Bebas Lepas di Dunia Maya, Satu Kemudahan Dalam Satu Sentuhan

  • Saturday, September 10, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments


JI-Catatan, Banyak hal yang terangkum dengan manis, ada momen dan perjalanan yang sangat berkesan, ada pengalaman yang tak bisa dilupakan, dimana ada makna serta hikmah dibalik setiap perjuangannya. Yaaa, setiap orang tentu memiliki mimpi serta cita-citanya tersendiri, memiliki kisah dan tujuan yang sama, mengukir impian dan mewujudkan cita-cita mulia. Bagaimana dengan Kamu? Tentu sama pula dengan saya, memiliki rasa dan mimpi yang besar, serta semangat yang kuat untuk menempuhnya. Benar kah seperti itu? :) ;) 

Menulis adalah teman saya sejak SD, bisa dikatakan sebagai hobi yang sudah mendarah daging, catatan kecil dan pena adalah senjata ampuh saya untuk menulis dan menyimpan setiap momen dan sejarah yang indah. Begitu juga dengan kamu, pasti memiliki hobi yang berbeda atau sama? Apapun hobinya jika di olah dan terus diasah akan menjadikan sebuah prestasi. 

Sampai saat ini, saya masih tak percaya dengan hobi yang saya tekuni sejak kecil dulu, bisa mengantarkan saya seperti sekarang ini, hidup dengan hobi dan menjadi sebuah prestasi. Tentu, untuk menikmati pada posisi saat ini tidak lah mudah, ada proses dan perjuangan yang panjang dan sangat bermakna dalam setiap goresan cerita yang terukir dalam catatan perjalanan.

Awalnya hobi yang saya tekuni sampai saat ini tak mendapatkan respon dan dukungan baik dari dalam keluarga maupun dari lingkungan, seperti di pandang sebelah mata, mungkin hanya menulis saja dan tak bisa dipastikan kedepannya mau menjadi apa, selain menjadi penulis yang hanya duduk menyendiri, merenung di kamar dan terlihat seperti autis. Hmmm, ternyata prinsip dan pernyataan yang mereka pikirkan salah besar.

Saat itu saya tetap mempertahankan dan melatih kemampuan menulis, mulai dari menulis puisi, cerita pendek dan tentunya menulis dalam beberapa buku Diary yang sudah menumpuk. Sederhana saja pemikiran saya saat itu, "Jika saya bisa menulis dan terbiasa menulis, maka saya tak akan repot menulis apapun. Karena saya sudah terbiasa dan bersahabat dengan dunia tulis menulis"

Indah sekali, jika hobi bisa menjadi sebuah prestasi dan mengantarkan kita menjadi apa yang kita mau. Kekuatan pena dan tulisan adalah bagian dari segalanya, komunikasi dan aktifitas tergantung pada sebuah catatan yang kita tulis.

Tepat di tahun 2009 saat duduk di bangku kelas XI, lagi happening-happening-nya media sosial seperti facebook dan twitter, teman sekelas saya sudah banyak yang menggunakannya, hanya saya sendiri yang hanya melihat, pada saat itu saya belum mengerti kegunaan dan manfaatnya media sosial yang ada. Yang saya lihat saat itu hanyalah deretan foto-foto teman saya. 

Namun yang membuat saya tertarik pada saat itu adalah adanya notes/catatan facebook, yang bisa menuliskan beberapa kalimat, dari sana saya mulai tertarik untuk menggunakannya juga, perlahan-lahan meminta panduan teman untuk membuat facebook, awalnya coba-coba tapi kelamaan akhirnya malah ketagihan.

Tapi Alhamdulillah, ketagihannya juga dalam hal positif, setelah saya memiliki akun facebook akhirnya karya tulis saya lebih banyak di publish di catatan facebook, tak lagi menggunakan buku diary manual. Beberapa lomba yang diselenggarakan oleh perusahaan besar di facebook saya ikuti, berkah banget beberapa kali juga saya memenangkan lombanya. 

Setelah fasih menggunakan facebook, akhirnya saya penasaran dengan yang namanya blog, pada waktu itu saya mengenal blog dari halaman/rubrik khusus di sebuah majalah remaja yang mengulas semua para pengguna blog (blogger) bahkan ada yang paling hits pada saat itu adalah Raditya Dika dan Diana Rikasari sebagai seleb blog yang di tampilkan di urutan pertma halaman majalahnya.

Dari sanalah saya terinspirasi untuk membuat blog, tepat pada tahun 2010 saya memulai membuat halaman blog pertama. Bangku SMA kelas XI merupakan sejarah istimewa saya, bisa mengeksplore karya dan impian saya. Perlahan-lahan saya merasakan banyak manfaatnya dari blog itu, selain karya tulis saya bisa dibaca dan diakses oleh siapapun dan dimanapun, saya juga jadi makin banyak kenalan blogger dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya, setelah mengikuti blogger Nusantara yang diselenggarakan di Yogyakarta. Pada saat itu blog saya beralamat www.ceritaremaja.blogspot.com yang merangkum semua catatan kecil seorang pelajar.


Lima tahun sudah menekuni blog, dari tahun 2010-2015, banyak cerita, pengalaman dan kebahagiaan yang didapatkan dari blog selain ilmu juga banyak kejutan yang hadir, bisa jalan-jalan gratis, mendapatkan job review dan sederet keberkahan ngeblog lainnya.

Tepat di tahun 2015 setelah mengikuti berbagai acara dan pelatihan ngeblog akhirnya beralihlah menggunakan nama blog pribadi sebagai personal branding dari blog itu sendiri menjadi www.jangipan.blogspot.com tapi berhubung dari kakak-kakak suhu blog memberikan tips dan informasi, antara manfaat blog gratis dan blog yang sudah menggunakan TLD (Top Level Domain) akhirnya saya mengikuti arahan dan petunjuknya, setelah tanya sana-sini penting dan manfaatnya kalau menggunakan TLD.

di Tahun 2015 itulah blog saya menetap menjadi www.jangipan.com berkat support dari Qwords pada saat Festival TIK #FesTIK2015 di Bandung, tanpa berpikir panjang saya mematenkan nama domain itu, bismillah semoga selalu berkah sesuai dengan namanya Ujang Ipan (jangipan.com) ;) 

Dan ternyata betul, sebuah nama dan alamat blog yang mudah diingat sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan blog, baik pengunjung atau mempermudah mesin pencarian dalam melacak nama blog yang kita gunakan. 

Satu tahun bersama Qwords, banyak kenangan dan pengalaman terindah yang terbingkai dalam sejarah yang megah, dimana blog saya semakin dikenal dan bermanfaat untuk para pengunjung blognya. Walaupun blognya masih seumur jagung, setidaknya ada beberapa orang yang bisa termotivasi dan terinspirasi untuk menulis dan menumpahkan karyanya untuk di eksplore didalam blog. 

Alhamdulillah, dari hobi berbuah prestasi dan menuai keberkahan, lewat menulis dan mengakses berbagai informasi akhirnya selangkah demi selangkah impian saya terwujud, untuk menjadi seorang penulis. Minimal menjadi penulis blog untuk diakses oleh lingkungan sekitar.

Untuk saat ini virus menularkan kegiatan menulis dan ngeblog sudah merambah ke kalangan pelajar, mahasiswa, penggerak sosial, UMKM, dan dinas pemerintahan. Pelatihan menulis dan ngeblog itu saya lakukan secara bertahap satu minggu sekali dan tentunya dilakukan secara sukarela. Untuk saat ini sudah berjalan 9 bulan kegiatannya. Barokalloh, kebahagiaan jadi semakin bertambah, hobi yang sangat bermanfaat dan berguna untuk akses informasi saat ini dan tentunya bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini.

"Dan saya jadi semakin mantap untuk mengembangkan dan terus mengasah hobi yang saya miliki saat ini. Sebaik-baiknya hobi adalah hobi yang bermanfaat dan menjadi sebuah prestasi apalagi kalau berbuah materi"  :D :D xixixixi

Setiap orang tentu memiliki harapan, impian, cita-cita dan hobi yang unik. Apapun hobinya dan apapun harapannya, maksimalkanlah waktu yang ada serta isi dengan sesuatu yang bermanfaat. Pastilah hasil dan nilainya akan sebanding dengan apa yang dikerjakan dan diperjuangkan.


Salam Bahagia
Salam Sukses

_jangipan.COM

You Might Also Like

0 komentar