Ngobras: Ngobrol Bareng Sahabat "Kenali Manfaat 7 ION Untuk Aktivitas Sehari-hari"

  • Wednesday, March 30, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 1 Comments

Ngobrol Bareng Sahabat, membahas tuntas mengenai pentingnya minum yang sehat (dok.pribadi)
jangipan.com, Ngobras-Jakarta 29 maret 2016. Sudah Minum kah hari ini? Sudah makan atau sarapan kah hari ini? Yups, kedua hal itu sangat penting untuk kesehatan tubuh kita, secara tubuh membutuhkan asupan yang baik dan sehat, supaya memberikan manfaat yang baik pula untuk kesehatan kita. Tentu semua itu ditentukan oleh pola hidup yang kita lakukan sehari-hari.

Memang secara sadar atau tidak, kadang suka membiarkan diri begitu saja karena tuntutan aktivitas yang padat, sampai makan/sarapan pun di lewat bahkan lupa untuk minum. Yang sudah biarlah berlalu, untuk saat ini yuk ah membiasakan untuk pola hidup sehat dan bersih, yang sesuai dengan 4 pesan gizi seimbang: (1) Makan bervariasi, (2) pola hidup sehat (3) Pemantauan berat badan (4) Aktivitas fisik yang baik.

Yaaa, sebagai masyarakat urban dituntut untuk mengahadapi mobilitas yang tinggi dalam aktivitas sehari-hari dengan segudang pekerjaan, tak menutup kemungkinan demi menyelesaikan dan mengejar target apapun dilakukan dari pagi hingga malam hari. Maka dari itu untuk mendukung aktivitas kita dibutuhkan asupan makanan dan minuman yang baik.

Ngobrol seru bersama teman-teman media (dok.pribadi)
Pada kesempatan kali ini, saya beruntung banget bisa ngobrol seru dengan pakarnya dan berkumpul bersama dengan teman-teman dari berbagai Media Nasional, membahas seputar kesehatan dalam diskusi NGOBRAS (Ngobrol Bareng Sahabat) 

Forum NGOBRAS adalah forum kecil yang dibentuk oleh beberapa Jurnalis secara berkala, forum Ngobras akan mengadakan pertemuan membahas berbagai hal mulai dari Kesehatan, Pengasuhan Anak, Keuangan, Keluarga, Media Sosial, dan sebagainya. Dengan mengundang nara sumber untuk berbagi ilmu dan berbagai pengalaman, hasil diskusi ini akan dibagikan ke rekan-rekan media dan masyarakat umum lainnya melalui blog dan akun media sosial lain seperti twitter dan facebook. 
Bincang-bincang bersama nara sumber berkompeten (dok.pribadi)
Tema yang diangkat pada kesempatan ini adalah "Kenali Manfaat 7 ION untuk aktivitas sehari-hari"  Wings Food mengajak masyarakat kenali manfaat 7 Ion untuk aktivitas sehari-hari dengan menghadirkan nara sumber Dr. Elvina M. Sc, Sp. Gk, Ph. D, Direktur Micronutrient Intiative. Dr.Grace Tumbelaka, Sp. KO, wakil ketua perhimpunan dokter spesialis kedokteran olah raga dan Moderator Dr.Cindey. 

Pengalaman yang sangat berkesan dan tentunya mendapatkan ilmu yang banyak mengenai pentingnya minum dan pola hidup secara teratur, begitu juga dengan aktivitas yang sekarang saya hadapi terkadang selain menguras tenaga juga menguras pikiran yang super ekstra untuk menyelesaikan satu tugas, dan tentunya kadang tak terkontrol asupan tubuh yang di konsumsi. 
Dr.Elvina, M. Sc, Sp. Gk, Ph. D (dok.pribadi) 
Pada pemaparannya Dr. Elvina M.Sc,Sp.Gk,Ph.D menjelaskan Fungsi cairan dan minuman bagi kesehatan. Komposisi cairan didalam tubuh terdiri dari 75% interstisium dan 25% Intravascular Albumin yang keduanya terbagi kembali menjadi 67% BW K (kation) P (anion) Intacelullar, 33% BW Na (kation) K,Ca, Mg, CI, HCO3, Albumin (anion) Ektracellular.
Komposisi Cairan dalam tubuh (dok.pribadi)
Komposisi air pada tubuh manusia juga dipengaruhi oleh faktor usia serta komposisi lemak dalam tubuh yang terdiri dari, bayi 75% - 85% dari berat badan, laki-laki dewasa 65% dari berat badan, wanita dewasa 55% dari berat badan, lansia 50% dari berat badan dan obesitas 45% - 55 % dari berat badan.

Nah yang paling pentingnya lagi fungsi cairan bagi tubuh kita diantaranya untuk mengatur suhu tubuh, melancarkan aliran darah karena menjaga volume darah serta pengaturan sistim cardiovaskuler, membuang racun dan sisa makanan, membantu sistim pernafasan, menjaga kelembaban dan tekstur kulit, membantu sistim pencernaan dan penyerapan serta membantu berbagai proses metabolisme tubuh. 

Keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh kita berasal dari pola hidup yang sehat serta mengkonsumsi asupan makanan dan minuman yang baik dan sehat.
Keseimbangan cairan dalam tubuh (dok.pribadi) 
Pengeluaran cairan melalui urin, feses, kulit tanpa diikuti pengeluaran Na, air dalam sel masuk ke pembuluh darah lalu sel kekurangan cairan kemudian mengirim pesan ke otak sehingga timbul rasa haus. Begitu juga tubuh membutuhkan cairan yang optimal berdasarkan berat badan:

-Bayi: 150 mL/kg BB
-Anak: 50-60 mL/kg BB
-Dewasa: 35 mL/kg BB
-Wanita menyusui: tambahan 600-700 mL/hari dari kebutuhan air orang dewasa.

Dalam tubuh kita ada 2 faktor penyerapan cairan yang mempengaruhi penyerapan cairan yang kita minum untuk masuk kedalam tubuh:

-Kecepatan pengosongan dari lambung
-Rata-rata penyerapan cairan melalui dinding usus kecil

Dan perlu kita ketahui bahwa tubuh pun cepat merespon sehingga cepat terasa lemas atau lelah karena dehidrasi, derajat dehidrasi yang biasa kita rasakan diantaranya:

-Ringan (kurang dari 5% BB)
-Sedang (5-10% BB) 
-Berat (>10% BB)

Tipe dehidrasi:
-Hipertonik: hilang air lebih banyak dari Na sehingga kadar Na tinggi
-Isotonik: hilang air dan Na sama jumlahnya 
-Hipotonik: hilang Na lebih banyak dari air.

Terapi untuk dehidrasi (Rehidrasi) 
-Oral melalui mulut
-Infus (bila tidak dapat melalui oral) 
-Mengatasi penyebab dehidrasi: diare, muntaber, keracunan
-Keberhasilan Rehidrasi dinilai dengan jumlah produksi urin.

Kadar hidrasi bisa dilihat dari warna urin, untuk mengetahui kadar urin periksa kadar hidrasi berdasarkan warna: 
Kadar dehidrasi berdasarkan warna urin (dok.pribadi) 
adapun terapi untuk dehidrasi bisa dilakukan dan diketahui seperti berikut: 

*Pada keadaan normal dan ideal dengan aktivitas fisik minimal dan tidak keluar keringat kebutuhan air sebanyak 1500-2000 mL 

*Dehidrasi hipertonik: Cairan yang dianjurkan adalah air atau minuman dengan kadar Na yang rendah seperti jus buah (jeruk, apel) 

*Dehidrasi isotonik: Cairan yang dianjurkan selain air juga yang mengandung Na.

*Dehidrasi hipotonik: cairan yang dianjurkan sama dengan isotonik tapi dengan kadar Na yang tinggi.

Kategori minuman
-Air biasa
-Minuman hipotonik
-Minuman isotonik
-Minuman hipertonik

-Minuman Hipotonik, Hipo (atau "rendah") minuman mengandung kadar subtansi elektrolit rendah (Na) 
*Mudah diserap
*Mengandung kandungan karbohidrat rendah kandungan 2-3 gr of KH per 100 ml, contoh 2-3%

-Minuman Isotonik, Iso "sama" konsentrasi minuman sama dengan di dalam tubuh 
a.Penyerapan cairan yang cepat
b.Pengosongan lambung secara optimal 
c.Mengandung kadar karbohidrat sedang yang membantu menjaga kadar glukosa darah 
d.Biasanya mengandung 3-6 gr karbohidrat per 100 ml, contoh: 3-6%

-Minuman Hipertonik, Hiper "Tinggi" mengandung konsentrasi subtansi yang tinggi 
a.Pengosongan dari lambung lambat
b.Menekan pengambilan air dan menyediakan kalori tinggi untuk mengganti simpanan glikogen-biasanya mengandung 10gr karbohidrat per 100 mL, contoh: lebih dari 10% solusi karbohidrat.

Minuman yang biasa kita konsumsi memiliki manfaatnya tersendiri diantaranya: 

-Minuman isotonik
a.Biasa untuk mengganti pengeluaran dari keringat secara cepat dan meningkatkan suplai untuk karbohidrat 
b.Elektrolit seperti Na, K pada minuman akan menurukan produksi urin, dan pengosongan cairan dari lambung secara cepat dan meningkatkan penyerapan cairan dari intensial 
c.Cocok untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari.

-Minuman Hipotonik
a.Baik sekali untuk menggantikan cairan yang hilang dari keringat tanpa menambahkan kebutuhan karbohidrat..
b.Bisa digunakan untuk pengganti cairan pada waktu olah raga, untuk penyerapan di intensial yang lebih cepat.

-Minuman Hipertonik
a.Bagus sebagai minuman energi suplemen untuk seorang yang berolah raga berat dengan pengeluaran energi yang banyak 
b.Minuman energi ini tidak dapat digunakan untuk rehidrasi, karena  KH lebih dari 10% dapat memperlambat pengosongan lambung cairan menjadi hipertonik dan memperberat dehidrasi.

Banyak sekali manfaat minum untuk tubuh kita, mulai sekarang yuk biasakan untuk mejaga pola hidup secara teratur supaya kesehatan tetap terjaga dan terasa dengan baik. Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Ayo mulai dari kebiasaan sehari-hari dengan mengawalinya dengan sesuatu yang mudah.
Bapak Aristo Kristandyo-Group Head of Marketing Beverages Wings Food (dok.pribadi)
Pada kesempatan ini juga hadir Bapak Aristo Kristandyo, Group Head of Marketing Beverages Wings Food, memaparkan tentang minuman yang sehat dan siap saji, sebagai produsen yang telah terpercaya memproduksi makanan serta minuman yang sehat, kini untuk mendaptakn asupan minuman yang sehat dan bermanfaat tak perlu khawatir untuk mencari dan membuatnya, kini sudah bisa didapatkan dengan mudah serta praktis sesuai dengan keinginan dan kebutuhan asupan tubuh kita.
RTD Juice 2015 Market Value (dok.pribadi)
Dari segi industri, menurut Aristo Kristandyo, Group Head of Marketing Beverages PT Sayap Mas Utama, pertumbuhan bisnis minuman siap saji atau ready to drink (RTD) di Indonesia terus berkembang. Pertumbuhan paling tinggi yakni air mineral, diikuti teh siap saji, dan minuman lain (others). Porsi pangsa minuman isotonik masuk ke kelompok others, dan menempati 29% dalam kelompok ini atau setara dengan 268 juta liter di tahun 2015. Pertumbuhan minuman isotonik di tahun 2015 mencapai 6,2% di pasar tradisional. Dengan banyaknya pilihan di pasaran, konsumen harus pandai-pandai memilih minuman yang bermanfaat, yang memiliki 7 ion bagi tubuh kita per hari sebagai pelengkap gizi seimbang. 
Pemberian Piagam Penghargaan kepada Nara Sumber (dok.pribadi)
Usai sudah kebersamaan dan ngobrol seru seputar manfaat air untuk kebutuhan tubuh dan aktivitas sehari-hari, acara Ngobras ditutup dengan pemberian piagam penghargaan dari pihak Wings Food kepada nara sumber.
Pemenang Door Prize (dok.pribadi)
Dan yang tak kalah serunya lagi seperti biasa di penghujung acara selalu ada door prize yang selalu dinanti :) dan inilah para pemenang yang beruntung mendapatkan door prize dari Wings Food. Sampai jumpa di kegiatan yang lebih seru dan berkesan. Terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang sangat berkesan. 



Salam 
_jangipan.COM






You Might Also Like

1 komentar