Jangipan Dotcom Sebuah Nama yang Mengandung & Mengundang Berkah

  • Thursday, December 22, 2016
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Menyimpan kisah dan sejarah engan tulisan yang indah (dok: 
Dibalik hangatnya secangkir kopi malam ini, mengingkatkan kembali momen-momen bahagianya dulu, saat pertama kali Ujang mulai ngeblog. waahhhhh, indah sekali saat itu, dimana ada perjuangan dengan semangat yang membara, mulai dari membuat sebuah blog di warnet dengan mengandalkan tutorial di majalah dan mbah Google, serta merasakan jarak tempuh dari sekolah ke warnet yang menacapai kurang lebih 5 KM, yang di tempuh dengan jalan kaki plus modal ke warnet dengan uang jajan sebesar Rp.5.000/2 jam.

Yaaa, bahagianya perjuangan saat itu sangat berkesan dan tak akan terlupakan, itu adalah bagian sejarah terindah dalam perjalanan ngeblog, kisah dan sejarahnya akan selalu tersimpan di sepanjang jalan kenangan. Yaaa, Ujang masih ingat saat-saat itu. Pertama kali Ujang mengenal blog pada tahun 2011, saat Ujang masih duduk di bangku kelas 2 SMA. Dengan alamat blog pertama www.kreasiasik-sunflowers.blogspot.com (panjang banget kan? Rel kereta pun kalah 😀)

Seiring berjalannya waktu, blog Ujang mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat baik, karena Ujang memberikan asupan gizi yang seimbang di dalam blognya, mulai mengisinya sebuah postingan ringan yang Ujang isi mulai dari puisi, curahan hati seorang pelajar saat itu dan sederet tulisan yang terbesit didalam pikiran Ujang, sayang sekali kan, jika ada ide tak segera di tuliskan? Maka dari itu Ujang selalu membiasakan untuk menuliskan dalam catatan kecil atau dibalik buku pelajaran, setelah menjadi beberapa paragraf di salin ke blog. Dan itu Ujang melakukannnya secara terus menerus hingga catatannya penuh, walau ujungnya Ibu dan Bapak Guru selalu megomel jika buku catatan disatukan dengan tulisan lain 😃 Mohon maaf karena pada waktu itu masih terbatas buku catatannya 😉

Dan setelah memiliki blog Ujang mulai mengikuti kegiatan Kopdar Blogger, pertama kali Ujang mengikuti acaranya di Bandung, tema yang diangkat pada waktu itu adalah Ngumbar Onliner. Dari setiap acara kopdar blogger itu lah Ujang selalu mendapatkan ilmu baru dan wawasan mengenai dunia blog.
Kopdar pertama di Bandung, pada tahun 2011 (dok.pribadi) 
Pada kopdar blogger pertama ini bintang tamunya @poconggg Arief Muhammad, penulis buku poconggg juga pocong, serta beberapa komunitas Bandung yang di undang. Dari sinilah Ujang mengetahui secara luas tentang dunia blog dan bertemu dengan blogger senior yang sudah kece di bidangnya. Begitu juga dengan Ujang jadi makin semangat buat nulis di blog.


Dan di tahun 2014 semangatnya semakin berkobar, dan kesempatan untuk menggali ilmu blog semakin besar dan berkembang juga, di Tahun 2014 ini Ujang ikut berbagai acara di Jakarta, dan Alhamdulillah tempat untuk belajar dan mengeksplore karya semakin terbuka dengan mengikuti kelas #FunBlogging4  setelah mengikuti kelas ini Ujang jadi semakin tau bagaimana cara menulis dan memposting blog yang lebih keren, mulai dari pemilihan judul, penulisan setiap paragraf sampai menciptakan blog yang enak dilihat, enak dibaca dan mudah di cerna oleh pembaca.

Dari ilmu yang didapatkan di #FunBlogging4 blog Ujang perlahan-lahan di tata dengan rapi. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan, tampilan blog jadi terlihat elegant dan postnya juga tak acak-acakan. Tak hanya itu, di kelas ini juga di bahas mengenai pentingnya membangun personal branding untuk blog pribadi, untuk memudahkan pembaca mengenal blog kita, moga-moga menjadi fans setia untuk selalu mengunjungi blognya 😉

Dari tahun 2011-2014 Ujang menggunakan platform blog gratisan, namun setelah Ujang wara-wiri kesana kemari mengikuti berbagai kegiatan blogging, akhirnya ada yang memberikan saran untuk beralih menggunakan domain pribadi, supaya lebih mantap dan tentunya lebih mmeudahkan mesin pencari Google, intinya suapaya gampag di detect dimesin pencarian, baik itu post artikel atau blog update.

Dan ternyata benar. Dalam waktu yang sangat singkat, pengunjung dan statistiknya terus naik, tentunya lebih rajin postnya plus lebih peDE  ngeblognya. Dengan menggunakan domain dotcom blog Ujang pun semakin berkah, statistiknya bertambah dan blognya pun bertambah berkah dengan hadirnya www.jangipan.com ini. 😉

Yang perlu teman-teman ketahui manfaat beralih dari platform blog gratisan menjadi domain sendiri baik dotcom atau dotnet adalah statistik pengunjung blog akan meningkat, mempermudah mesin pencari untuk menemukan blog kita dan tentunya personal branding blognya lebih mantap. selain itu blog kita jadi terlihat profesional tinggal diperkuat dengan konten yang berkualitas. Kalau untuk konten post blog, seiring dengan berjalannya waktu sambil terus belajar akan mengikuti.

Domain dotcom atau dotnet selain untuk personal branding blog kita, juga sangat bermanfaat untuk membuat toko online sebagai etalase produk yang ingin di promosikan. Dan tentunya lebih efektif dan memiliki lebih luas pangsa pasarnya, atau buat kamu yang memiliki komunitas, sebagai akses informasi onlinenya bisa juga dibuatkan blog yang di domainkan baik dotcom ataupun dotnet supaya lebih profesional dan memiliki laman yang mudah diingat dan bisa dikunjungi kapan saja bila dibutuhkan.

Nah, itulah manfaat menggunakan domain dotcom atau dotnet, semakin memberikan kemudahan dan jangkauan yang lebih luas tentunya serta bisa mendukung aktifitas dan melancarkan semua rutinitas dalam pekerjaan atau hobi.

You Might Also Like

0 komentar