Friday, May 1, 2020

Sejumlah Pasar Modern Siapkan Layanan Pesan – Antar Guna Cegah Penyebaran Covid-19


Pasar Modern BSD City,  Pasar Modern Intermoda BSD City, dan Fresh Market Kota Wisata Cibubur meluncurkan program layanan pesan antar kebutuhan pokok bagi para penghuni permukiman yang ada di sekitar.

Dengan belanja dari rumah, warga tetap aman berada di rumah sehingga turut menekan penyebaran pandemi Covid-19.


Pemerintah saat ini mengimbau masyarakat agar bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut, Sinar Mas Land sebagai pengelola Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD, dan Fresh Market Kota Wisata Cibubur telah menyediakan layanan pesan – antar bagi warga. Layanan tersebut bertujuan agar warga tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari di saat pandemi Covid-19 tanpa harus keluar rumah.


Menurut Kepala Pasar Modern BSD CityMuhamad Bakri, Selain layanan Pesan – Antarpihaknya telah melakukan sejumlah tindakan diantaranya rutin melakukan penyemprotan disinfektan setiap Jumat malam dan Selasa malam.

 “Ini bertujuan agar meminimalisasi penyebaran Covid-19, baik di dalam maupun luar pasar. Penyediaan hand sanitizer untuk mencuci tangan bagi para pengunjung dan pedagang di setiap lobi Pasar Modern BSD City pun tidak dilupakan. Selain itu, sebelum memasuki ke dalam pasar, para pengunjung juga diukur suhu tubuhnya menggunakan thermogun, serta terdapat bilik disinfektan di pintu masuk selatan pasar. Pihak pengelola juga melakukan himbauan secara teratur melalui pengeras suara agar para pengunjung dan pedagang tetap jaga jarak selama beraktifitas di dalam pasar.” tambahnya.

Fresh Market Kota Wisata pun ikut mendukung seruan pemerintah untuk belanja dari rumah. “Program#SociaIDistancing Fresh Market Kota Wisata. berinisiatif membantu warga agar lebih nyaman berbelanja dari rumah dengan menyediakan informasi terkait tenant-tenant Fresh Market,” ujar Hogeny N, Estate Management Department Head.

Hogeny menjelaskan program itu lebih rinci bahwa warga Kota Wisata dapat langsung memesan kebutuhan sehari-hari, seperti beras, sayur-mayur, daging, bumbu dapur, buah, dan kebutuhan pokok lain dari pasar melalui layanan WhatsApp. Transaksi (pemesanan dan pembayaran) dilakukan secara langsung antara warga Kota Wisata dan penjual di lapak Fresh Market Kota Wisata.

Pesanan itu akan diantar oleh masing-masing penjual ke pembeli. Di sisi lain, Hogeny mengingatkan kesepakatan transaksi dan pengantaran bukan tanggung jawab Fresh Market Kota Wisata. Kualitas dan kuantitas barang pun merupakan tanggung jawab penuh penjual. “Ayo dukung program pencegahan Covid-19 dengan mengikuti anjuran pemerintah, #SocialDistancing, sehingga warga tetap sehat dan selamat dari penyakit yang belum ada vaksin atau obatnya itu,” tandasnya.

Selain itu, tiga pengelola pasar modern itu memastikan bahwa di setiap penjuru pintu masuk disediakan tempat cuci tangan agar setiap pengunjung selalu dalam keadaan bersih.

 Pada tiap pintu masuk pun ada pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun. Serta terdapat bilik disinfektan di pintu masuk pasar, dan tersedia ruang tunggu bagi para pengunjung. 

Selain itu pengelola pasar juga kerap memberikan himbauan secara teratur agar para pembeli dan penjual tetap jaga jarak selama proses berbelanja. Lantas setiap 3 hari sekali selalu ada penyemprotan disinfektan. Para pedagangpengunjung pasarpihak keamanan juga diwajibkan menggunakan masker. Mereka juga memastikan tidak ada lagi pengunjung yang duduk di kafe karena hanya melayani delivery atau pengiriman pesanan saja.

Meskipun ketiga pengelola pasar yakni Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD serta Fresh Market Kota Wisata telah melakukan berbagai tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di dalam pasar, namun mereka tetap menyarankan para penghuni agar tetap berbelanja kebutuhan pokok dari rumah, menggunakan layanan yang telah disediakan oleh mereka. 

Dok. Foto: Kang Haris Maulana-Sinarmas Land

No comments:

Post a Comment