Wake Up Wakaf-Blogger Meet Up Bandung "Waqf Produktive, Sharing Session & Visit"


Kantor Dompet Dhuafa Bandung (Dok: pribadi) 
Momen istimewa menyapa kembali jangipan di hari yang spesial, tepat pada tanggal 17 Oktober 2019, jangipan mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam rangkaian kegiatan Wake Up Wakaf -Blogger Meet Up yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa, satu hari full bersilaturahmi dan berbagi informasi yang menginspirasi mulai dari Bandung hingga Subang. Kedua kota ini memberikan banyak wawasan dan pengalaman bagi jangipan. Membuka cakrawala dan ilmu baru tentang Wakaf. 

Yaaa, wakaf yang jangipan ketahui hanya sebatas wakaf tanah, mesjid, dan sarana lainnya, namun setelah mengikuti perjalanan (rihlah) bersama Dompet Dhuafa kemarin, ternyata makna wakaf itu sangat luas, dan untuk menjadi bagian dari donatur wakaf pun sangat mudah. Indahnya berbagi dan keutamaan berbagi sangat lekat, semoga setelah mengikuti rangkaian kegiatan acara ini, lalu setelah teman-teman membaca catatan jangipan mengenai perjalanan dan ilmu wakaf, semoga lebih banyak amal ibadah yang bisa kita laksanakan, amiin...🙏
Wake Up Wakaf Blogger Meet Up Bandung (Dok; Kak Annisa) 
Dari pukul 06.00 WIB jangipan bersama teman-teman Blogger Bandung, kumpul terlebih dahulu di Kantor Dompet Dhuafa Jabar yang berlokasi di Jl. R.A.A Marta Negara No.22 A Turangga, Kecamatan Lengkong-Kota Bandung. Saat pertama kali masuk menyapa akang dan teteh yang sudah duluan hadir di ruangan, jangipan langsung membidik beberapa foto yang terpasang diantara ruangan, sebagai dekorasi dan publikasi program yang telah diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa Jabar.
ruangan yang elegant, kantor Dompet Dhuafa (Dok: pribadi) 
Ruangan kantor Dhuafa yang elegant (Dok: pribadi) 
Quote ruangan kantor Dompet Dhuafa (Dok: pribadi) 
Nah, inilah salah satu ruangan yang jangipan abadikan sebelum berangkat menuju perjalanan ke Subang. Di tempat ini tersimpan informasi yang penuh makna dari perjalanan dan pergerakan program yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa dianataranya: Inovatif, Universal, Islami, Amanah, Responsif, dan Profesional. Ke-6 lini inilah yang diterapkan oleh Dompet Dhuafa untuk kesejahteraan umat.
Nilai Inspirasi Dompet Dhuafa ( Dok: pribadi) 
Semoga dengan adanya 6 Nilai yang inspirastif ini membawa keberkahan untuk semua, dan Dompet Dhuafa selalu menjadi barometer penggerak kebaikan disetiap lini.

Setelah berkumpul di Kantor Dompet Dhuafa Jabar, kami melakukan perjalanan menuju Subang ke Kawasan Indonesia Berdaya, dimana lokasi ini merupakan salah satu Wakaf Produktif yang terdapat di Jawa Barat.
Perjalanan menuju Subang (Dok: pribadi) 
Sekitar dua jam setengah perjalanan dari Bandung menuju Subang telah ditempuh dengan indah, banyak momen yang bisa diabadikan disepanjang perjalanan, mulai dari hamparan kebun nanas yang subur, ditambah lagi dengan kebun buah naga yang sedang tumbuh-tumbuhnya. Dan ini merupakan wakaf produktif yang sedang dikembangkan oleh Dompet Dhuafa.
Program Indonesia Berdaya, Klaster Pertanian Terpadu (Dok: pribadi) 
Perjalanan menuju kawasan Indonesia Berdaya (Dok: pribadi) 
Hamparan Kebun Nanas-Perkebunan Terpadu Indonesia Berdaya (Dok: pribadi) 
Perjalanan yang sangat spesial bersama Dompet Dhuafa, dimana jangipan bisa mengeksplorasi kekayaan alam tentunya pertanian dan peternakan yang sedang dikembangkan oleh Indonesia Berdaya Dompet Dhuafa ini. Tentuuuu tak sabar ingin segera mengeksplorasi lebih banyak tentang manfaat wakaf produktif ini.
sambutan dan ngopi cantik di Indonesia Berdaya (Dok: pribadi) 
Setelah sampai ke lokasi utama kegiatan, kami disambut oleh kakak MC yang super ramah, sambil menikmati jamuan ala tradisional, nikmat dan lezatnya terasa banget. Yang menjadi ciri khas minuman utamanya adalah jus buah nanas, beuuuhhhh manteeppp segerrrr pisaaaan....
Sharing session Wake Up Wakaf (Dok: pribadi) 
Pada kesempatan ini pula Bapak Boby P. Manulang, General Manager-Dompet Dhuafa, Kang Kamaludin, Manager Program Ekonomi-Dompet Dhuafa, dan Bapak Wawan, sebagai pengurus dan distribusi hasil panen dan ternak dari Indonesia Berdaya, mengisi sharing session di momen Wake Up Wakaf Produktif.

Indonesia Berdaya Dompet Dhuafa yang terdapat di Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe, Subang-Jawa Barat. Mengolah lahan seluas 8,5 hemtar yang ditanami dengan aneka tanaman buah Nanas dan Buah Naga dikelola oleh masyarakat setempat. Adapun untuk pengelola lahan produktif ini dikelola oleh 30 KK yang terdiri dari 10 Sumber Daya Manusia dari 12 Desa. Untuk target lahan produktif ini 200 Hektar.
Kebun Indonesia Berdaya  (Dok: pribadi) 
Merupakan kesempatan terbaik bagi jangipan dan teman-teman blogger Bandung yang ikut serta dalam rangkaian kegiatan ini, bisa berkeliling di kebun dan lahan pertanian terpadu Indonesia Berdaya-Dompet Dhuafa Subang-Jawa Barat.
Keliling Kebun Naga Indonesia Berdaya (Dok: pribadi) 
Keliling Kebun Naga sambil menimba ilmu dan pengetahuan mulai dari jenih tanaman buah naga hingga proses pembuahan hingga panen buah naga dan nanas. Hayooo teman-teman sudah pada tahun belum antara jenis buah naga merah dan buah naga putih? Untuk mengetahui jenis tanaman buah naga putih atau merah bisa dilihat dari batang dan daun yang dikeliling seperti duri, nah disana kita bisa melihat warna dasar yang mencolok dari tanaman buah naga tersebut.
Tanaman Buah Naga (Dok: pribadi)
Nahhh, inilah penampakan tanaman buah naga yang telah jangipan teliti dan lihat kemarin, setelah akangnya memandu kami untuk berkeliling di lahan pertanian terpadu Indonesia Berdaya Dompet Dhuafa.
Wake Up Wkaf Dompet Dhuafa (Dok: pribadi)
Begini nih kalau sudah dikasi pemandangan hijau dan suasana ala desa, langsung betah dan enggan untuk pulang 😃 kuyyy bertani dan berwakaf di Indonesia Berdaya Dompet Dhuafa.
Berkebun berkah bersama Dompet Dhuafa (Dok: Kang Dedew)
Setelah puas-puas berkeliling di Kebun Nanas dan Buah Naga, langsung lanjut ke peternakan kambing dan pengolahan pakannya. Makin seru dan lebih maksimal pengetahuannya, dan tentunya ilmu baru mengenai pengolahan pakan ternak kambing.
Sentra Ternak Subang, Indonesia Berdaya Dompet Dhuafa (Dok: pribadi)
Sentra ternak yang berada di kawasan Indonesia Berdaya ini meliputi dua bagian diantarnya kandang pembibitan dan kandang penyuburan ternak, dan ada satu bagian pembuatan pengadaan pakan ternak untuk stok pakan yang berkelanjutan.
Kandang Pembibitan, Indonesia Terpadu (Dok: pribadi) 
Pemilihan dan pembuatan pakan ternak (Dok: pribadi) 
Jamuan makan siang, Indonesia Berdaya Dompet Dhuafa (Dok: pribadi) 
Kenikmatan dan kelezatan jamuan makan siang lebih mantap, sajian spesial khas sunda makin lengkap menyatukan rasa dan istimewanya momen Meet Up Wake Up Wakaf bersama Dompet Dhuafa.

You Might Also Like

0 komentar