3 Hal yang segera dibuat setelah Lulus SMA/SMK/MA

  • Thursday, April 14, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 1 Comments

Ngopi Manja Ala Kita-kita (dok.pribadi) 
jangipan.com-Ngobrol Seru, Selamat pagi..., salam bahagia dan selamat beraktivitas di pagi yang cerah ceria. Wahhh... tak terasa ya, untuk teman-teman SMA/SMK/MA UN nya telah selesai, pasti dong... rasa bahagia langsung terasa "Yes bebas tugas" benar kah seperti itu? Tapi ingat teman, jangan terlalu terlena oleh waktu yang membuai memanjakan dan menina bobokan, sehingga kita larut dalam kemalasan. Masih ada tahap selanjutnya yang harus kita hadapi setelah masa SMA dan seragam putih abunya dilepas, lalu seragam kesayangan kita yang setiap pagi menyapa, mau digantungkan kemana? 

Jangan sampai seragam yang kita pakai berujung pada Madesu (Masa Depan Suram) gara-gara tak tau arah tujuan kita setelah melepas masa-masa SMA, wohooo menyeramkan bukan? Supaya rasa suram dan rasa seram tak menyapa kita, alangkah baiknya segera mempersiapkan diri untuk bermetamorfosis menjadi manusia yang super unggul dan bisa lebih bermanfaat, supaya ilmu yang kita gali dan kita timba selama 9 tahun dari SD-SMA tak menjadi sarang laba-laba.

Yuk mulai dari sekarang, mumpung belum terlalu nyenyak dalam kemalasan, jangan hanya makan, tidur dan main saja yang dipikirkan, tapi sudah saatnya berpikir untuk menata masa depan yang lebih cerah, selama 5 tahun ke depan kita mau menjadi apa? Maka dari itu semua impian kita berawal dari hari ini, yuk mantapkan tujuan dan langkah yang sesungguhnya, mau kemana kita melangkah? 

Apapun pilihannya setelah melepas masa SMA, mau kuliah, kerja atau nikah? Itu semua ada di tangan teman-teman, pilihan kamu lah yang menentukan begitu pun masa depan semua berawal dari niat dan keyakinanmu teman :) Nah, untuk teman-teman yang mau melanjutkan kerja setelah lulus SMA, alangkah baiknya sambil menunggu kelulusan yuk persiapkan beberapa hal yang harus segera dibuat dan dimiliki saat ini juga, diantaranya: 

1.KTP (Kartu Tanda Penduduk)
Karena usiamu sudah 17 tahun lebih, sesuai dengan peraturan kependudukan bahwa kamu harus wajib memiliki KTP, maka dari itu yang belum memiliki KTP segera buat dari sekarang  yaaa, dari pada terus bersemayam di tempat tidur lebih baik gerak dikit ke RT/RW, Desa, Kecamatan dan Dinas Pencatatan Sipil untuk mengurus pembuatan KTP. Bagi yang sudah punya, bersyukur lah berarti satu tahap telah berhasil

2.SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) 
Nah, untuk menunjang keberhasilan kamu lulus seleksi mencari kerja atau kuliah kamu juga wajib punya yang namanya SKCK sebagai bukti catatan kelakuan baik, bahwa dinyatakan belum pernah melakukan tindankan atau pelanggaran apapun di kepolisian. Kegunaan SKCK banyak banget, pokoknya segera buat. Persyaratannya mudah kok cukup melampirkan Fotocopy KTP, Fotocopy Kartu Keluarga, Fotocopy Akta Kelahiran, Foto Ukuran 4X6 (3 lembar), Foto ukuran 2X3 (2 lembar) 

3.Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja)
Nah, kalau yang ini bisa dilakukan setelah penerimaan kelulusan, jadi kamu masih ada waktu kalau mau istirahat, karena untuk pembuatan kartu kuning/kartu pencari kerja dibuatnya di Disnakertrans (Dinas Ketenaga kerjaan dan Transmigrasi) atau dari pada diam diri tak karuan gak ada kerjaan, bisa cari-cari informasi mengenai pembuatan kartu kuning sekalin cari lowongan pekerjaan yang selalu tertempel di mading kantor Disnakertrans. Bismillah selama ada kemauan pasti akan selalu ada peluang baik untuk kita yang mau berusaha :) 

Setelah tiga hal itu selesai dibuat, segera buat surat lamaran kerja yang menarik dan cobalah masukan ke beberapa perusahaan yang menurut kamu cocok dengan bidang pekerjaannya. Jangan terlalu banyak menunggu karena saingan pencari kerja diluaran sana sangat membludak. Kalau terus berdiam diri akan terasingkan dengan kandidat pencari kerja yang lain dan akhirnya kamu bisa mati kutu kehabisan lahan untuk mengembangkan potensi.

Jadi, nunggu apa lagi? Ayooo segera bergerak dan gunakan kesempatan yang ada di depan mata, jangan hanya menjadi penonton setia, sudah saatnya kita lah yang menjadi pemeran utama di kancah hidup yang sesungguhnya. Ingatlah masa santai dan masa luang kita setelah lulus SMA hanya beberapa waktu saja, selebihnya masa yang menegangkan menghadapi segala tantangan yang ada di depan mata. Apakah masih mau mejadi penonton setia? Tanpa mau bergerak sedikit pun? Ada pepatah yang bijak mengatakan "Lebih Baik Kehilangan Masa Muda Dari Pada Kehilangan Masa Depan" 


Selamat Berjuang
Gapai mimpumu dan jadikanlah masa depan lebih indah dengan warna yang bisa kamu taburkan


Salam
jangipan.COM

You Might Also Like

1 komentar