Banjir Bandang, Sungai Cimanuk Mengamuk Menghanyutkan Garut

  • Wednesday, September 21, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 3 Comments

Luapan Sungai Caimanuk, menghanyutkan Garut Kota dan sekitarnya (dok.pribadi)
Info Garut- Ini merupakan peristiwa yang menimpa Garut pertama kalinya, Banjir Bandang-Sungai Cimanuk mengamuk menghanyutkan puluhan rumah disekitar kawasan sungai cimanuk, menurut informasi yang dihimpun dari masyarakat sekitar kejadian. Air sungai cimanuk meluap sekitar pukul 23.30. WIB yang pada saat itu memang sedang hujan deras mengguyur Garut kota dan sekitarnya.

Luapan air secara tiba-tiba dan dalam waktu yang sangat cepat naik drastis kepermukaan hingga sampai meluap ke jembatan Jalan raya sekitar RSUD Dr.Slamet Garut, jembatan Leuwi Daun dan jembatan Copong. Tepat pada pukul 01.00 WIB luapan air semakin meningkat dan menghanyutkan puluhan rumah beserta isinya.

Suasana ditempat kejadian masih dalam evakuasi dan arus sungai cimanuk masih besar, selain menghanyutkan puluhan  rumah juga kendaraan yang ada disekitar jalan terbawa luapan air sungai yang terjadi pada dini hari tadi.
Suasana Kejadian disekitar kawasan RSUD Dr.Slamet Garut (dok.pribadi) 
Beberapa rumah yang sempat saya abadikan tadi pagi disekitar kawasan RSUD Dr,Slamet, masih dalam evakuasi tim BASARNAS, relawan PMI Garut Kota beserta jajaran Kapolres serta Pemda Garut, ikut turun ke lapangan.
Lembaga Pendidkan SLB, yang dekat dengan sungai Cimanuk (dok.pribadi) 
Diantara pemukiman warga yang berdekatan dengan sungai cimanuk salah satunya lembaga pendidikan  Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ikut terendam banjir, untuk saat ini belum ada informasi siswa atau pengajar yang tewas atau luka-luka, baru informasi warga lapangan paris yang cukup banyak terseret banjir, diataranya ada yang luka-luka dan tewas, ditemukan di kawasan Cibatu Garut.
UGD RSUD Dr.Slamet Garut (dok.pribadi) 
Tak hanya pemukiman warga, lembaga pendidikan juga Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Slamet (RSUD Dr.Slamet Garut) pun ikut terendam, informasi yang saya himpun dari petugas rumah sakit adalah, dokumen berserta peralatan rumah sakit yang terendam dan saat ini sedang dalam pembersihan, sedangkan pasien di evakuasi ke lantai 2.
warga yang ditemukan tewas, berada ditempat RSUD Guntur (dok.Pribadi 
Hingga pukul 13.00 WIB informasi yang didapatkan dari petugas beserta TNI di RSUD Guntur, warga yang ditemukan tewas 15 orang yang terdiri dari anak dan orang tua, titik penemuan warga yang tewas diantaranya di kawasan Cibatu Garut Utara.
Data Warga yang ditemukan tewas, informasi dari RSUD Guntur Garut (Dok.Pribadi) 

Update terbaru, Rabu- 15.30 WIB kawasan Cimacan, Kp.Sudika Indah RW 13 Ds.Haur Panggung Garut.
Kawasan Cimasan, RW 13 Ds.Haur Panggung Garut (dok.pribadi) 
Info yang saya abadikan tadi sore pada pukul 15.30 WIB dikawasan Kampung Cimacan-Sudika Indah Ds.Haur Panggung Garut, Puluhan rumah disepanjang kawasan sungai cimanuk hanyut terbawa arus, dan beberapa bangunan baik rumah atau kantor pelayanan masyarakat roboh.
Beberapa fasilitas umum seperti mesjid ikut terendam banjir bandang (dok.pribadi) 
Fasilitas umum lainnya yang ikut terendam di kawasan Cimacan Kp.Sudika Indah Ds.Haur Panggung adalah mesjid, dan ini salah satu bangunan yang utuh.

BERSAMBUNG
(Info Selanjutnya akan segera di Update kembali)

..............................................................................................................................................................................
Note: Bismillah, jika teman-teman mau membantu dukungan untuk korban banjir bandang, bisa menyalurkan donasi melalui: 

Rek BNI: 0306357251 A.n Ipan Setiawan

Sebagai bukti transfer bisa dikirim resinya melalui WA: 088808311435

Dan Informasi serta laporan bantuan akan di update dan di rekap secara detail

Untuk mendapatkan laporan penyaluran bisa menyantumkan No.WA (Whats App)  
ke: 088808311435
............................................................................................................................................................................



You Might Also Like

3 komentar

  1. Itu asrama lapang paris pasti banyak banget ya rumah yang kebanjiran. Hiks. Semoga bencana ini cepat berlalu

    ReplyDelete
  2. #prayforgarut

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete