4 Hal yang Harus di Perhatikan Saat Banjir

Teman-teman lakukan 3 hal berikut saat banjir ya (Dok: Jurnal Sumbar)
Bismillah, selamat sore teman-teman semuanya, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu, dan tentunya selalu diberikan keselamatan dalam setiap aktivitasnya, serta berkah untuk setiap usahanya ya, amiin. Teruntuk kelurga kita yang terkena dampak Banjir Jabodetabek dan sekitarnya, semoga diberikan kesabaran dan segera tergantikan dengan rezeki yang berlimpah pula, amiiin...

Teman-teman, berawal dari pengalaman pasca banjir bandang yang menimpa Garut dan sekitarnya pada tahun 2016,dan banjir yang baru saja terjadi di Jabodetabek dan sekitarnya, pasti ada kabar yang terkena sengatan aliran listrik, hilangnya dokumen atau surat-surat berharga, dan yang lebih berbahayanya lagi jika sudah panik duluan, dan semua hal yang penting lupa untuk ditanggulangi.

Banjir atau bencana alam lainnya memang tak bisa di prediksi kapan datang dan terjadinya, namun setidaknya kita bisa mencari cara serta solusi untuk menyelematkan diri dan hal-hal yang bisa kita selamatkan. Intinya, jika banjir melanda segera ambil tindakan dan tenangkan diri terlebih dahulu jangan terburu-buru dan terbawa kepanikan yang lainnya, justru kita yang harus bisa mengatasi rasa panik yang lain. Benar kah seperti ituuu?

Nah, yang harus diketahui kembali selain mengatasi rasa panik ada 4 hal yang harus kita lakukan pada saat banjir melanda, diantaranya:

1.Matikan semua kontak listrik yang ada di ruangan
Inilah salah satu hal yang kadang kita lupa mematikan saluran/jaringan listrik yang ada di rumah, nahh untuk keamanan bersama, alangkah baiknya kontak listrik yang ada di rumah pada saat hujan besar dimatikan juga, untuk apa? Untuk mengatasi jika ada petir ataupun hantraan lainnya yang bisa menyebabkan arus listrik berbahaya.

Sebenarnya mematikan listrik bukan hanya pada saat banjir saja, melainkan disaat tertentu mau hujan besar ataupun kecil, supaya lebih aman litsrik dimatikan saja, terutama yang tembok rumahnya gampang menyerap air. Dengan mematikan aliran listrik yang terdapat diarea rumah dan halaman dipastikan sudah aman dari kebaran yang diakibatkan dari sengatan listrik.

2. Pastikan Anak dan Orang tua sudah aman bersama Kita
Jika semua aliran listrik sudah dimatikan di area rumah dan sekitarnya, pastikan keluarga kita sudah berkumpul di titik yang aman, terutama anak yang masih kecil jangan sampai berpencar (walaupun masih disekitar halaman rumah) dan tentunya orang tua yang sudah lanjut usia selalu perhatiakan siaga bersamanya ya kak, jika semua sudah berkumpul dan sudah dipastikan tidak ada yang masih tidur atau bermain, cari tempat yang lebih aman jika ada dataran tinggi yang masih bisa dijangkau. Jika mau meninggalkan rumah, harap perhatikan pula kunci rumah sudah tertutup rapat dan aman.

3. Bawa Barang dan Dokumen/Berkas berharga 
Nah Kak, jangan lupa juga jika ada beberapa barang, berkas, dokumen atau surat-surat berharga alangkah baiknya ikut diamankan pula bersama kita. Jangipan sarankan jauh-jauh hari berkas atau surat yang sekiranya penting lebih baik di scant terlebih dahulu dan disimpan filenya di Google Drive atau di Flashdisk, supaya datanya bisa aman disimpan lewat digital.

Lalu, bagaimana jika barang elektronik dan lainnya? Lebih bagusnya lagi memiliki rak khsusus untuk penyimpanan, pastikan raknya ini lebih tinggi, minimal setinggi dengan postur tubuh kita, jadi lebih memudahkan dalam penyimpanan peralatan elektronik lainnya.

4. Hubungi pihak yang terkait dan yang berwenang yang bisa membantu menangani bencana banjir
Dalam hal ini mungkin BNPB yang lebih tepat untuk kita hubungi dan minta bantuan, jadi pastikan kita selalu menyimpan nomor-nomor penting seperti layanan informasi BNPB, Pemadam Kebakaran, dan sebagainya. Untuk memudahkan mencari informasi dan bantuan jika disaat ada hal yang mendesak.

Nahhh, mungkin itulah teman-teman informasi singkat yang bisa jangipan share, semoga bisa bermanfaat, dan tentunya kita saling menjaga keselamatan dan saling berbagi informasi ya teman-teman.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Semoga kita selalu bs ambil langkah sigap dan tepat saat terkena bencana, ya? Dan semoga Allah berikan kesehatan terhadap kawan-kawan korban banjir.

    ReplyDelete
  2. prepare dan selalu waspada itu memang penting, karena bencana alam tidak bisa kita cegah. terima kasih tips nya sangat membantu 🙏

    ReplyDelete