Tabungan Digital di Era Milenial

  • Friday, May 05, 2017
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Tabungan digital di era milenial, banyak kemudahan untuk menabung (Dok: bankmuamalat.co.id)
Di zaman yang serba mudah sering kali kita di nina bobokan serta digiurkan oleh keinginan yang membludak, ya tak salah karena beragam pilihan ada didepan mata dengan segala kemudahan untuk mengaksesnya. Window Shopping pun yang tadinya hanya diserbu oleh perempuan, sekarang laki-laki pun tak mau ketinggalan untuk berlomba-lomba mencari barang-barang diskonan. Semua itu untuk melengkapi keinginan dan memuaskan gaya hidup.

Tapi dibalik beragam keinginan dan membludaknya barang-barang yang menggiurkan, sudah kah menyimpan untuk tabugan mendatang? Dimana kita akan dihadapkan oleh kebutuhan yang urgen? Nah, maka dari itu, sedia tabungan sebelum kebutuhan yang urgen menyapa tanpa diduga. Untuk saat ini, menabung bukan menjadi alasan, besar atau kecilnya sebuah tabungan yang kita simpan tak jadi masalah, jadi masalah besarnya adalah ketika kebutuhan yang urgen datang tak diduga, dompet tipis dan tabungan habis, itu baru jadi masalah. 
Nabung Lebih untung kalau kita bijak menyimpannya (Dok: aturduit)
Masih bingung mau nabung dimana? Banyak media tabungan yang bisa kita pilih selain nabung di sebuah celengan, sekarang perbankan menawarkan berbagai pilihan dan kemudahan untuk tabungan digital. Semua kemudahan ada didepan kita, tinggal lebih bijak mengatur keuangan dan mencatat semua pengeluarannya serta menambah anggaran untuk tabungan. 

Apalagi sekarang ini semua kebutuhan masyarakat termasuk kita sebagai anak muda aktif wara-wiri dimana-mana dengan segudang aktifitas, tentunya membutuhkan pengeluaran yang tak sedikit untuk melengkapi semua hobi dan kebutuhan.

Nah, inilah saatnya bagaimana cara untuk lebih bijak mengatur arus keuangan serta pandai-pandai mencari penghasilan yang lebih. Setiap kebutuhan masing-masing orang pasti berbeda, tinggal menyesuaikan saja dan lebih sadar akan pentingnya tabungan saat ini dan nanti, supaya tidak keteteran jika ada kebutuhan dadakan.

Ujang juga sebagai anak muda saat ini sering mengalami hal seperti itu, dimana keinginan begitu banyak sedangkan tabungan tipis ala-ala keripik pisang manis. Sudah tipis rasanya berkurang lagi. Tapi tak mengapa, gak usah bersedih hati dan berkecil hati, siapapun bisa merubah pola konsumtif menjadi lebih produktif dengan keinginan yang baru, yaitu menabung lebih untung dengan bijak mengatur keuangan. Yesss, yuk ahhh sekarang bukan saatnya lagi untuk berleha-leha manja, kita bangunkan semangat baru buat menyimpan keuangan supaya lebih lega dimana ada kebutuhan dadakan.
Mencatat keuangan lebih detail (Dok: mangcara)
Yang paling penting adalah selalu mencatat keuangan kapanpun dan dimanapun setelah melakukan transaksi atau pengeluaran keuangan apapun, baik kecil atau besar, catatan keuangan wajib kita catat, supaya ketauan kemanakah uang kita gunakan dan kas manakah yang perlu kita tambah atau kurangi. Dengan demikian tabungan dan keuangan akan lebih jelas catatan dan pembukuannya.

Begitu juga dengan jenis-jenis tabungan yang bisa kita pilih begitu beragam, semua bank menawarkan fasilitas tabungan yang berkelas, tapi kita mesti memilih jenis tabunga yang sesuai dengan kebutuhan kita, dan itu bisa dilihat dari biaya admin bulanan, fasilitas yang menunjang tabungan tersebut mulai dari buku tabungan, ATM, sms banking, internet banking, dan segala fasilitas lainnya yang ditawarkan oleh masing-masing bank.

Untuk kita sebagai pelajar dan mahasiswa tentunya bisa memilih tabungan dengan biaya adminnya yang rendah plus ada beberapa fasilitas yang menunjang minima yang bisa diakses dalam smartphone, internet atau sms banking itu sudah cukup. Karena semua kemudahan tersebut bisa melengkapi aktivitas dan kebutuhan saat ini di era milenial yang semuanya serba instan dan bisa diakses oleh generasi muda yang serba touch in action. 




You Might Also Like

0 komentar