Ayo #DukungGERMAS dimulai dari diri sendiri

  • Saturday, April 22, 2017
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Pola & Gaya Hidup Sehat, Dukung GERMAS (Dok. Pribadi)

Bandung, 21 April 2017. Dear teman-teman semuanya, saat ini ujang mau berbagi informasi sehat ala-ala anak muda saa ini, wohhh? Seperti apakah itu? Kok ala-ala anak muda saat ini? Cieee pasti pada penasaran kan bagaimana tips & triknya? Makanya tetep simak post-nya sampai tuntas yaa 😉  

Merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi ujang dan teman-teman blogger Garut, bisa ikut serta dalam acara spesial dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, yang diselanggarakan di Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung. Tema kegiatan yang diangkat mengenai kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
Narasumber #DukungGermas Kemenkes RI (dok: pribadi) 
Dalam acara spesial ini dihadiri oleh Bapak Oscar Pribadi-Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan RI, Bapak Uus Sukmara-Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dan Ibu Nina Marosa-Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bandung. Dan tamu undangan dari blogger Jawa Barat (Bandung, Cianjur, Indramayu, Sumedang & Garut)

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dipelopori oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, mengajak segenap masyarakat untuk memulai pola dan gaya hidup sehat dari hal yang mudah dan dimulai dari aksi individu, keluarga, akademisi, dunia usaha dan organisasi masyarakat lainnya, untuk menerapkan aksi hidup sehat dengan cara:
1.Melakukan Aktivitas Fisik
2.Mengkonsumsi Buah & Sayur
3.Tidak Merkok
4. Tidak Mengkonsumsi Alkohol
5.Memeriksa Secara Rutin
6.Membersihkan Lingkungan
Bentuk kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) jika dimulai dari saat ini, dimulai dari diri sendiri dan ikut andil menginformasikan kembali kepada masyarakat secara luas, pasti akan terwujud Indonesia Sehat. Yuk, lakukan saat ini juga!

Gaya hidup masyarakat saat ini dengan adanya akses yang sangat mudah untuk menunjang berbagai kegiatan, kebutuhan dan aktivitas saat ini, terkadang semakin dimanjakan dan malas bergerak apalagi olah raga, sepertinya sangat jarang dilakukan. Benar kah seperti itu? Yaa, hal kecil sering kali membuat masalah baru, jika dibiarkan perlahan-lahan juga akan membesar dan berdampak pada kesehatan tubuh. 

Dulu, sebelum adanya kemudahan berbagai layanan pesan antar, untuk membeli kebutuhan apapun tinggal jalan saja, entah ke warung terdekat atau ke supermarket/minimarket yang sekiranya mudah dijangkau dengan jalan kaki. Tapi untuk saat ini? Mau beli apapun ujung-ujungnya touch aplikasi yang ada di smartphone, dengan alasan MAGER (Malas Gerak) nah hal kecil seperti inilah yang mengawali dampak terganggunya kesehatan. 
Bincang-bincang Kemenkes RI #DukungGermas (Dok: Aprinda RM)
Dalam Bincang-bincang Urang Bandung #DukungGermas, Bapak drg.Oscar Primadi, MPH mengatakan "Penyebab utama dari beban penyakit mulai tahun 1990-2015 diantaranya pola dan gaya hidup masyarakat yang tidak teratur" 

Pola dan gaya hidup yang mempengaruhi gangguan kesehatan masyarakat saat ini diantaranya, jarang aktivitas fisik, jarang mengkonsumsi buah dan sayur, mengkonsumsi makanan gorengan dan berlemak, minum-minuman bersoda, malas, merokok, dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Akibat yang ditimbulkan akan berdampak pada obesitas, gangguan pencernaan, kanker paru, jantung, stroke, dan kematian.

Maka dari itu, sudah saatnya kita bersama-sama membiasakan pola hidup sehat secara teratur, dan mendukung gerakan  masyarakat hidup sehat dimulai dari lingkungan terdekat. Cara sederhana yang bisa dimulai dari saat ini, mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami, mengurangi makanan dan minuman yang instan serta menjaga kebersihan lingkungan.
Fokus Kegiatan 2017 Kemenkes RI (Dok: Aprinda RM) 
Fokus Kegiatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk tahun 2017, mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) diantaranya, melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, serta memeriksa kesehatan secara berkala.
Tujuan GERMAS (Dok: Aprinda RM) 
Adapun tujuan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) agar masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak pada terjaganya kesehatan, mengurangi biaya untuk berobat, lingkungan bersih, dan produktif.

Yuk, tingkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dimulai dari diri sendiri dan menerapkannya dalam setiap aktivitas. Dan tentunya sebagai generasi muda sudah saatnya memberikan yang terbaik untuk lingkungan sekitar. Sudah siap untuk memulainya dari sekarang? Lupakan pola hidup yang lama dan mulai saat ini untuk menciptakan hidup yang lebih sehat.
Dukung Germas Kementrian Kesehatan RI (Dok: pribadi) 
Sebagai bentuk kepedulian dan sosialisasi mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kementrian Kesehatan RI dan teman-teman blogger gencar mempublikasikan informasi lewat jejaring media sosial. Kampanye ini diharapkan masyarakat lebih peka terhadap pola dan gaya hidup sehat dan mampu menyebarluaskannya kembali kepada lingkungan sekitar. 



You Might Also Like

2 komentar

  1. masyarakat memang memiliki peranan penting dalam mendukung GERMAS dan penekanan penceghan terhadap penyakit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget Bang Iky, myuk ahhhh ambil bagian dari kampanye hidup sehat bang ky :) ;)

      Delete