4 Langkah Mudah Menulis Kreatif & Informatif

  • Sunday, May 14, 2017
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

menulis kreatif dan informatif (dok: penerbitdeepublish
Menulis adalah hobi yang langka, menulis juga adalah hobi yang sangat istimewa, dan menulis adalah awal dari segalanya. Maka bersyukurlah bagi teman-teman yang memiliki hobi dan diberikan kemampuan untuk menulis. Setiap orang pasti bisa membaca namun tak sedikit orang yang kaku ketika ingin menuliskan momen yang terlihat atau susah untuk mengungkapkannya dalam bentuk tulisan. Apakah kamu diantara orang itu? 😉

Begitu juga dengan ujang, kadang ketika ide sudah ada dan tak segera ditulis, dalam beberapa detik langsung hilang dan lupa apa yang mau ditulis. Apakah kamu juga pernah mengalaminya? Tenang, gak usah panik, setiap orang pasti bisa menulis dengan indah, asalkan tetap mau belajar dan terus melatih kemampuan menulis. 

Banyak cara untuk melatih kemampuan menulis diantaranya dengan merangsang ide dengan melihat apa yang ada dilingkungan sekitar, lalu segera menuliskannya dalam beberapa kata, apapun yang terlihat dan terdengar segera tulislah walaupun hanya satu kata, terus tulis hingga nantinya bisa disatukan menjadi beberapa kalimat yang baik. 

Menulis memang susah jika tak dibiasakan, apalagi bagi orang gak suka baca, pasti menulis itu kaku. Kunci kita ingin lihai menulis ya banyak membaca, apapun bahan bacaannya bacalah, karena dengan membaca maka kosakata yang kita ketahui pun akan bertambah. Menulis itu butuh proses dan waktu, proses membuat tulisannya dan waktu untuk bereksperimen dan mencari ide. Begitu juga dengan para penulis yang sudah sukses, mereka membutuhkan waktu dan perjuangan untuk mencapai sebuah karya terbaik yang mereka tulis. 

Dan berikut 4 langkah yang biasa ujang lakukan dalam menulis: 

1. Menuliskan ide yang Terlihat, Terasa, dan Terdengar
Menulis itu mudah yang susah itu untuk segera memulainya, kebiasaan menunda selalu menjadi penyebab terbengkalainya sebuah ide menulis, hingga akhirnya lupa dan ditelan waktu. Alangkah baikya apapun yang terlihat, terasa dan terdegar di lingkungan sekitar, jika itu bisa bermanfaat untuk bahan tulisan kita segera tulis, maka dari itu biasakan membawa catatan/buku saku yang bisa dibawa kemana-mana, atau kertas kecil, jadi ketika ada ide bisa langsung ditulis. Sekarang apalagi semuanya serba instan, tinggal tulis saja di note smartphone, udah beres, gampang kan? Tinggal nanti dikembangkan lagi menjadi kalimat dan paragraf yang baik.

2. Membuat jadwal untuk menulis
Apapun kalau dijadwalkan akan enak dan tidak keteteran dan tentunya lebih disiplin serta teratur. Begitu juga dengan menulis, perlu waktu dan latihan yang rutin. Alangkah baiknya dijadwalkan entah itu satu hari sekali atau satu minggu 3 kali, waktu yang bagus buat menulis adalah setiap hari. Supaya lebih terlatih, lebih konsisten buat menulis. Jika sudah terlatih dan biasa menulis, apapun yang ada di lingkungan sekitar akan segera peka untuk ditulis.

3. Cari referensi dan tempat yang asik buat nulis
Tentu menulis sangat membutuhkan banyak referensi, entah itu bahan bacaan, ekperimen dan sebagainya yang bisa mendukung dan melengkapi ide sebuah tulisan. Menulis bukan hanya sembarang tulis tapi membutuhkan feel yang baik, supaya tulisannya lebih kena kepada yang membaca tulisan kita. Begitu juga menulis membutuhkan tempat yang sesuai dengan kenyamanan.

4. Konsisten & banyak berinteraksi 
Jika menulis sudah terlatih maka kita harus konsisten untuk tetap menulis, membuat tulisan secara teratur, dan jangan lupa untuk banyak berinteraksi terutama dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama untuk saling berbagi pengalaman, informasi dan wawasan mengenai tulisan, dan jangan malu untuk selalu bertanya dan meminta masukan.

Nah, itulah beberapa langkah yang biasa ujang lakukan saat menulis, intinya jangan pernah menyerah dan terus mencoba mengatur waktu buat menyempatkan menulis. Sesibuk apapun sempatkanlah walaupun hanya 5 menit, jika masih susah buat mencari ide tulisan. Lihat apa yang ada didepan tuliskan walau hanya satu KATA itu lebih baik dari pada tidak ada kata sama sekali yang ditulis.

You Might Also Like

0 komentar