Peran Pelajar di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

  • Saturday, February 20, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 1 Comments

Peran Pelajar Dalam Menghadapi MEA
jangipan.com-Catatan Singkat, Apa yang terlihat saat ini adalah kesempatan dan peluang emas untuk siapapun yang ingin mendapatkan peringkat unggul dan sejajar dengan masyarakat Go Global, terutama untuk para pelajar yang saat ini sedang semangat memupuk ilmu untuk meraih setiap impian yang telah diukir. Lalu apa saja persiapan untuk menghadapi setiap tantangan pada masa Masyarakat Ekonomi ASEAN yang saat ini sedang kita hadapi bersama. 


Para pelajar/peserta didik di sekolah merupakan aset yang paling berharga untuk menghadapi dan memulai berbaur dengan masyarakat luar berinteraksi dan berkomunikasi secara masal dan sejajar dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing pelajar saat ini. Sekolah merupakan wadah untuk mencari dan menggali serta mengembangkan setiap potensi.

Saat ini banyak kesempatan yang bisa didapatkan dengan memulai dan mengembangkan setiap hobi yang dimiliki setiap masing-masing peserta didik, sehingga hobi itu selain memberikan kepuasan kepada setiap peserta didik juga memberikan manfaat untuk masyarakat luas dengan hobi yang dikembangkannya.

Tak sedikit para pelajar yang memboyong sederet prestasi karena dengan hobi yang ia tekuni dan mampu mengekspos ke dunia luar serta mampu bersaing dan berkolaborasi. Inilah kesempatan emas untuk kita di dalam Masyakarat Ekonomi ASEAN yang semuanya serba membutuhkan kecepatan dan kedisiplinan.

Lalu apa saja yang mesti kita persiapkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) versi pelajar? Berikut langkah mudahnya:

* Persiapkan diri semaksimal mungkin dengan cara mengikuti berbagai kegiatan positif dan berinteraksi dengan orang banyak, kalau perlu temui orang-orang baru untuk memperluas jaringan dan membuka kesempatan baru tentunya.

* Gali potensi dan tekuni hobi semaksimal mungkin jangan menggantung atau setengah-setengah, karena bekerja dengan hobi semuanya akan berjalan dengan lancar dan tak ada beban atau keluhan untuk melakukannya.

* Perkuat jaringan pertemanan dengan membuat karya, ikuti perkumpulan remaja atau bisa gabung ke dalam komunitas yang sesuai dengan hobi, contoh komunitas menulis, photography dan sebagainya. Dengan banyak bergaul akan semakin mempermudah kesempatan untuk kita dalam mencari apa yang kita inginkan dan bisa berkolaborasi didalamnya.

*Mantapkan langkah dan kuatkan keyakinan untuk mencapa apa yang ingin kita wujudkan, ingatlah mimpi-mimpi terindah yang ingin segera kita capai, dengan adanya mimpi yang telah di ukir maka setiap rencana akan semakin mudah di realisasikan.

*Ikuti setiap pelatihan atau kegiatan yang sesuai dengan passion kita dan terus berkolaborasi didalamnya, dengan begitu maka kita akan terbiasa untuk melakukan kegiatan dalam setiap aktivitas yang kita lakukan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh para pelajar MAN 1 GARUT dalam Komunitas Cinta Baca (KCB) yang sedang menggerakan pelatihan reportase menyusun sebuah tulisan untuk disajikan dan dibuat buletin khusus untuk para pelajar dalam mengekspos informasi seputar MAN 1 GARUT.

Setiap peserta yang tergabung dalam Komunitas Cinta Baca (KCB) ini membiasakan kegiatan yang secara positif dan mampu berkolaborasi antara peserta yang lainnya, sehingga tercipta sebuah karya yang unggul dan bermanfaat untuk pelajar lainya dan lingkungan sekolah. Yuk rayakan masa muda dengan menciptakan karya dan inovasi terbaru untuk bisa bersaing secara sehat di era MEA.




You Might Also Like

1 komentar

  1. yeay, semangat menghadapi MEA. Tingkatkan kualitas diri agar mampu bersaing.. INDONESIA BISA! :D

    ReplyDelete