Yuk Serempak Menciptakan Konten yang Positif dan Informatif

  • Saturday, October 29, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 1 Comments

Awarding Nara Sumber,  Serempak,-Iwita-ICT4Woman (Dok.Pribadi) 
Ini merupakan kesempaan emas bagi saya, bisa ikut serta menghadiri undangan acara dari Serempak.id Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) awalnya pada saat membuka email pemberitahuan, saya sempat tak percaya, antara kaget mendapat suprise pemberitahuan dan rasa bahagia campur aduk menjadi satu. Bagaimana tidak percaya coba, secara peserta yang daftar untuk ikut acara ini sampai ratusan blogger, dan blogger yang daftarnya pun sudah Top Level Blogger

Diawal pendaftaran saya sempat pesimis, tapi dengan niat yang kuat ingin ikut dan bisa belajar bersama kakak blogger lainnya, akhirnya saya memberanikan diri dan ikut pengisi form pendaftaran, selang beberapa hari akhirnya, tralalala.....email pun masuk  dari Official Serempak.Id, dengan sigap saya buka, dan AKHIRNYAAAAA terpilih sebagai salah satu peserta yang bisa ikut acara akbar Serempak.id yesss, Alhamdulillah berkah :) ;)

Tak lama lagi setelah mendapatkan email konfirmasi, saya langsung mempersiapkan diri dan perlengkapan seperti biasanya kalau berangkat ke Jakarta, tas, camilan, catatan kecil (walaupun sudah ada gadget catatan manual perlu banget untuk corat-coret disepanjang perjalanan) dan sedikit camilan untuk di bis. 

Perjalanan Tasik-Jakarta telah ditempuh selama -+ 8 Jam termasuk kena macet yang maha panjang, akhirnya saya tiba juga di ruangan yang megah dengan ornamen unik dan sangat cantik, disekelilingnya dengan sentuhan seni lukisan dan kerajinan dari kayu sebagai penghias diantara dindingnya. 

Yaaa, undangan spesial ini diselenggarakan di Binus International University-FX Mall, 6th Floor, Jln,Jend,Sudirman. Untuk tema yang diangkat pada kesempatan ini adalah "The Power of Conten" tentunya menghadirkan para nara sumber yang kompeten dibidangnya, diantaranya ada: Kang Maman Suherman-penulis buku best seller, Kak Irwin Day-Praktisi IT, Kak Martha Simajuntak, SE. MM-Ketua Pokja  Serempak & Founder IWITA (Indonesian Women IT Awareness), Teh Ani Berta-Sosial Media Aktivis & Sekretaris Jendral IWITA dan Kak Ina A.Murwani, MM.MBA-Deputy Head of Marketing Binus Business School, Jakarta.

Dan tentunya, tepat pada tanggal 27 Oktober 2016 merupakan Hari Blogger Nasional, jadi kami sekaligus merayakan  dan syukuran bersama. Pada kesempatan ini terutama saya bisa menggali dan mendapatkan ilmu baru serta wawasan yang lebih luas baik dari dunia blogging maupun informasi seputar perempuan dan anak.

Topik utama yang dibahas pada acara ini mengenai program campaign Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yaitu membahas soal 3-ends: 

1.Mengakhiri Kekerasan terhadap perempuan dan anak

2.Mengakhiri Perdagangan Manusia
3.Mengakhiri Kesenjangan Ekonomi

Tak bisa dipungkiri bahwa pada saat ini, peristiwa yang terjadi dilapangan masih marak dan menjadi PR bersama untuk mengatasi dan mencari serta memberikan solusi yang tepat, diantaranya dengan tindakan yang cepat yang bisa kita lakukan yaitu membuat konten yang positif yang bisa memberikan edukasi dan informasi yang tepat, guna meminimalisir konten negatif dan bisa menyebarkan informasi seluas-luasnya.

Maka dari itu Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) bersama serempak.id mengajak untuk berkolaborasi bersama para blogger agar membuat konten yang positif dan informatif, dan merupakan kesempatan emas juga bagi teman-teman yang suka mengulas tulisan seputar dunia perempuan dan anak, bisa langsung di eksplore di websitenya serempak.id mari dukung gerakan pemerintah untuk Indonesia yang lebih baik, dan blogger adalah solusi pertama dalam menyebarkan informasi melalui tulisan yang kreatif dan informatif untuk mendukung gerakan dan program pemerintah dalam menyebarkan informasi ke masyarakat.

Menambah ilmu dan memperkaya wawasan di sesi presesntasi Ibu Ina, dalam presentasinyan beliau memberikan tips jitu untuk para blogger yaitu dalam menentukan tema dan topik yang jelas, serta menentukan target pembaca sampai pemilihan warta, logo dan tagline blog. Dan yang paling menariknya lagi, belaiu menjelaskan dengan detail arti dan makna dari sebuah warna untuk di kombinasikan dalam sebuah blog. Wow Amazing, disini saya jadi lebih paham, bagaimana supaya blog terlihat lebih menarik dan mendatangkan bayak pembaca, ya itu tadi harus bisa menciptakan sebuh blog yang hidup dan menentukan rule blog kita sendiri, juga memadukan antara tata letak dan warna yang akan digunakan dalam blog.

Setelah Sesinya Ibu Ina, barulah sesi yang di tunggu-tunggu, yaitu presentasinya dari Teteh Ani Berta, Srikandi Tekhnologi yang selalu menginspirasi dari setiap karya-karyanya, dan tentunya beliau adalah Kakak sekaligus guru yang selalu membimbing saya mulai dari pelatihan kelas Fun blogging dan sampai sekarang kata-kata mantra yang masih terngiang adalah "Konsisten dan terus mau belajar adalah kuncinya"

Teh Ani Berta juga dalam presentasinya membahas tentang kesibukan blogger yang sudah melebihi sibuknya para jendral, juga membagi tips bagaimana caranya supaya tetap konsisten dan bisa mengatur waktu, tentunya menjaga kredibilitas blogger yang sesungguhnya dengan membuat konten yang kreatif.










You Might Also Like

1 komentar