReplyDelete
  2. wow enak banget kayaknya! Indonesia memang penuh dengan masakan lezat yang beraneka rasa. cek disini Beautiful Indonesia untuk lihat keanekaragaman Indonesia lainnya ya

    ReplyDelete