Sentuhan Karya Desa Yang Mendunia

  • Monday, August 29, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Dok.Foto: Pribadi
Setiap daerah memiliki ciri khas yang kental dan erat dengan budaya yang lekat, banyak keunikan dan ragam khas yang melengkapi dan mewarnai dari setiap seni, karya dan rasa. Baik tempat wisata, kuliner, kerajinan dan  seni budaya. Begitu juga dengan Garut, Kota kecil yang menyimpan banyak potensi, kreasi dan seni.

Yaaa, Garut tak hanya identik dengan ciri khas kuliner dan oleh-oleh Dodolnya  saja, tapi kini Garut semakin dikenal dengan adanya kerajinan khas dari Akar Wangi, sebuah karya yang lahir dari pedesaan, sentuhan desa yang saat ini telah mendunia. 

Akar wangi tak hanya dijadikan sebuah olahan kerajinan tangan saja, melainkan banyak jenisnya seperti Minyak Akar Wangi, yang saat ini sedang menjadi primadona serbuan para wisatawan baik lokal maupun manca negera, ketika berkunjung ke Garut selain menyerbu untuk menikmati manisnya Dodol Garut, kini serbuan selanjutnya mencari koleksi kerajinan unik Akar Wangi.
Dok.Foto: Pribadi
Kerajinan Akar Wangi dikemas dengan berbagai bentuk dan seni yang indah, seperti alas meja, tempat alat tulis, jam, tikar atau dinding untuk mendekor ruangan (sesuai dengan kebutuhan), tempat pembuatan kerajinan Akar Wangi sendiri di Garut terdapat dikawasan Samarang dan Cilawu.

Kini untuk pemasaran kerajinan Akar Wangi tak hanya menjangkau masyarakat lokal dan Nasional saja, tapi sudah menjangkau hingga ke Pasar Internasional, dan ini telah membuktikan bahwa setiap karya yang terlahir dari Desa, walau hanya menggunakan alat yang sederhana, namun memiliki daya saing serta kualitas yang mendunia.

Produk lokal yang memiliki kualitas serta daya saing yang handal, tentu akan bisa menyesuaikan dengan pangsa pasar yang ada, serta akan semakin jaya dengan brand lokalnya. Kini saatnya yang muda-lah yang harus ikut serta menggencarkan promosi baik di jejaring media sosial atau media yang ada, guna untuk mengangkat serta menyebarluaskan informasi seluas-luasnya, bahwa produk lokal Indonesia-lah yang tetap menjadi primadona.

Tak sampai disana, untuk mempertahankan sebuah brand lokal agar tetap dikenal adalah menjaga kualitas dan terus berinovasi dengan berbagai seni dan sentuhan baru, , kita harus ikut serta menggali dan menciptakan inovasi dan kreatifitas yang fresh dan tetap natural.

Salah satu cara kita untuk ikut serta berkontribusi dalam menyerbarkan informasi mengenai produk lokal khas daerah adalah dengan melalukan terobosan baru, yaitu mempromosikan produk serta menyesuaikan perkembangan pemasaran, dengan membuka etalase digital atau yang biasa kita dengar dengan toko online (online shop).

Dengan adanya online shop ini semakin memudahkan para pelaku usaha untuk mengembangkan produk seluas-luasnya tanpa batas jarak dan waktu, sedangkan pemasaran produk tetap berjalan 24 Jam. Kebebasan bertransaksi dimana saja, kapan saja dan bisa dilakukan dengan berbagai cara untuk pembayarannya.

Begitu juga dengan kerajinan Akar Wangi ini, saat ini tak hanya di pajang di etalase manual, tapi sudah berinovasi mengemabangkan pemasaran lewat promosi online, baik dimedia sosial seperti twitter, facebook, instagram, dan sebagainya. Dan tentunya MatahariMall.com merupakan solusi terbaik untuk pengembangan pemasaran produk usaha kerajinan Akar Wangi. Apapun jenis usahanya dan dimanapun tempatnya, bersama MatahariMall.com semuanya bisa menjangkau dan mengakses lebih dekat dan bersahabat, karena MatahariMall.com solusi pertama untuk kita yang ingin dan sedang mengembangkan pemasaran produk yang lebih luas dan cepat.

You Might Also Like

0 komentar