Smartfren Community Dukung Gerakan Generasi Milenial Garut Menggebrak Ekonomi Kreatif Berbasis Pertanian

  • Tuesday, November 12, 2019
  • By jangipan
  • 0 Comments

Menggebrak Ekonomi kreatif di Bidang Pertanian (Dok: pribadi) 
Dalam rangka memperingati Hari Pangan Nasional, smartfren community Garut bersama persatuan Mahasiswa Garut, menyelenggarakan kegiatan kreatif yang mengusung format seminar interaktif. Dalam hal ini melibatkan peserta dari semua kalangan, Pelajar, Mahasiswa, dan Umum. Tema yang diangkat dalam kegiatan seminar kali ini diantaranya, mengangkat topik hangat diperbincangkan di Masyarakat, diantaranya "Ekonomi Kareatif Berbasis Pertanian"  Meningkatkan Kualitas Stakeholder Pertanian Menuju Petani yang Berdaulat, Kolektif, dan Berbasis Produksi Ekologi. 

Kegiatan yang diusung lebih mengedepankan etos kerja, serta motivasi bagi generasi milenial untuk lebih paham dan teliti dalam mengambil peluang saat ini. Juga supaya tidak terlena dengan sesuatu yang besar, namun bisa menyeimbangkan dengan kesempatan dan peluang yang ada di sekitar lingkungan. Diantaranya peluang mendulang rezeki dari bertani. Selain itu, tujuan utama diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan edukasi, bahwa bertani itu sangat menyenangkan dan membahagiakan, juga bisa memberikan manfaat banyak untuk masyarakat luas.

Peluang di bidang pertanian untuk saat ini sangat menjanjikan, dan bisa membuka lapangan kerja baru di sektor pertanian, yaitu mengembangan potensi masyarakat khususnya di bidang SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki kompeteni/keahlian, untuk membekali generasi Milenial lebih menguasai di bidang pertanian. Sehingga akan menciptakan generasi muda yang memiliki etos kerja yang handal dan berkualitas.

Peserta Seminar Ekonomi Kreatif Berbasis Pertanian (Dok: pribadi) 
Antusiasme peserta dalam acara Seminar Interaktif, yang diselenggarakan di Gedung Pendopo Kab.Garut, pada tanggal 9 November 2019, ini semakin mengundang rasa ingin tahu untuk lebih memperdalam ilmu dan edukasi tentang pertanian. Untuk menjawab semua kebutuhan para peserta yang hadir, dalam rangkaian kegiatan ini pun menghadirkan nara sumber berkompeten di bidangnya. Dan tentunya, dalam setiap sesi, para peserta menyimak dan mengikuti bagaimana peran dan perkembangan teknologi dalam menunjang pertanian masa kini.

Narasumber yang ikut serta menjadi bagian dari kesuksesan dan menggoreskan catatan untuk generasi milenial Garut, untuk lebih sukses dan maju di era yang serba menggunakan teknologi. Berikut adalah narasumber yang memberikan motivasi dan edukasi didalam rangkaian kegiatan seminar interaktif, yang mengulas tentang "Ekonomi Kreatif Berbasis Pertanian" diantaranya:

1. Dudi Margana, Simulator Wirausaha Muda
2. Ir. Beni Yoga Gunasatika, MP
3. Rusmawan, Praktisi Petani dan Peserta Alumni Magang Jepang (IKMAJA)
4. Ipan, Setiawan, Leader smartfren. community Garut 

Setiap narasumber yang berbagi edukasi dan hiburan, memberikan pemaparan bagaimana cara menyikapi berbagai peluang dan tantangan yang harus segera dieksekusi oleh generasi milenial, khususnya di sektor pertanian. Generasi muda harus segera mengambil peran dalam bidang pertanian, dan tentunya memberikan inovasi terbaru dalam membangkitkan pertanian yang unggul.
smartfren community Garut bersama jangipan (DOk: pribadi) 
Dalam hal ini smartfren community Garut bersama Kompenas (Komunitas Pendidikan Nasional) berkolaborasi dalam memberikan ruang terbaru bagi generasi milenial dalam pengembangan pertanian yang disinkronisasikan dengan perkembangan teknologi informasi. Smartfren communiry Garut, hadir memberikan ruang yang luas serta kesempatan dan peluang dalam pengembangan sistem publikasi digital, dalam mengangkat topik dan informasi positif yang dipublikasikan di media sosial serta media eletronik lainnya. Guna menyebarluaskan inovasi pertanian yang saat ini sedang disebar luaskan, khususnya di Kabupaten Garut.

Nah, dalam kesempatan ini pun jangipan ikut serta berbagi cerita bagaimana langkah terbaik untuk menjadi petani muda, petani yang bisa memberikan kontribusi lebih bagi perkembangan pertanian khususnya di Garut. Jadi petani itu asik, bukan hanya sekedar menanam berbagai tanaman seperti sayur, buah-buahan, dan berbagai jenis pangan lainnya. Juga petani selalu menanamkan harapan terbaik bagi keluarga, bangsa, dan negeranya. Menciptakan sebuah karya tanpa batas, ruang, jeda, dan waktu. Ayooo kini saatnya menjadi petani muda, dan amil bagian dari inti kesukesannya.
Peserta seminar interaktif, tingkat pelajar SMK (Dok: pribadi) 


Salam
_jangipan




You Might Also Like

0 komentar