Nabung Lebih Aman & Untung, Karena Ada LPS

  • Tuesday, April 04, 2017
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Ayo nabung dari sekarang, dan hemat pengeluaran (dok: Bnabung)
Saat ini ujang jadi pengen nostalgia masa kecil dulu, merengek minta dibeliin celengan ayam yang terbuat dari tanah liat, sebelum dibeliin terus merengek sekencang-kencangnya, sampai mamah panik nyariin, dan alhamdulillah dapat juga berkat usaha keras mamah nyari di Pasar Induk Ciawitali Garut. Dan setelah punya celengan ayam, ujang rajin ngumpulin uang recehan, setiap ayah atau kakak ada uang kembalian dari warung langsung ujang minta secara paksa untuk dimasukan kedalam celengan kesayangan ujang. 

Hingga akhirnya terisi secara penuh selama satu tahun, dan ujang masih ingat ketika buka celengannya pas malam takbiran Idul Fitri, subhanalloh indah dan bahagia banget saat itu, beli baju baru dengan uang receh satu keresek kecil berwarna hitam. Sampai pelayan tokonya geram menghitung recehan yang menggunung.

Dan sepertinya kebiasaan ujang menabung sudah tertanam sejak kecil, hanya saja untuk saat ini lebih rajin nabungnya di kantin atau kalap beli barang-barang koleksi untuk melengkapi hobi yang ujang suka, dengan begitu juga masih ada tantangan untuk menabung supaya lebih terjamin apa yang ujang mau, gak keteteran kalau ada sesuatu yang mau dibeli. Tapi wajib diperhatika juga ya teman-teman, mana yang lebih didahulukan dan mana yang mesti ditunda dulu. Supaya lebih maksimal dalam mengatur alur keuangannya. 
Tepat hemat menyimpan recehan (dok: hematuang)
Dan perlu diingat ya teman-teman, kita jangan pernah menyepelekan uang recehan, dari pada berserakan dimana-mana, entah itu recehan dari kembalian di warung, kembalian angkot dan sebagainya, mendingan dikumpulkan di celengan atau tempat yang bisa menampung reecehan, karena recehan yang terkumpul dengan rapi kalau banyak bisa menambah pundi-pundi tabungan kita lhooo 😉

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menabung dan meningkatkan pundi-pundi tabungan, diantaranya bisa dengan bisnis di sekolah, entah itu mau jualan pulsa, alat tulis atau ikut serta membantu Ibu kantin. Lebih kerennya lagi kalau punya produk sendiri baik makanan ataupun jenis karya kreatif lainnya yang bisa dijual dan menambah investasi serta tabungan.
Tahan belanja yang berlebihan ( kapanlagi.com)
STOP!!! Belanja yang berlebihan, jangan sampai kalap dengan barang yang sekiranya gak terlalu dibutuhkan ya teman-teman, biasanya kalau sudah nyaman belanja lupa akan kantong yang terus melorot dan ujungnya billing atau struk belanja membludak, kalau sudah gitu kita sendiri kan yang berabe? Masih mending barang yang kita beli bisa dijual dengan harga yang lebih atau sama, nah ini beli barang yang bisa menyusut kalau dijual lagi? Maka dari itu, kita harus lebih bijak mengatur kemauan dan kebutuhan yang sekiranya menjadi kebutuhan yang sangat urgent.
Catat Pemasukan dan pengeluaran keuangan dengan rapi (dok: encrypted
Jangan lupa setelah menerima gaji, honor, uang jajan, ataupun uang pemasukan lainnya, sampai dibelikan, kita mesti rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan dengan rapi dan teliti, lhaaa apa manfaatnya? Uhhhh bayak banget teman-teman, selain kita tau data keuangan yang kita miliki, kita juga akan lebih tau pemasukan yang harus kita dapatkan atau kita tambahkan. Dari cara ini kita akan lebh paham, kapan saatnya kita harus membeli barang dan kapan saatnya kita harus berjuang menambah pundi-pundi tabungan.

Untuk saat ini mengelola keuangan jadi lebih mudah, nyaman dan gak perlu ribet seperti dulu, sekarang tinggal buka rekening di Bank manapun, semua data keuanga tercatat dengan rapi, plus kita juga bisa memantau keluar masuk uang yang kita simpan dan kta gunakan selama ini. Lebih praktis dan nyaman kan? Apalagi sekarang hampir semua Bank sudah terjamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) 

Tentunya dengan adanya LPS ini kita jadi lebih leluasa untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun, secara kemanannya sudah terjamin dan tak perlu ragu lagi. Nah, gimana? Masih malas buat nabung? Hmmm, semua itu adalah ditangan kita sendiri ya, kapan kita mau memulainya, lebih kerennya lagi dimulai dari saat ini untuk menata dan mengelola keuangan lebih baik dan bijak. Yuuu ahhhh nabung....

Salam
_jangipan.com

You Might Also Like

2 komentar

  1. Dulu pertama nabung aku juga pake celengan ayam. Hihihi

    ReplyDelete
  2. Hehehe, jadi inget masa di taman kanak2 dulu... 😁

    ReplyDelete