Tuesday, January 7, 2020

Atur Pola Makan dan Pola Hidup di Saat Musim Hujan Tiba

Tips Hidup Sehat saat Musim Hujan (Dok: Sains Kompas)
Saat ini cuaca sedang kurang bersahabat dengan kita, kadang panas, hujan, bahkan dalam satu hari saja bisa berubah-ubah cuacanya, maka dari itu kita harus lebih pandai menjaga kesehatan serta pola hidup sehat ya Kak. Sekarang curah hujan cukup tinggi dimana-mana, hingga bisa menyebabkan  longsor, banjir, dan luapan air sungai atau laut meningkat. 

Begitu juga dengan Kita ya Kak? Suhu tubuh pun bisa ikut meningkat atau menurun, sesuai dengan cuaca yang sekarang terjadi, tapiii bagaimana pun cuacanya, tetap disyukuri dan semoga selalu diberikan kesehatan dalam menjalankan setiap aktivitasnya. Amiiin...

Bagi Kakak-kakak yang memiliki segudang aktivitas baik didalam atau diluar ruangan, tetap menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit dan sehat. Salah satunya menjaga asupan makan dan pola hidup sehat setiap harinya. Jangan sampai sembarangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa menyebabkan penyakit di cuaca yang seperti ini. 

Makanan pedas dan asem jauhi dulu deh yaaa, tunda sejenak jangan sampai tergoda dengan selera dan rasa. Nikmati saja makanan yang mengandung gizi seimbang. Bagaimana dengan porsi? Nahhh, ini pun harus diperhatikan pula, musim hujan maunya makanan yang hangat, super pedas dan mengenyangkan tentunya, iyaaaa kaaaan? Emang bener sih Kak, disaat musim hujan bawaannya laper mulu, lihat lampu bohlam aja kaya lihat bakpau #Hahahah lebaay ah jangipan ini #Hehehe

Selaiiin menjaga pola hidup sehat, kita juga mesti memperhatikan lingkungan sekitar, salah satunya di halaman rumah, jangan sampai ada sampah yang menumpuk, baik sampah organik maupun anorganik, karena disaat hujan tiba bisa menyebabkan timbulnya nyamuk, semut, dan binatang busuk yang diakibatkan dari tumpukan sampah dan air yang menggenang. 

Musim hujan adalah musimnya kita beres-beres, betuuul? Iyaaaa, membereskan tumpukan barang yang berserakan di pinngir atau belakang rumah, merapikan hal yang menyebabkan bocor dan sebagainya entah itu genteng atau tembok rumah (dinding) dan seabreg hal lainnya. 

Kembali ke pola makan sehat di saar musim hujan menyapa, jangipan sarankan kepada Kakak semuanya, kalau bisa biasakan untuk mengkonsumsi bubur bukan hanya nasi, kenapa harus bubur? Supaya mudah dicerna dan tidak menyebabkan kesakitan pada lambung, usahakan juga untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayur, jika belum bisa dijangkau minimal salah satunya, untuk menetralisasi suhu tubuh.

Ohhh iyaaa, dan musim hujan jangan dijadikan alasan untuk tidak berolahraga, mau musim hujan atau biasa, yang namanya oleh raga itu perlu untuk mengatur pernapasan dan menjaga postur tubuh supaya tetap tegak dan  fit.

Musim hujan pun jangan digunakan untuk bermalas-malasan, justru pada saat musim hujan tiba, kita lah yang harus segera beranjak dan tetap bergerak, karena musim hujan banyak ide dan gagasan yang bisa dikembangkan. Nahhhh hayoooo...hayooo siapa yang masih di nina bobokan saat hujan tiba, jangan terus rebahan, coba alihan ke rebahan yang lebih produktif gituuu, #Hehehe

Musim huhan = Rebahan Istimewa, ohhhh nooooo, bukan...bukan ituuuu, musim hujan justru harus lebih peka terhadap diri sendiri, jangan kelamaan kedinginan, perbanyak membuat sajian yang hangat, bergizi, renyah, guruh, manis, dan mengeyangkan untuk semua, hingga bisa menikmati tubuh yang sehat, bugar, dan menyenangkan semua orang.😉

No comments:

Post a Comment