Kolaborasi Kementrian Pariwisata Bersama Blogger Sebagai Akses Media Informasi

  • Wednesday, March 23, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 5 Comments

Kantor Kementrian Pariwisata, Pesona Indonesia (dok.pribadi) 
jangipan.com-Pesona Indonesia, Tepat pada tanggal 14 Maret 2016 merupakan momen istimewa bagi saya, dan tentunya ini adalah pertama kalinya menyapa gedung yang sangat megah, dari beberapa meter setelah turun dari Halte Busway Monas, sudah terlihat gedung yang menjulang tinggi yang bertulisan "Pesona Indonesia" Wonderful Indonesia!!! Wohooo dengan hati riang langsung berlari untuk segera masuk.

Setelah sampai di gerbang kantor Pesona Indonesia langsung disambut ramah dengan Security, tak lama lagi saya langsung meminta informasi mengenai kegiatan Kementrian Pariwisata "Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata" tak lama-lama saya langsung diantar untuk menuju titik kumpul dengan para undangan lainnya di meeting room Kemenpar.
Meeting room-Kementrian Pariwisata (dok: Agung Han)
Luar biasa pengalaman pertama yang sangat berkesan bisa menikmati suasana kantor Kementrian Pariwisata, sambil menunggu keberangkatan selanjutnya menuju Bogor, bersama teman-teman dari TDB (Tau Dari Blogger) sudah mengisi ruang meeting room dengan obrolan hangat saling menyapa dan silaturahmi menghangatkan suasana. Lengkap sudah ruangan diisi dengan gelak canda tawa dari obrolan ringan pengantar menuju ketempat berikutnya.

Satu jam sudah terlewati di ruang yang penuh dengan momen spesial ini, setelah peserta lain hadir, kami siap-siap untuk melanjutkan ke tempat kegiatan di Bogor bersama Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementrian Pariwisata.
Perjalanan terindah menuju Bogor (Dok.M.Sobari TDB)
Seperti biasa rasanya kurang lengkap menikmati perjalanan tanpa ada potret yang diabadikan, maka dari itu kami selalu merekam setiap jejak perjalanan terindah lewat sebuah potret yang akan menyimpan setiap sejarahnya. Selama di perjalanan tentu tak hanya diam, banyak inspirasi baru yang bisa saya gali diantaranya wisata kota Jakarta, setiap gedung pencakar langit dan hilir mudik kendaraan yang menghiasi Jakarta adalah inspirasi untuk saya abadikan dalam catatan "Enjoy Jakarta!" 
Makan Siang-Puri AVIA Hotel & Conference Resort, Bogor (dok.pribadi)  
Dua jam setengah telah dilalui untuk menuju perjalanan ke Puri AVIA Hotel & Conference Resort Bogor, para tamu undangan yang telah sampai ke lokasi langsung dijamu dengan makan siang sebelum kegiatan berlangsung. Nuansa hotel yang unik dengan gaya ala pedesaan melengkapi suasana kebahagiaan pada kegiatan Kementrian Pariwisata, Biro Hukum dan Komunikasi Publik. 
Peserta dan Tamu Undangan  Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata (dok: pribadi)
Tepat pada pukul 14.00 WIB para peserta dan tamu undangan Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata, memasuki ruangan dan siap menyimak pemaparan dari para nara sumber. Suasana langsung mencair saat MC membuka dan menyambut dengan perkenalan satu dengan yang lainnya.
Ibu Tia membuka acara Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata (dok: pribadi) 
Pada kesempatan ini Ibu Tia dari Biro Hukum dan Komunikasi Publik membuka dan mengenalkan kegiatan dan program yang sedang/akan berlangsung, diantaranya telah diterbitkannya E-Magzine yang sudah bisa dibaca/diunduh lewat www.kemenpar.go.id selain itu Kementrian Pariwisata juga mengajak kepada blogger dan netizen untuk ikut berkontribusi dan berkolaborasi dalam menyebarluaskan Informasi Pariwisata lewat cerita destinasi daerahnya yang bisa dikirim dalam bentuk artikel, foto dan video atau ketiga-tiganya.

Dan ini merupakan peluang emas untuk para blogger dan netizen untuk mempublikasikan karyanya sekaligus mengekspos setiap potensi wisata didaerahnya masing-masing, dan tentunya bisa ikut turut membantu dan mendukung perkembangan serta pertumbuhan Pariwisata di Indonesia lewat potret dan karya terbaik yang bisa dikolaborasikan bersama Kementrian Pariwisata.
Kak Citra, Kementrian Pariwisata, Biro Hukum dan Komuniasi Publik (dok.pribadi)
Pada kesempatan ini pula Kak Citra dari Biro Hukum dan Komunikasi Publik-Kementrian Pariwisata menjelaskan proses dalam project E-Magazine Pesona Indonesia, mulai dari desain, cover dan dalam penyusunan artikel dan talent untuk mengisi setiap halamannya. Proses dalam project ini baginya sangat menantang dan sangat menyenangkan. Maka terciptalah sebuah karya dan inovasi dan Kementrian Pariwisata dengan hadirnya E-Magazine.

Untuk penerbitan E-Magazine sendiri dilakukan selama tiga bulan sekali di halaman website resmi www.kemenpar.go.id dan tentunya dengan adanya E-Magazine ini masyarakat lebih mudah untuk mengenal destinasi wisata dan beragam informasi lainnya. Tersedia juga halaman public figure, diantaranya Rosa dengan segudang inspirasi mengenai pariwisata.
Bapak Iqbal Alamsjah, Biro Hukum dan Komunikasi Publik-Kementrian Pariwisata (dok.pribadi) 
Tepat pada pukul 15.00 WIB di hari pertama Standarisasi Penyediaan Informasi Pariwisata, Bapak. M.Iqbal Alamsjah dari Biro Hukum dan Komunikasi Publik-Kementrian Pariwisata memaparkan tentang keterbukaan informasi publik, dalam hal ini Kementrian Pariwisata berkolaborasi bersama Blogger (Tau Dari Blogger) sebagai sarana penyebaran media informasi pariwisata. Dan tentunya bisa memberikan kontribusi terbaik untuk menyampaikan secara langsung kepada masyarakat luas dalam setiap program Kementrian Pariwisata.

3 Great Indonesia (dok.Pesona Utama-Majalah Ragam Pesona)
Pada kesempatan ini Pak Iqbal menjelaskan dalam strategi pengembangan destinasi dan pemasaran pariwisata, diantaranya tiga pintu masuk kunjungan wisatawan manca negara yang memiliki tertinggi dalam jumlah wisman dan jumlah kapasitas penerbangan langsung dari luar negeri ataupun aksesibilitas laut telah ditetapkan sebagai 3 Great Indonesia. Tiga Destinasi tersebut adalah Bali, Jakarta dan Batam (Kepulauan Riau)


Sejalan dengan strategi pengembangan destinasi dan pemasaran, Kementrian Pariwisata menjadikan tiga fokus destinasi menjadi mesin penggerak kunjungan wisman yang sangat efektif untuk mengejar target 20 Juta kunjungan wisman pada tahun 2019. Untuk itulah seluruh destinasi the great akan digencarkan promosinya di bawah branding "Wonderful Indonesia"

3 Great, Jakarta, Bali dan Batam
Dalam hal ini sektor Pariwisata tetap menjadi penggerak ekonomi nasional, maka dari itu Kementrian Pariwisata menetapkan Jakarta, Bali dan Batam sebagai pintu masuk penyumbang jumlah kunjungan wisman terbanyak di prioritaskan untuk dipromosikan dengan sebutan 3 Great. Meski yang dipasarkan adalah 3 Great, branding yang dipakai tetap Wonderful Indonesia atau untuk lokalnya Pesona Indonesia.

Dan merupakan suatu kebanggan bagi Indonesia mendapatkan apresiasi dunia sebagai World Halal Travel Award 2015. Merupakan salah satu pembuktian daya saing Indonesia dibidang Pariwisata, apresiasi ini merupakan kemenangan yang terencana.




You Might Also Like

5 komentar

  1. Keren abis acaranya euy, maju terus Pariwisata Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Oh jadi urang Garut kedah sareng urang garut calikna?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Pengalaman yang berkesan
    sukses utk Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
  5. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Pariwisata

    ReplyDelete