Atur & Kelola Tabungan Pendidikan Lebih Bijak

  • Wednesday, March 01, 2017
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Tabungan Pendidikan, rencanakan pendikan yang lebih matang untuk masa depan yang lebih bermakna (Dok.IkaWulandari)
Haloo, Salam semangat dan selamat beraktifitas teman-teman, bagaimana kabarnya untuk hari ini? Semogaa sehat selalu dan diberikan kelancaran dalam setiap aktifitasnya dan tentunya bertabur berkah yaa, amiin... Oh iya... bagaimana dengan kamu juga yang sedang Ujikom (Uji Kompetensi) disetiap sekolahnya? Lancar dan sukses ya Ujikomnya, cieee yang sebentar lagi mau UN (Ujian Nasional) Yups, sudah sampai dimanakah untuk persiapannya? Tetap semangat dan tetap matangkan ya, supaya mendapat nilai yang bagus.

Nah..nah..nah... sudah ada rencana kah untuk dilanjutkan nanti setelah lulus? Sudah ada bayangan kah mau di teruskannya ke Universitas mana atau keperguruan tinggi mana yang ingin kamu lanjutkan? Apapun Universitas dan Perguruan Tingginya, yang penting ada niat dan kemauan serta perencanaan yang matang. Betul? Yesss, Yoyoy...kira-kira sudah ada berapa rupiah kah di dalam tabungan kamu untuk biaya kuliah? Hmmmm, kenapa ujang nanya seperti itu, karena supaya lebih maksimal dan tentunya tak terlalu memberatkan orang tua lagi dalam urusan biaya kuliah, dan sekarang giliran kamu yang mematangkan dalam perencanaan perkuliahan, orang tua cukup tau saja bahwa kamu sudah diterima dan masuk di Universitas impianmu, plus sudah maksimal juga dalam pembiayaannya. Nah seperti itulah maksud ujang πŸ˜‰

Apaaaa? Sepertinya ujang merasakan aura yang berbeda setelah teman-teman baca postingan ujang yang satu ini, kalian mengernyitkan kening, karena masih bingung juga menentukan universitas mana yang akan kamu pilih dan tabungan untuk melanjutkan pendidikan masih kosong. Waduuuhhh? Eitsss... tenang-tenang gak usah panik dan pusing karena hal yang satu ini. Masih banyak cara dan jalan untuk menuju mimpimu.

Kalau jawabannya masih bingung mau melanjutkan pendidikan ke Universitas mana, karena pilihanmu terlalu banyak dan semua universitas memiliki jurusan yang kamu mau, kamu tinggal bertanya lagi pada dirimu sendiri, dibidang mata pelajaran apa yang menjadi kemampuanmu? Dan Apa hobi yang mendominasi dirimu? Contohnya, Jika kamu memiliki kemampuan di bidang desain grafis dan suka nulis atau pandai berbicara, coba kamu pilih universitas yang yang memiliki jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) atau jurusan Jurnalistik, Humas dan sebagainya. Gampang kan? Jadi gak perlu ribet milih universitas. Intinya bukan soal terkenal atau favoritnya universitas, melainkan universitas mana yang mampu menampung kreatifitas dan kemampuamu, sudah itu aja. Simpel kan? 

Lalu, kalau masih bingung di soal biaya untuk melanjutkan kuliah, gampang kamu tinggal nabung aja dari sekarang, masih ada waktu kok, walaupun tinggal beberapa bulan lagi untuk menuju detik-detik UN dan masa pelepasan putih abu-abu. Lebih baik nabung dari sekarang dari pada tidak sama sekali, lumayan kan buat membeli formulir pendaftaran dan biaya lain-lain selama masa pra-kuliah. Syukur-syukur ada rezeki lebih untuk semua biaya pra-kuliahnya, amiin. Nah...kalau biaya kulihanya nanti bagaimana? Tetep aja terus nabung, toh biaya kuliah gak mesti 100% LUNAS pada saat masuk kuliah, biasanya beberapa universitas memiliki kebijakan masing-masing dalam pembayaran dan pelunasan biaya kuliah, bisa dicicil beberapa periode. 

Dan jika kamu bisa mencari peluang, itu lebih  bagus, misalnya cari informasi mengenai beasiswa di universitas mana yang ingin kamu masuki dan jenis beasiswa yang ditawarkan di universitas tersebut. Nah, inilah kesempatan kamu lebih besar, tapi tetap menabung itu wajib dan jangan sampai dilupakan, karena sekecil apapun tabungan yang kamu simpan bisa menjadi aset yang sangat berharga jika diperlukan dalam keadaan mendadak.

Nah, berikut langkah mudah untuk menata tabungan pendidikan supaya lebih matang dalam perencanaan nanti. Tentunya kita lebih mudah mengatur keuangan tak kebablasan jajan yang membludak 😁 Ujang sarankan teman-teman nabungnya di Bank, kenapa harus di Bank? Karena sudah terjamin aman, bank sudah memiliki jaminan resmi dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) yang lebih pentingnya lagi kalau nabung di Bank semuanya tercatat dengan rapi mulai pemasukan dan pengeluarannya. Kita juga lebih praktis dalam melakukan transaksi, apalagi untuk saat ini hampir semua universitas untuk melakukan pembayaran pendidikan sudah dilakukan via Bank yang bekerja sama dengan universitas yang bersangkutan.

Untuk memilih jenis tabungan pendidikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita, dan setiap Bank memiliki jenis tabungan pendidikan masing-masing ada yang berjangka dan ada yang tidak, nah Ujang sarankan teman-teman memilih tabungan pendidikan yang berjangka supaya tabungannya utuh dan tidak diambil disaat yang tidak tepat πŸ˜€πŸ˜€ Saat ini semua rencana pendidikan dan impian tetap ada ditangan masing-masing, siapapun yang ingin sukses disaat nanti rencanakan mulai saat ini juga, segera tata keuangan dan kelola dengan bijak.


Salam Bahagia
〆jangipan

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kita yang kerja juga tetap harus menabung nih, buat kebutuhan tak terduga tuh yang paling penting. :D

    ReplyDelete