Smesco Digipreneurday, Rumah Karya Untuk Generasi Muda Kreatif

  • Wednesday, April 27, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Smesco Rumahku, Galeri Indonesia Wow! (dok.pribadi)
jangipan.com-Smesco Digipreneurday, Rasa bahagia begitu menggebu-gebu ketika melihat email yang dikirimkan oleh panitia acara Smesco Digipreneyerday, bahwa saya terpilih untuk ikut serta menghadiri acara akbar yang diselenggarakan oleh Smesco Rumahku, Galeri Indonesia Wow dan Indoblognet.

Tanpa berpikir panjang saya segera mempersiapkan diri untuk mempacking semua kebutuhan selama dua hari di Jakarta. Yaa, perjalanan Garut-Jakarta sudah tak asing lagi saya lakukan, karena Jakarta adalah kota yang selalu menyimpan kenangan dan pengalaman yang luar biasa dalam merajut mimpi.. Termasuk pada kesempatan ini untuk ikut serta dalam perayaan Smesco Digipreneurday yang diselenggarakan selama dua hari, tanggal 19-20 April 2016 yang bertempat di SME Tower Smesco-Jakarta.

Hari pertama saya saya berkunjung ke Kantor SME Tower yang berada dikawasan Gatot Subroto No,94 Jakarta, sudah terlihat jelas sebuah kantor yang menjulang tinggi nan besar dengan ciri khasnya dengan bentuk kubah yang unik. Yaa, dengan semangat saya masuk dan meminta panduan kepada security yang ada depan receptionist, menanyakan seputar kegiatan dan tempat Digipreneurday, dengan ramah security-nya mengantarkan saya ke lantai dua.
Registrasi para peserta dan tamu undangan (dok.pribadi)
Alhamdulillah, setelah diantakan sama security ke lantai dua akhirnya bisa bertemu dengan kakak-kakak blogger lainnya, dan panitia acaranya pun sudah familiar banget, yaaa ada kak Sari Novita dan Kak Yuli, dengan wajar yang sumringah saya langsung menghampiri dan mengisi data peserta yang telah disediakan, seperti biasa saya segera mengabadikan momennya lewat bidikan kamera ponsel.
Smesco Digipreneurday (dok.pribadi)
Dihari pertama sangat berkesan disepanjang perjalanan menemukan beragam cerita, yang bahagianya lagi saya datang lebih awal, jadi makin puas keliling dulu mengabadikan momen seputar kegiatan Digipreneurday dan bisa lebih puas berinteraksi dengan para peserta yang hadir dan tentunya bisa sekalian silaturahmi dengan kakak blogger Jakarta yang lebih dulu datang ke acaranya.

Pada kesempatan pertama ini saya langsung tertuju kepada Photographer handal Bapak Ferry Ardianto, pada saat itu sudah siap untuk berbincang seru seputar dunia photography. Dalam hati saya langsung berkata "Yesss!! ini adalah ilmu baru yang harus saya gali lebih dalam mengenai dunia photography.
Bapak Ferry Ardianto, photographer (dok.pribadi)
Dalam bincang-bincang kali ini Bapak Ferry Ardianto mengungkapkan bahwa foto yang baik itu tak terbatas oleh media yang ada, selama media itu bisa mendukung proses pengambilan gambar/foto. Siapapun bisa menjadi photographer, apalagi untuk saat ini dengan adanya dukungan ekhnologi yang sudah berkembang pesat bisa mengabadikan sebuah momen dengan media yang sangat mudah, yaitu kamera smartphone.

Dan media publikasinya pun sangat mudah, bisa di unggah di media sosial yang ada saat ini yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Namun untuk membuat sebuah foto yang baik tentu tak hanya sembarang memotret dan mengambil gambar perlu kejelian dan konsep yang lebih matang serta proses pengambilan gambar yang tidak sebentar. Disinilah yang membedakan foto yang baik dan foto yang bagus.

Setiap orang tentu pasti bisa mengambil foto yang bagus dari setiap objek foto yang ada, namun tak semua orang juga bisa membuat sebuah foto yang baik dengan konsep yang bagus. Nah.. itulah pentingnya sebuah konsep dalam sebuah foto. Jadi Fotografi adalah seni berkomunikasi melalui gambar. Sudah tentu, supaya gambar bisa mudah disampaikan kepada masyarakat adalah harus memiliki sentuhan seni dan konsep yang baik.
Untuk apa kita memotret? (dok.pribadi)
Pak.Ferry juga bertanya kepada peserta yang hadir pada acara Digipreneurday, untuk apa kita memotret? Tentu setiap foto yang kita ambil memiliki tujuan masing-masing dan memiliki nilai dan manfaat yang bisa disampaikan kepada masyarakat dari karya foto yang telah kita buat. Dalam hal ini Pak.Ferry memaparkan, memotret memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi, promosi dan dokumentasi.

Disamping itu pula foto yang kita ambil harus memiliki gambar yang baik diantaranya, tercahayai dengan baik, terkomposisi dengan baik, menggugah rasa, mampu bercerita dalam bentuk gambar dan tentunya mengandung pesan yang lebih bak untuk disampaikan kepada masyarakat. Dari bincang-bincang seru bersama Bapak.Ferry Ardianto semakin seru dengan pembahasan mengenai fotografi yang saat ini menjadi trending topic digemari oleh masyarakat, terutama yang di unggah di media sosial seperti Instagram, facebook, twitter dan sederet media sosial yang dimiliki.
Kazan Band Performance (dok,pribadi)
Tanpa disangka-sangka setelah bincang-bincang seru dengan Pak.Ferry mengenai fotografi langsung dihibur oleh Kazan Band... wohoooo seperti mimpi saja, kok bisa? Yaiyalah secara kazan Band ini adalah Group Band yang sedang nge Hitz khususnya di Garut, awalnya saya dan teman-teman di Garut mengetahui hadirnya Band ini dari akun Youtube, lalu kepo-kepo di media sosial twitternya @kazanband eehhh di Smesco Digipreneurday ini saya langsung bisa melihat langsung dengan musik yang live 100% aaiihhhh bahagianya jadi maksimal euy...
rangkaian produk unggulan smesco (dok.pribadi) 
Sudah tentu pada acara Smesco Digipreneurday ini menghadirkan produk-produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia dengan kualitas yang bisa bersaing dipasar internasional. Seperti rangkaian produk kerajinan dari rotan ini yang hadir dari Kalimantan diantaranya Keranjang kursi, tempat kue, rantang susun, rinuh dan Tangsel MTF sedang.
Asbak dengan ukiran batik (dok.pribadi)
Produk yang ada di acara Digi Preneurday termasuk produk yang unik dan memiliki nilai seni yang kental, seperti halnya asbak ukir yang satu ini, dipadukan dengan sentuhan seni batik yang ada dipinggir-pinggirnya sehingga menciptakan sebuah produk yang memiliki daya tarik yang spesial.
Miniatur musik Sasando (dok.pribadi)
Nah, bagi penyuka musik daerah/penyuka alat musik tradisional sepertinya kurang lengkap kalau belum punya miniatur musik yang satu ini, ya miniatur musik Sasando dari Nusa Tenggara Timur ini ikut melengkapi produk unggulan Smesco.
Toples Kayu (dok.pribadi)
Produk Smesco yang mendominasi bahan kayu hadir melengkapi pada acara Smsco Digipreneurday, seperti Toples kayu yang satu ini ukiran batik dengan warna coklat menghiasi disemua sisi Toples dengan menghadirkan sentuhan baru yang ada pada Toples kayu yang satu ini. Mungkin diantara ribuan produk unggulan smesco yang hadir ada satu yang bisa saya simpulkan, yaitu produk Indonesia lebih keren memiliki nilai seni yang lekat dan selalu ada ciri khas daerah yang dibawa. Maka dari itu, mulai saat ini mari gunakan produk asli Indonesia dan bangga memiliki produk yag berkualitas, mari tumbuh kembangkan produk Indonesia kepada pasar dunia... :)
Smesco Digipreneurday (dok.pribadi) 
Yang paling serunya lagi di hari kedua Smesco Digipreneurday bisa menyimak para pakar media sosial, socialpreneurship yang bisa membuat perubahan untuk Indonesia menjadi leih baik lewat sentuhan internet dan media sosial yang ada saat ini. Diskusi panel pada kesempatan ini adalah Mr. Jose Ricardo Santos-CoFounder of bDigital.id, Mr. Andi Silalahi - Digital Practicioner, Mr.Bagus Rachman -SMESCO Director of Bussines and Marketing dan Mr. Andi Wiryawan - SMBs Bussines Owner.

Pada kesempatan ini dibahas tuntas mengenai pentingnya memiliki website untuk para pelaku usaha, yang bertujuan untuk mengenalkan produk secara cepat, mudah dan lebih luas jangkauanya. Dulu, mengapa masyarakat khususnya pelaku usaha takut untuk membeli dan memiliki website pribadi? Karena dulu hanya membuat website saja sangat mahal, tapi sekarang beda, siapapun pelaku usahanya bisa memiliki website untuk ajang promosi dan transaksi jual beli via online.
bDidital (dok.pribadi)
Pada kesempatan ini pula bDigital memberikan solusi untuk para pelaku usaha yang menginginkan akses usahanya lebih luas dengan penawaran dan pelayanan pembuatan website yang sangat terjangkau, dan tentunya dengan pelayanan yang lebih memuaskan mulai dari tampilan (desain) dan lain sebagainya. Dengan adanya pelayanan yang diberikan oleh bDidital bisa membantu mempermudah peran dan pelaku usaha dalam mengembangan dan menyebar luaskan informasi produk.

Untuk saat ini kolaborasi dan promosi adalah salah satu kunci sukses bagi para pelaku usaha yang ingin berkembang secara luas dan lebih dikenali oleh masyarakat, diantaranya selain memiliki produk yang berkualitas juga memiliki media promosi yang pas dan lebih mudah diakses yaitu website resmi milik pelaku usaha.

Begitu juga Rumah Smesco, memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha yang ingin mempromosikan produknya di Galeri yang telah disediakan, dan semua itu adalah GRATIS tak dipungut biaya apapun selama produk itu telah memiliki kelayakan dan lulus uji/seleksi barang masuk. Tentunya telah memiliki standarisasi P-IRT untuk produk UMKM yang ada disetiap daerahnya. Semoga dengan adanya acara Smesco Digipreneurday ini bisa membangkitkan semangat dan gairah para pelaku usaha yang tersebar diseluruh pelosok negeri.


Salam
www.jangipan.COM

You Might Also Like

0 komentar