Bersih-bersih 1001 Masjid, Bakti Cinta Kasih Menyambut Bulan Suci Ramadhan

  • Wednesday, May 03, 2017
  • By Ipan Setiawan
  • 2 Comments

Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng-jakarta Pusat (Dok:pribadi) 
Bulan Suci Ramadhan sebentar lagi akan menyapa, tinggal menghitung minggu, dan tentunya beragam kegiatan dan persiapan dilakukan oleh setiap orang, untuk mempersiapkan diri lebih khusyu menyambut bulan penuh berkah. Begitu juga dengan rutinitas masyarakat muslim pada umumnya, memiliki agenda rutin setiap tahun menjelang bulan ramadhan, diantaranya membersihkan lingkungan terutama Masjid, Mushola, dan Madrasah. Kalau di kampung halaman ujang biasa dilakukan oleh tiap RW untuk gotong royong membersihkan tempat ibadah yang ada dilingkungan sekitar.

Nah, begitu juga di Ibu Kota Jakarta, tepat pada tanggal 3 Mei 2017 bertempat di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng-Jakarta Pusat, diselenggarakan kegiatan pertama sekaligus launching program gerakan #BersihBersih1001Masjid yang dipelopori oleh PT.Unilever Indonesia Tbk, melalui brand kategori Home Care seperti Vixal, Rinso, Superpell, dan Molto. Memfasilitasi kegiatan bersih-bersih masjid yang akan dilakukan di 1001 Masjid yang diadakan di 33 Kota/Kabupaten, 11 Provinsi di seluruh Indonesia yang akan berlangsung hingga 23 Mei 2017. 

Dengan adanya gerakan #BersihBersih1001Masjid ini diharapkan bisa memberikan semangat lebih untuk seluruh masyarakat dalam menciptakan dan menjaga lingkungan tetap bersih dan rapi baik sebelum dan sesudah bulan ramadhan nanti, dan tentunya memberikan kenyamanan selama ibadah di bulan ramadhan dengan tempat ibadah yang sudah rapi, bersih dan wangi.

PT.Unilever Indonesia Tbk. bersama dengan Dewan Masjid Indonesia dan sejumlah pengurus masjid mengundang seluruh lapisan masyarakat yang ada disekitar masjid untuk bersama-sama melakukan kegiatan bersih-bersih, menjaga kebersihan dan mempersiapkan kenyamanan masjid selama bulan Ramadhan. Dalam kegiatan ini PT.Unilever Tbk juga berkontribusi kepada masyarakat berupa perlengkapan dan produk-produk kebersihan. 
Bersih-bersih 1001 masjid di kawasan Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng-Jakarta Pusat (Dok: pribadi) 
Aksi #BersihBersih1001Masjid hari ini, diselenggarakan di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng-Jakarta Pusat. Seluruh lapisan masyarakat dan pengusrus masjid turut serta membersihkan halaman dan seluruh ruangan masjid, merapikan barang-barang dan mencuci sarung-mukena, karpet yang ada di dalam Masjid Agung Sunda Kelapa. Pukul 09.00 WIB dari halaman masjid agung sudah ramai bergotong royong menyapu dan mengepel lantai masjid dari luar hingga ke dalam.
Bergotong royong mengepel lantai Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng-Jakarta Pusat (Dok: pribadi) 
Suasana yang sangat kompak, bapak-bapak berserta para pemuda Masjid Agung Sunda Kelapa, tampak terlihat sibuk mengepel dan membersihkan lantai disekitar toilet dan serambi masjid. Diharapkan kekompakan dan semangat aksi bersih-bersih masjid ini bisa menginspirasi masyarakat luas pada umumnya, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.
Bersih-bersih 1001 masjid menjadi inspirasi untuk masyarakat luas (Dok: pribadi) 
Begitu juga dengan Ibu-ibunya menyapu dan membersihkan debu-debu yang menempel di dinding dan lantai di sekitar kawasan Masjid Agung Sunda Kelapa, halaman Masjid sudah terlihat tampak bersih dengan aksi gotong royong bersama masyarakat.
Aksi Bersih-bersih 1001 Masjid menjadi pendorong semangat baru untuk gotong royong membersihkan masjid di lingkungan sekitar (Dok: pribadi) 
Dari lantai hingga tangga-tangga mesjid di lap dan di pel tak ada debu atau sampah yang berserakan, semua halaman masjid tampak bersih dan rapi. Berkat semangat gotong royong untuk ikut serta dalam aksi #BersihBersih1001Masjid. Semoga kegiatan dan aksi ini bisa terus berkelanjutan dan diterapkan oleh masyarakat luas, tak hanya sekali dalam satu tahun namun bisa berkelanjutan.
Dalam Ruangan Masjid Sunda Kelapa, aksi #BersihBersih1001Masjid (Dok: pribadi) 
Berikut dalam ruangan Masjid Agung Sunda Kelapa yang sedang dibersihkan dan dirapaikan oleh para pemuda masjid yang tergabung dalam gerakan aksi #BersihBersih1001Masjid berbagi dan bekerja sama dalam menciptakan lingkungan masjid yang asri dan rapi.
Team dari PT.Unilever Indonesia Tbk, turut ikut serta dalam #BersihBersih1001Masjid (Dok: pribadi) 
Teman-teman dari team PT.Unilever Indonesia Tbk pun ikut terlibat langsung terjun ke dalam aksi #BersihBersih1001Masjid kerja sama dalam berbagi kebaikan adalah kunci utama untuk membuka segalanya, semoga dengan adanya kegiatan seperti inilah bisa lebih memantapkan kolaborasi yang kuat dalam menciptakan lingkungan yang bersih serta sadar akan kebersihan dan kenyamanan disetiap tempat ibadah.
Taman Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng-Jakarta Pusat (Dok: pribadi) 
Begitu juga halaman disekitar taman Masjid Agung Sunda Kelapa, terlihat lebih asri dan sejuk, semuanya tampak bersih. Gerakan #BersihBersih1001Masjid ini memberikan sentuhan baru dalam aksi bersih-bersihnya, selain terjun langsung secara gotong royong juga memberikan edukasi, bagaimana cara membersihkan lantai mulai dari menyapu, mengepel dengan baik dan benar. Bukan hanya asal bersih tapi membersihkan secara menyeluruh, kegiatan dan edukasi ini dilakukan secara bersama-sama oleh team bersih-bersih dari unilever.
Aksi Bersih-bersih 1001 Masjid Sunda Kelapa, Menteng Jakarta Pusat, 3 Mei 2017 (Dok: pribadi) 
Aksi #BersihBersih1001Masjid yang diselenggarakan di Masjid Agung Sunda Kelapa, sebagai kegiatan pertama dan sekaligus launching program yang di pelopori oleh PT.Unilever Indonesia Tbk. di hadiri juga oleh Bapak Jusuf Kalla, Presiden Republik Indonesia, (Dewan Masjid Indonesia) Willy Saelan, Direktur PT.Unilever Indonesia Tbk, dan Dude Herlino sebagai Brand Ambassador.
Willy Saelan, Direktur PT.Unilever Tbk. (Dok: pribadi) 
Dalam sambutannya Willy Saelan, Human Resources Director PT. Unilever Indonesia Tbk. mengatakan "Unilever memahami bahwa budaya membersihkan masjid yang dilakukan oleh masyarakat sekitar masjid secara bersama-sama telah menjadi salah satu rutinitas, terutama  saat menyambut bulan suci Ramadhan. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana yang bersih dan nyaman di masjid"
Dude Herlino, Brand Ambassador Gerakan #BersihBersih1001Masjid (Dok: pribadi) 
Pada acara launching dan press conference gerakan #BersihBersih1001Masjid Dude Herlino sebagai brand ambassador mengatakan "membersihkan diri melalui perbuatan amal ibadah bagi lingkungan sekitar dapat menjadi persiapan yang baik sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini dapat menciptakan kebersamaan dan kecintaan terhadap masjid, serta dapat menjadi wadah bagi warga yang ingin berkontribusi melakukan kegiatan yang baik bagi orang lain terutama menjelang Ramadhan"

Masjid yang bersih dan nyaman dapat mendukung para jamaah menjalankan ibadah dengan khusyuk, nyaman dan lancar untuk meraih kesempurnaan Ramadhan. Dengan demikian, kegiatan ini mampu mewujudkan salah satu pilar paling penting bagi umat muslim yaitu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan lahiriah (jasmani) maupun batiniah (rohani)


Salam
__jangipan.COM

You Might Also Like

2 komentar

  1. Alhamdulillah banyak yang peduli membersihkan masjid. semoga pahala ramadhan makin berlimpah. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... betul kak @turiscantikcom pada gerakan #BersihBersih1001Masjid yang diselenggarakan rabu lalu antusias masyarakatnya begitu kompak dan semangat

      Delete