Jelajah Green Indutsry 2016, Mengenali Lebih Dalam Potensi Geothermal Indonesia

  • Monday, November 07, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Jelajah Green Industry (Dok.Komunitas Wegi) 
Merupakan suatu kebahagiaan bagi saya bisa mendapatkan kesempatan emas yang diberikan oleh Komunitas WEGI untuk ikut serta dalam program kerennya bersama PERTAMINA, dimana nantinya akan mengulas lebih dalam mengenai sumber energi terbarukan dan mengunjungi beberapa tempat yang menjadi program CSR nya pertamina baik dibidang UMKM ataupun dibidang lingkungan. Wow keren banget, dan ini... tempatnya di Garut, masih di sekitar kawasan daerah saya tinggal. Jujur walapun saya asli dari Garut, kalau soal yang satu ini saya belum tau lebih detailnya hanya beberapa informais saja yang saya ketahui.

Maka dari itu, merupakan suatu kebanggaan juga untuk saya bisa ikut terlibat dalam aksi dan program yang istimewa ini, dimana saya akan lebih tau sumber dan potensi yang di kembangkan oleh PERTAMINA saat ini. Yups, kegiatan Jelajah Green Industry akan diselenggarakan pada tanggal 11-12 Nopmber 2016, yang bertempat di Kamojang Kab.Bandung. Tentu semakin menambah penasaran dengan keseruan yang akan dilaksanakan nanti selama Jelajah Green Industry 2016.

Sebelum mengetahui lebih dalam seputar Jelajah Green Industry dan Potensi Geothermal Indonesia, lebih serunya lagi kalau kita kenalan dulu dengan komunitas WEGI yang meberikan kesempatan spesial ini yuk... :) ;) 

We Green Industry (WEGI) adalah komunitas yang fokus dalam penerapan kaidah dan best praactices Green Industry oleh perusahaan di Indonesia sebagai bagian dari tanggung jawab sosial, dengan tidak hanya mencari keuntungan, juga aspek  masyarakat dan  lingkungan sekitar. 

Program utaman We Green Industry saat ini adalah wisata edukasi green industry melalui program ini perusahaan berbagi pengalaman pengelolaan lingkungan dan sosial masyarakat dalam mengimplementasikan komitmen Triple Bottom Line (Profit, Planet & People) sekaligus mengharap masukan dari komunitas sebagai salah satu stakeholders yang dapat memperkaya dan mengimplementasikan di perusahaan.

Komunitas We Green Industry merupakan komunitas terbuka, siapa saja baik perusahaan, kelompok interest maupun individu dapat berkiprah bersama-sama mewujudkan lingkungan menjadi lebih baik dan mendorong perusahaan menerapkan kidah Green Industry.

Nah, itulah selayang pandang mengenai komunitas WEGI, keren banget kan? Semoga dengan adanya pergerakan dan program yang dijalankan saat ini dan nantinya memberikan dampak yang lebih baik untuk lingkungan dan perkembangan yang bagus untuk setiap perusahaan dengan menciptakan etos kerja dan prinsip kerja ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Mengulas sedikit seputar energi terbarukan, kini PT.Pertamina menciptakan inovasi baru yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Panas Dalam Bumi (PLTP) merupakan pembangkit listrik yang menggunakan panas bumi (Geothermal) yang merupakan energi yang relatif ramah lingkungan karena berasal dari panas dalam bumi.

Dan ini merupakan sumber daya melimpah yang dimiliki oleh Indonesiaa, bersyukur banget Indonesia memiliki kekayaan alam serta sumber daya yang melimpah diantaranya Geothermal, salah satunya yang terdapat di Kamojang Kab.Bandung. Indonesia sendiri memiliki 40% cadangan panas bumi dunia, sumber energi terbarukan yang terbukti bersih. Potensi panas bumi (Geothermal) di Indonesia mencapai 29.000 MW.
(Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang: http://eksplorasi.id/wp-content/uploads/2016/08/PGE.jpg )
PERTAMINA merupakan perusahaan panas bumi (Geothermal) terbesar di Indonesia mengelola dan mengembangkan potensi sumber daya energi yang melimpah, seperti halnya di Kawasan Kamojang Kab.Bandung menjadi penerapan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Dalam Bumi (PLTP) yang telah mencangkup syarat sebagai daerah yang dapat memanfaatkan energi panas bumi (Geothermal).

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) unit V Kamojang dibangun oleh PT.PERTAMINA Geothermal Energy (PGE) ini merupakan bentuk optimalisasi pemanfaatan energi terbarukan sebagaimana oleh direktur hulu PERTAMINA, Muhammad Husen "Proyek dari PERTAMINA Geothermal Energy ini bagian dari tekad PERTAMINA mengoptimalkan pemanfaatan energi terbarukan, terutama panas bumi"

Yang lebih istimewanya lagi kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) ini akan memperkuat pasokan listrik di sistem Jawa-Bali. Vice President Corporate Communication PERTAMINA, Wianda Pusponegoro,  mengatakan " Kapasitas Listrik yang dihasilkan dari PLTP Kamojang sekitar 2 X 30 megawatt (MW)"

Sebelumnya, PERTAMINA melalui anak usahanya PT.PERTAMINA Geothermal Energy (PGE) menargetkan untuk dapat memproduksi listrik dari panas bumi sebesar 2.300 MW hingga 2025 WM, sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap upaya pemenuhan energi nasional berbasisenergi baru dan terbarukan.

Keuntungan dari energi panas bumi hampir tidak menimbulkan polusi atau efek gas rumah kaca, energi geothermal menghasilkan listrik sekitar 90% dibandingkan 65-75% pembangkit listrik berbahan dasar fosil. Indonesia merupakan negara dengan potensi panas bumi di dunia, pemanfaatan panas bumi menjadi listrik dapat membantu program pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi nasional.

(Pertamina Peduli terhadap kelestarian lingkungan:  http://touch.metrotvnews.com/read/2015/10/07/177843/melestarikan-sang-garuda-di-kamojang)

Begitu juga PT.PERTAMINA mendukung terhadap setiap pergerakan dan kelestarian lingkungan diantaranya Konservasi Elang Jawa bukti kepedulian PERTAMINA mendukung keanekaragaman hayati. Untuk menyelatkan kelangsungan hidup elang yang hampir punah PERTAMINA melalui anak perusahannya PT.PERTAMINA Geothermal Energy berkomitmen mendukung pelestarian Elang Jawa dengan membangun Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) di Desa Wisata Laksana, Kecamatan Ibun, Kab,Bandung Jawa Barat.

Bagaimaa? Seru kan?  Membahas seputar energi Geothermal, untuk informasi lengkapnya, nanti akan saya ulas lebih tuntas dengan observasi terjun langsug ke pusat dan titik utamanya. Sudah siap untuk menyimak keseruan Jelajah Green Industry 2016 bersama Komunitas WEGI dan PERTAMINA? Nantikan Live Post dan review perjalannya di timeline media sosial Komunitas  WEGI dan halaman jangipan.com ;)


Salam
_jangipan


Referensi:




You Might Also Like

2 komentar

  1. Hai Jang Ipaaan..

    Lama ga bertemu yaa, hahahhaa..
    Aseek main2 ke lemburnya jang opan euuy..
    Moga dilancarkan acara nanti ya.

    ReplyDelete
  2. ga sabar nih pngen cepet" tgl 11, pasti bnyak banget ilmu dan pengalaman yang bisa di dapet ya kang

    ReplyDelete