Manado, "Hidden Paradise" Indonesia

  • Thursday, December 20, 2018
  • By Ipan Setiawan
  • 0 Comments

Kota Madao (dok: zounautara)

Manado "Hidden Paradise" Indonesia, sebagai negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang indah dan menggairahkan. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, dan masih banyak lagi. Letak geografis Indonesia juga memberikan keuntungan dengan cuaca yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Maka, tak salah bila Indonesia dijadikan sebagai tempat bagi para pelancong untuk menikmati waktu liburan.

Manado, merupakan salah satu daerah yang menjadi surga tersembunyi yang dimiliki Indonesia. Manado menjadi Kota paling ramai kedua di Sulawesi Selatan setelah Makassar. Betapa tidak? Manado memiliki beragam destinasi wisata yang sangat mempesona, cantik, dan apik untuk kita kunjungi. Untuk sampai ke kota ini, bagi para pelancong yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri menggunakan transportasi udara seperti maskapai Lion Air bisa menjadi salah satu alternatif transportasi yang paling efisien dan ekonomis.

Punya Situs Warisan Dunia Unesco
Keindahan Laut Manado (Dok: idntimes)

Siapa sangka, ternyata Kota Manado memiliki tempat yang sudah diakui oleh Unesco sebagai warisan dunia di tahun 2005, yaitu Taman Laut Bunaken. Bagi Anda pecinta dunia bawah laut dan ingin melihat betapa memesonanya ikan-ikan dan terumbu karang. Taman Laut Bunaken wajib menjadi tempat yang Anda kunjungi. Jangan lupa saat melakukan snorkeling, kalian wajib membawa kamera. Momen indah dan tidak terlupakan tentu menjadi hal yang wajib untuk kalian abadikan melalui kamera.  


Ada Banyak Aktivitas Luar Ruangan
Pesona Alam buatan Manado (tripzilla.id) 

Selain Taman laut Bunaken, Manado juga memiliki destinasi wisata  yang dipersiapkan untuk Anda pecinta alam dan petualang. Maka, Rumah Alam Adventure Park cocok untuk Anda yang senang berswafoto yang hobi berswafoto juga yang memiliki sifat wild dan adventure. Di taman ini, banyak disediakan wahana bermain, seperti go-kart, motor cross, dan lain-lain yang bisa memacu adrenalin. Di tempat ini, Anda juga bisa bermain trampoline sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang sedap dipandang.

Wisata Kuliner yang Tak Boleh Dilewatkan
Kuliner Istimewa Khas Manado (Dok: Kabarmanado.com) 
Sudah jauh-jauh datang dari luar negeri dan luar pulau Sulawesi Selatan ke Manado dengan pesawat Lion Air. Maka, tak lengkap rasanya bila Anda melewatkan kuliner khas Manado yang satu ini. Kuliner unik yang sedap ini merupakan makanan khas Manado yang sangat tersohor, yaitu Tinutuan. Makanan ini terbuat dari campuran berbagai sayuran hijau dengan bubur beras dan labu kuning. Tinutuan akrab disebut juga sebagai Bubur Manado.


Nah, bila di Pulau Jawa kita terbiasa sarapan dengan bubur ayam atau nasi uduk, Tinutuan ini merupakan makanan yang disajikan untuk sarapan pada hotel-hotel bintang tiga di Manado. Selain enak, bubur ini juga sangat menyehatkan. Kandungan dan campuran bahan didalamnya menjadikan pencernaan Anda lebih lancar. Ada pula Ikan Cakalang yang diasapi dan diolah menjadi berbagai menu makanan. Untuk pecinta pedas, ada Sambal Dabu Dabu dan Sambal Roa yang merupakan adonan sambal yang dicampur dengan Ikan Roa.

Manado bisa menjadi kota tujuan untuk berlibur Anda akhir tahun ini. Bisa ajak rekan kerja, kerabat, keluarga, juga orang terkasih untuk berlibur ke kota hidden paradise ini. Selamat mencoba, ya! Dan selamat menikmati keindahan Manado, nikmati dan abadikan momen serta sejarah yang berkesan.      

You Might Also Like

0 komentar