Tips Menata Kamar Ala Santri

  • Monday, February 08, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 4 Comments

Susana Kamar Santri Bak Kapal Pecah, Model: De Hilmi,  De Nizar dan Kang Agus (dok.pribadi)
jangipan.com-Catatan Santri, Halooo untuk kamu-kamu para santri dimanapun berada pasti suka kebingungan kan kalau lagi mau beres-beres tempat atau kamarnya mau diapakan dan mau dibagaimanakan, supaya terlihat lebih rapi dan bersih. Tak usah bingung atau khawatir disini saya akan berbagi tips bagaimana cara menata ruangan supaya terlihat lebih besih dan rapi ala santri. Yuk disimak... :) ;) #Hehehe
Kamar yang sudah rapi dan bersih (dok.pribadi)
Untuk menata kamar dan tempat tidur, yang pertama kali kita rapikan adalah kasur, bantal, selimut dan seprai. Lipat selimut dengan rapi dan simpan bantal diujung kasur lalu tumpukan selimut yang telah dilipat diatas bantal. Jadikan tumpukannya menjadi lebih rapi dan tersusun. Kalau sudah seperti ini enak dilihat kan? Yuk biasakan untuk menata tempat tidur senyaman mungkin supaya tidurnya pun lebih pulas :) #hehehe
Meja belajar yang telah dirapikan (dok.pribadi)
Setelah tempat tidur tertata dengan rapi, coba tengok jika ada meja belajar atau tempat penyimpanan buku, jika berserakan coba ditata lebih rapi dan susun sesuai dengan ukuran atau kapasitas buku. Jika telah disusun dengan rapi maka suasana tempat belajarnya pun akan lebih nyaman dan menyenangkan tentunya. Dan... pasti, jika mencari buku untuk dibawa ke sekolah pun tak akan tercecer kemana-mana :)
Sarung yang telah tertata rapi (dok,pribadi) 
Nahhhh, biasanya yang sering kita lupakan adalah melipat dan menyusun sarung-sarung yang berhamburan dimana-mana, bahkan selalu bercampur dengan sarung-sarung teman yang lainnya. Supaya lebih terlihat rapi dan bersih, yuk kita tata sarungnya menjadi seperti ini. Antara sarung dan kopiah disusun menjadi satu baris. Waahhh lebih rapi dan enak dipandang ya? ;) :)
Menata lemari dan isinya menjadi lebih rapi dan bersih (dok,pribadi) 
Setelah ruangannya sudah tertata dengan rapi, jangan lupa untuk menata isi lemari jangan sampai berantakan juga yaaa, jika lemarinya lebih dari satu, ayoo tata seperti ini atau sesuka hati sahabat semua yang penting tak berantakan yaa :) biasakan pakaian yang akan dimasukan kedalam lemari usahakan sudah di setrika dan diberi pewangi, supaya tak ada kecoa atau rayap yang masuk kedalam pakaian. Kalau ada beri kapur barus atau kamper supaya lemarinya tetap segar dan tak bau apek. :)
Perlengkapan dan kebutuhan santri yang telah rapi (dok.pribadi) 
Jangan sampai lupa juga yaaa untuk menata perlengkapan mandi dan kebutuhan sehari-hari seperti tempat menanak nasi, tempat penyimpanan beras, dan perlengkapan lainnya. Usahakan jangan tercecer dimana-mana kalau bisa disimpan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, supaya jika dibutuhkan tak perlu repot cari kemana-mana tinggal cari ditempatnya. ;) 
Sepatu yang telah di tata dengan rapi (dok.pribadi)
Nahhh, apalagi sepatu, biasanya kita suka malas untuk merapikan sepatu yang telah dipakai dan disimpan dimana saja, akhirnya berserakan dimana saja, lalu pada saat dibutuhkan kebingungan cari pasangan sepatunya dan cari kaos kaki yang bercampur dengan yang lainya.

Supaya terlihat lebih rapi dan bersih, coba susun dan simpan sepatu pada tempat yang telah disediakan atau di tempat khusus penyimpanan sepatu, supaya tak tercium bau yang menyengat coba simpan kamper atau pewangi lainnya ditempat penyimpanan sepatu. Kalau terlihat rapi seperti ini, pasti tak akan kebingungan cari sepatu yang tercampur kan? :) 

Koridor yang berserakan (dok,pribadi)
Lalu, bagaimana cara merapikan dan membersihkan koridor kobong jika seperti ini? Gampang, ayoo ikuti langkah mudah dan cepat membersihkannya. Jika koridor berantakan dan bingung menata barang saking banyaknya, coba rapikan satu persatu barang-barang yang ada di koridor pada tempat khusus untuk penyimpanan. Lipat tikar atau karpet yang telah dipakai, nah jika semuanya telah rapi coba sapukan lantai dan mengepelnya supaya terlihat lebih bersih.
Koridor yang telah dirapikan dan terlihat bersih (dok,pribadi)
Kalau koridornya sudah seperti ini, pasti lebih nyaman dan sangat menyenangkan untuk duduk dan kumpul seru bersama teman-teman yang lainnya untuk mengisi waktu senggang atau mengahapal. Jika semuanya telah bersih insya alloh kesehatan akan lebih terjaga dan kerapihannya pun akan terasa. Ayooo untuk teman-teman pesantren dimanapun yuk... biasakan untuk menata dan merapikan kobongnya supaya terlihat lebih rapi dan nyaman untuk kita semua.

Bismillah, semoga info dan tipsnya bisa bermanfaat...
Barokalloh...


Salam Bahagia

_Ipan Setiawan 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Kalau kamarnya sudah bersih dan rapi seperti ini pikiran juga ikut tenang ya Kak Ipan. Kalau pikiran tenang belajarpun jadi lebih mudah :)

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sewaktu nyantri,isi kamarnya 20 org pakai ranjang tingkat...lebih pusing beresinnya heheh

    http://mutheas.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. Kalau aku sewaktu nyantri,isi kamarnya 20 org pakai ranjang tingkat...lebih pusing beresinnya heheh

    http://mutheas.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. Keren cowok bisa rapi kamarnya, biasanya berantakan

    ReplyDelete