Japan Food Fest 2016, JETRO Hadirkan 5 Restoran Jepang Ke Indonesia

  • Wednesday, November 02, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 3 Comments

Peresmian,Pembukaan Japan Foof Fest 2016 (Dok.Pribadi) 
Hallo, adakah diantara teman-teman yang suka dengan sajian kuliner Jepang? Tentunya, ini merupakan informasi sekaligus suprise bagi para penikmat kuliner dan pecinta budaya Jepang. Pokoknya dari sekarang, siapkan diri untuk menikmati dan menampung kenikmatan dan mantapnya sajian Jepang yang akan menyambut dengan nuansa dan rasa yang melegenda dari Negeri Sakura.

Tanggal 31 Oktober 2016 kemarin, JETRO (Japan External Trade Organization) resmi membuka event spesial dibulan penuh cinta, dengan menghadirkan Japan Food Festival 2016 yang diselenggarakan di Kota Kasablanka-Jakarta. Pada kesempatan ini JETRO menggandeng 5 restoran ternama di Jepang diantaranya, Ringer Hut, Enokiya, Sushi Kaz, Fuzisan Taiyaki dan Menya Takeichi.

Yuhuuu, siap-siap dimanjakan dengan aneka rasa yang lezat dari setiap sajiannya yang ada di Japan Food Festival 2016, Sudah siap untuk menikmatinya? Tentu, jangan sampai ketinggalan ya, ajak semua sahabat, keluarga dan orang yang kamu sayangi untuk menikmati dan melengkapi hari bahagia bersama sentuhan kuliner Jepang yang mendunia.

Sebelum icip-icip makanan yang nikmatnya, alangkah baiknya kita tengok dulu yuk di setiap stand yang ada di area Japan Food Fest 2016, berikut ulasan singkatnya setelah saya icip-icip selama berkunjung kesana: 

Ringer Hut
Nagasaki Champon (Dok.Pribadi) 
Kalau mau menikmati sajian yang berkuah dengan paduan sayur segar dan olahan lainnya, kita bisa berkunjung ke stand Ringer Hut, disini menyajikan berbagai menu diantaranya Nagasaki Champon, merupakan produk dari Nagasaki-Jepang, hidangan yang terbuat dari sayuran, sayur tempura yang dimasak bersama dengan homemade sup dan homemade mie. 

Resto Ringer Hut didirikan pada tahun 1962, hingga saat ini di Jepang sudah ada 640 toko dan sudah membuka 11 cabang di luar negeri. Bagi teman-teman yang suka dengan olahan makanan Jepang yang berkuah, bisa di coba menu dari resto Ringer Hut ini. Mari makan yang hangat-hangat manja dipadukan dengan olahan sayur berkualitas dipilih dari bahan alami dan segar tentunya.

Enokiya
Dango Food (Dok.pribadi) 
Nah, ini dia... untuk kamu-kamu yang suka dengan sentuhan rasa yang manis, agak kenyak-kenyal dan memiliki cita rasa yang sangat istimewa, plus teksturnya yang lembut ditabur dengan cokelat dan keju, pas banget untuk berkunjung dan menikmati di resto Enokiya. Disini, bebas memilih pilihan rasa sesuai dengan selera, salah satu menu favorit saya adalah Dango. Yaaa, bentuknya yang bulat, kalau di Indonesia persis kaya cimol atau cilok, sama-sama bentuknya bulat dan kenyal. Kalau Dango ini dikemas dengan aneka rasa dan sentuhan olahan khas Jepang. Wajib coba!

Sushi Kaz
Sushi, Sajian Istimewa Khas Jepang (Dok.Pribadi) 
Holaaa, ada yang suka Sushi? sudah pasti dong, siapa sih yang gak kenal dengan makanan yang satu ini? Pasti sudah kenal dan familiar dengan namanya, secara makanan yang satu ini sering kita dengar dan kita lihat di beberapa tayangan acara TV. So, pasti bagi yang belum pernah merasakan, pasti penasaran kan? Makanya, segera berkunjung ke Japan Food Festival 2016. Nikmati sajian Sushi di resto Sushi Kaz. Makanan olah Jepang yang satu ini siap melengkapi sajian makan tambah nikmat. Siap-siap lidah terus bergoyang manjaaahhh.... ;) 

Fujisan Taiyaki
Taiyaki (Dok.pribadi) 
Bagi yang suka ngemil pas banget jika memilih makanan ringan yang satu ini, yups ini namanya Taiyaki menu andalan dari resto Fujisan Taiyaki. Makanan yang diolah dari bermacam-macam bahan, manisnya pasta kacang dari kacang merah dan susu dari asagiri yang penuh dengan nutrisi. Dan Fuji Taiyaki di Indonesia terdapat 3 menu, kacang merah, keju dan green tea. Soal varian rasa bisa dipilih salah satunya sesuai dengan selera atau bisa dicoba semuanya. Konon, di Jepang makan yang satu ini merupakan makanan khusus orang yang spesial jika telah lulus kuliah dan sebagainya, pasti dikasi makanan yang satu ini sebagai tanda penghargaan. Kamu juga bisa coba dan merasakan sensasi dari kenikmatannya.

Nah, setelah dimanjakan oleh berbagai jenis makanan yang lezat, tentunya saya masih banyak info yang ingin disampaikan kepada teman-teman semua. Selain makanan ada juga souvenir unik yaitu mata uang Jepang 5 Yen, mau tau seperti apa bentuknya? Tralalala.... seperti ini, unik kan? :) ;)
Souvenir Koin 5 Yen (Do.Pribadi) 
Souvenir koin 5 yen ini, menurut informasi yang saya dapatkan dari pelayan yang ada di stand Fujisan Taiyaki, bisa memberikan hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya, di Jepang koin 5 Yen ini dijadikan sebagai gantungan kalung atau dipakai sebagai gantungan kunci atau digantung di tas. Kalau dilihat secara detail memang sangat unik dan antik, untuk para kolektor benda unik, wajib punya nih koleksi yang satu ini.

Banyak hal yang bisa kita nikmati dan kita rasakan selama diacara Japan Food Festival 2016 ini, selain menikmati makanan khas Jepang, kita juga bisa mempelajari budaya Jepangnya dengan berkomunikasi langsung kepada koki/chef yang ada disetiap stand-nya. Seru banget deh pokokna, kalau gak mampir ke Japan Food Festival 2016 ini, pasti nyesel banget...,So, ayo datang dan nikmati sajian nikmatnya, manjakan diri dengan menikmati waktu saat ini di Japan Food Festival 2016...
Special Event (Dok.pribadi) 
Dan merupakan suatu kebahagiaan bagi saya bisa mendapatkan undangan spesial dan ikut serta merasakan secara langsung kemeriahan Japan Food Fest 2016, bukan hanya mengenalkan makanan Jepang saja, tapi menjalin networking di era pasar MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan tentunya Jepang-Indonesia bisa berkolaborasi menciptakan sebuah karya dan inovasi melalui sentuhan kuliner.

Salam
_Jangipan

You Might Also Like

3 komentar

  1. Aku nggak ngeh kalau banyak juga ya jenis makanan Jepang. Jadi lapar. Hihii

    ReplyDelete
  2. Iya beteul teteh, jepang selalu ada inovasi baru dalam meracik makanan yang higenis, yuk teh mampir kesana... :)

    ReplyDelete
  3. Keren amat tulisannya, sukaa.. Btw aku minta izin ya.. Mau pake foto ipan yg koin keberuntungan itu, nanti aku tulis kok sumber fotonya.. Makasih ya..

    ReplyDelete