Wong Semarang Dukung Germas, Aksi Masyarakat Sadar Pola Hidup Sehat Ramah Lingkungan

  • Monday, September 11, 2017
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments


Aksi Hidup Sehat Masyarakat Semarang, Dukung Germas (Dok: pribadi) 
Merupakan kesempatan terbaik bagi ujang bisa ikut serta dalam gerakan masyarakat hidup sehat yang di sosialisasikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan untuk Kali ini Germas menyapa Semarang, setelah menyapa Bandung dan Lombok. 

Semakin tumbuh pesatnya aktivitas masyarakat yang dilengkapi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tak sedikit masyarakat yang dinina bobokan oleh segudang kenyamanan akan hadirnya teknologi yang semakin memudahkan dan melengkapi dalam setiap aktivitas masyarakat saat ini. Akhirnya ruang gerak semakin sempit dan mulai tumbuh akan malasnya untuk bergerak. 

Maka dari itu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia gencar mensosialisasikan aksi masyarakat hidup sehat untuk mendukung program dan kesehatan masyarakat, untuk lebih giat dan terbiasa melakuka gaya hidup sehat, dimulai dari hal yang mudah dan membiasakan dari diri sendiri.

Tepat pada tanggal 28-29 Agustus 2017 Kota Semarang mendapatkan perhatian lebih dan kunjungan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, sebagai kota yang memiliki puskesmas terbaik dengan pelayanan dan program masyarakat yang bisa dikembangkan di daerah-daerah lainnya. Sebagai wujud gerakan masyarakat yang sadar akan pola hidup yang sehat dan bersih.
Temu Blogger Kesehatan, Semarang-Jawa Tengah (Dok: pribadi) 
Pada kesempatan dan momen terindah Temu Blogger Kesehatan Semarang, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengundang 30 teman-teman blogger dari Jakarta dan 20 Blogger Semarang, serta nara sumber yang handal diantaranya Indra Rizon, SKM, M. Kes (Kepala Bagian Hubungan Media dan Lembaga), dr. Yulianto Prabowo M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah), Arvian Nevi, SKM, DEA (Kasi pencegahan penyakit tidak menular, Dinas Kesehatan Jawa Tengah), dr. Widoyono, MPH (Kepala Dinas Kota Semarang) Dr. dr Ari Fahrial Syam Sp. PD, KGEH (Ketua perhimpunan ahli penyakit dalam (PAPDi) DKI Jakarta) 
Kesehatan Masyarakat yang terjaga (Dok: pribadi) 
Suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, dengan menjaga kesehatan, menciptakan lingkungan yang bersih dan hidup yang lebih produktif. 

Dan hal itu telah diterapkan di Kota Semarang yang pada saat ini sosialisasi kepada masyarakat secara rutin, penyediaan sarana aktivitas fisik di kota Semarang semakin diperbanyak agar dapat banyak memberikan manfaat lebih bagi masyarakat di Kota Semarang. 

Sebagai wujud aksi gerakan masyarakat hidup sehat dengan adanya fasilitas jalur pejalan kaki yang nyaman dan mendukung bagi warga agar mau melakukan aktivitas dengan berjalan kaki. Selain dengan adanya fasilitas masyarakat umum yang medukung gerakan masyarakat, juga masyarakat sadar akan pemanfaatan pekarangan untuk pemanfaatan lahan kosong, dengan ditanaminya sayur dan buah, serta budidaya ikan. Adapun sentra-sentra agro dipekarangan seperti: 
a. Kampung Agro, Kelurahan Krapyak
b. Kampung Agro, Kelurahan Kandri
c. Kampung Cabai Kelurahan Kembangarum
d. Kampung Buah, Kelurahan Purwosari 
e. Kampung Bandeng, Kelurahan Tambak rejo
Kawasan Bebas Roko (Dok: pribadi) 
Begitu juga dengan diberlakukannya peraturan daerah untuk menghimbau masyarakat mengurangi konsumsi rokok di tempat atau area bebas rokok. Hal ini sebagai wujud pemerintah dan masyarakat sama-sama mendukung gerakan hidup sehat yang berkelanjutan. 

You Might Also Like

0 komentar