Sayangi Tubuhmu Dengan Minum Air Putih 8 Gelas Setiap Hari

  • Monday, December 23, 2019
  • By jangipan
  • 0 Comments

jangipan ikut serta dalam rangkaian kegiatan 100 Tahun RSCM (Dok: pribadi)
Halooo haloo halooo...Jakartaaaa, yuuaaaahhh jangipan kembali menyapa Ibu  Kota tercinta, dengan segudang informasi dan momen seru tentunya. Nahhhh, pada kesempatan kali ini..., jangipan turut memeriahkan momen spesial 100 Tahun RSCM, wohoooo luar biasa, semoga RSCM sukses selalu, mendampingi dan memberikan pelayanan terbaik untuk kesehatan Masyarakat Indonesia. 

Pada kesempatan terbaik ini, pagi-pagi jangipan seperti biasa kalau di Jakarta sudah heboh bombay kalau sudah menginjakan kaki di kawasan Halte Harmoni, siap siaga menunggu Transjakarta sedang kuda-kuda yang super kuat, maklum kalau jurusan Harmoni-Kota, trans-nya selalu jadi rebutan, ujung-ujungnya penuh dan berdiri. Tapiii, kali ini ada yang beda banget di Halte Harmoni, tumben-tumbennya gak terlalu padat sesah, biasanya selalu full, dan gak bisa gerak hanya kaki yang terhimpit diantara ratusan orang yang ngantri. 

Dannn.. pada perjalanan kali ini benar-benar super legaaaa, tengok kanan-kiri lumayan cukup ada ruang untuk bernafas, walaupun posisi ujung-ujungnya di dalam transjakarta tetap berdiri, yaaaa minimal gak terlalu di jejal padat lahhh yaaa.  25 menit berlalu, jangipan sampai di Kawasan Gelora Bungkarno. Jangipan mau lari? Bukaaan, jangipan mau mengikuti Talkshow yang super kece, tentunya dengan menghadirkan narasumber yang telah berkompeten di Bidangnya.

Talkshow sehat pada kesempatan kali ini diselenggaakan di Ruang Mawar , Istora Senayan-Jakarta, pada tanggal 21 Desember 2019, untuk tema yang diangkat mengenai "Hidrasi Sehat" Nahhh, siapa hayooo yang masih jarang minum? Atau minumnya gak teratur? Wajar saja kalau sering gagal fokus, mood kurang baik, atau gampang stress dan marah. Itu semua bisa disebabkan oleh kurang minum, karena cairan yang ada didalam tubuh tak seimbang.
Sharing Session Sehat bersama Dr. dr. Dian Novita (Dok: pribadi)
Dr. dr. Dian Novita dalam sharing session sehatnya, menginformasikan bahwa kebutuhan iar minum sehari-hari untuk anak-anak 5-7 gelas sehari,  orang dewasa 10 gelas/2 liter sehari, ditambah lagi bagi Ibu hamil atau menyusui bisa ditambah 1 atau 2 gelas setiap harinya. Maka dari itu, kebutuhan air minum untuk tubuh harus seimbang sesuai dengan aktivitas yang di lakukan. Dengan begitu tubuh akan tetap fit dan terjaga kesehatannya.

Hayooo.., masih mau menunda untuk minum? Mulai jaga dan atur pola hidup yang sehat yu, karena dengan kesehatan yang terjaga, banyak hal yang bisa kita eksplorasi aktivitasnya menjadi lebih seru dan bermanfaat.  Keseimbangan air dalam tubuh tentu akan memberikan banyak manfaat diantaranya, tubuh tetap terjaga dengan fit, tidak mudah ngantuk, dan tentunya berpikir jadi makin segar.

Ohhh iyaaa, seperti yang telah diinformasikan oleh Dr. dr Diana, adapun tanda-tanda dan gejala dari dehidrasi seperti sakit kepala, mulut dan lidah kering, sangat haus, mudah pusing dan linglung, mudah lelah dan keram. Begitu juga dengan gejalanya Volume darah, tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh berkurang.

Jangan sepelekan juga dampak dari dehidrasi pada tubuh, dehidrasi jangka pendek dapat mengganggu kondisi kognitif dan mood, dehidrasi jangka panjang batu ginjal, dan infeksi saluran kemih, juga akan mengakibatkan resiko kegemukan akan meningkat. Wow... serem juga yaaa, nahhh suapay terhindar dari resiko jangka pendek atau panjang, kita bisa mengatasinya dengan cara minum secara teratur setiap harinya.
sharing session bersama dr. Dewi Friska, MKK (Dok: pribadi)

Masih mengulas tentang hidrasi sehat dan dehidrasi, kali ini dr. Dewi Friska menjelaskan mengenai Hidrasi Sehat untuk Mendukung Aktivitas. Nahhh, untuk kita-kita nih yang selalu full kegiatan di luar ruangan wajib minum yang cukup dan teratur tentunya. Jadiiii, apa sih sebenarnya hidrasi sehat itu? Hidrasi sehat itu merupakan keadaan air yang ada di dalam tubuh mencukupi dan sesuai dengan kebutuhan asupan tubuh, jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh sama dengan air yang keluar.

Dan tentu kita juga harus lebih waspada dengan air yang keluar dari tubuh kita, kurang air dalam tubuh adalah kondisi kurangnya air dalam sel dan luar sel (pembuluh darah), air yang keluar dari tubuh kita pada saat buang air kecil, buang air besar, keringat, dan udara saat kita bernafas.

dr. Dewi Friska memberikan informasi juga mengenai 10 Pesan gizi seimbang diantaranya:
1.Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan setiap kali makan
2.Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
3.Biasakan mengkonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
4.Biasakan mengkonsumsi aneka ragam makanan pokok
5.Batasi makan panganan manis, asin, dan berlemak
6.Biasakan sarapan
7.Minum Air yang cukup dan Aman
8.Biasakan membaca label pada kemasan pangan
9.Cuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir
10.Lakukan Aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal



You Might Also Like

0 komentar