Sensasi Racikan Cumi Ngadangkak

  • Saturday, November 05, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 3 Comments


Cumi Ngadangkak, sesasi olahan segar masa kini (dok.Pribadi) 
Kalau bicara soal masakan pasti tak akan habis untuk diulas dan dicoba racikannya, karena setiap makanan memiliki cita rasa dan olahan yang beraneka ragam. Ya, termasuk olahan Cumi Ngadangkak ini, saya teliti dan saya kaji resepnya apa saja, lalu saya mencoba untuk menuangkannya dengan olahan bahan dasar cumi dan bumbu racik yang bisa ditemukan dipasar.

Masak itu sangat menyenangkan sekaligus mengenyangkan, makan di kafe atau resto boleh lah sesekali, tapi alangkah baiknya mencoba mengolah masakan sendiri, itu lebih seru ada kepuasan tersendiri dan asik tau, dan inilah yang saya rasakan saat ini, belajar menjadi koki sama dengan belajar untuk memantapkan diri, mengolah rasa dan menyajikan sesuai dengan selera, aahhh nikmatnya. Serius sungguh nikmat tak terkalahkan dengan masakan ala resto atau kafe-kafe :D #MenyemangatiDiri untuk fokus belajar masak :D #Hahaha 

Mengapa saya memilih untuk mencoba masak Cumi, karena selain mudah didapatkan di pasar plus bahan pelengkap masakannya juga tidak terlalu ribet, tentunya cara mengolahnya juga sangat praktis. Jujur, siapapun bisa membuat masakan yang satu ini, termasuk kamu juga wajib untuk mencoba dan merasakannya. Penasaran kan dengan rasanya? Siap, saya kan bagikan disini. 

Nah...nah..nah..., kenapa masakan ini diberi nama Cumi Ngadangkak? Ngadangkak disini mengandung arti dalam bahasa sunda artinya lebar, atau dalam arti lainnnya ngadangkak itu terlentang. Begitu juga dengan olahan cumi yang satu ini, cara mengolah cuminya dibersihkannya dengan cara disobek bagian pinggirnya dan ditaburi bumbu pelengkap untuk menghilangkan bau amis yang cukup menyengat, atau untuk menambah rasa sesuai keinginan didalam cuminya bisa diisi dengan irisan toge, bihun dan sayur yang bisa melengkapi rasa. 

Di Garut sendiri, masakan Cumi Ngadangkak ini bisa ditemui di kawasan Garut selatan atau Pamengpeuk, tepatnya di Pantai Santolo, ya disana banyak menyajikan olahan masakan laut dan menjual berbagai ikan segar dengan harga yang sangat terjangkau, yang serunya lagi sebelum dimasak kita juga bisa memilih ukuran cumi atau ikan sesuai dengan keinginan. Mantap banget deh pokoknya. Untuk teman-teman yang berada di luar kota boleh banget berkunjung ke Garut selatan sambil liburan plus menikmati sajian kuliner yang sangat menggoda.
Racikan Bumbu yang siap diolah bersama cumi (Dok.pribadi) 

Tralalala... ini dia resep dan bumbunya untuk sajian Cumi Ngadangkak, sensasi masakan masa kini tapi olahan bumbunya tetap menjadi ciri khas, karena menggunakan bumbu yang diracik dari bahan-bahan pilihan seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, daun salam, tomat dan cabe cengek. Untuk mengolah masakan ini saya langsung terjun ke pasar tradisonal Ciawitali, untuk membeli beberapa bahan yang akan segera diolah. Kenapa saya memilih pasar tradisional untuk mencari bahannya? Karena pasar tradisional menyajikan bahan-bahan yang sangat lengkap dengan harga yang sangat terjangkau dan kesegarannya masih bisa langsung dirasakan tanpa adanya bahan pengawet. :) :)

Yuk ah langsung praktikan jurus jitu untuk mengolah masakan istimewa Cumi Ngadangkak, berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

- 350 gram cumi basah
- 1 batang serai
- 2 lembar daun salam
- 1 jempol lengkuas
- gula dan garam secukupnya
- 3 butir bawang merah
- 3 buah kunyit
- 4 siung bawang putih
- kayu mansi secukupnya

Untuk bahan-bahannya sudah disiapkan? Yuk mari kita olah dengan cara berikut:

-cuci dan bersihkan cumi dengan menggunakan air hangat, kegunaan air hangat supaya cumi tidak lengket. Setelah dibersihan rendam cimi sekitar 15 menit bersama daun jeruk.
-tumbuk semua bahan bumbu sampai halus
-tumis bumbu yang sudah di haluskan sampai matang lalu masukan bahan pelengkap daun salam, serai, dan kayu manis.
-masukan cumi, aduk hingga rata bersama bumbu yang sudah dihaluskan, lalu beri garam dan gula pasir secukupnya. Tambahkan air 1 gelas aduk rata, biarkan cumi sampai terasa empuk.

Yesss, selesai.... racikan Cumi Ngadangkak siap dinikmati....
Cumi Ngadangkak siap dinikmati (Dok.pribadi)
Selamat menikati dan selamat mencoba olahannya. sajian Cumi Ngadangkak bisa dibawa untuk bekal ke kantor dan bisa juga di sajikan untuk pelengkap sajian makanan piknik. Dan tentunya untuk mengolah masakan yang satu ini sangat mudahdan bisa dicoba di rumah.... :) Dan berikut keseruan saat mengolah masakan Cumi Ngadangkak

Salam Mantap, Santap Nikmat
_jangipan


Jangan lupa untuk ikut serta, menyebarkan informasi wisata kuliner khas nusantara, dengan mengikuti lomba blog #JelajahGizi2016 bersama Sari Husada dan Nutrisi Untuk Bangsa. Untuk keterangan dan informasi selengkapnya bisa baca dan klik poster berikut. :) Salam bahagia....



You Might Also Like

3 komentar

  1. Cuminya gede-gede ihhh jadi pengen makan hehe.

    ReplyDelete
  2. lihat gambar paling atas jadi ngeces :)

    ReplyDelete
  3. Nama masakannya lucu... Cumi Ngadangkak... Wkwkwkwk.
    Olahan cumi tapi emang enak.. Kalau saya sih asal jangan masak hitam, bisa makan. Apalagi cumi yg gede-gede .. Kalau ga salah namanya sotong yak

    ReplyDelete