Tuesday, October 6, 2020

Seni Berkomunikasi dan Berinteraksi

 Garut, 06 Oktober 2020


Tugas Sosiologi dan Antropologi

Fakultas Ekonomi, Program Studi Pariwisata.

Ipan Setiawan (NPM: 24024120020)


✓ Apakah kalian bisa menjelaskan apa arti antropologi..?

 Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari ruang lingkup kehidupan manusia, beserta interaksi (komunikasi) sosial, seni, dan budaya. Melingkupi beberapa unsur dari setiap pertumbuhan dan perkembangan. 


✓ Kita di prodi pariwisata, kenapa perlu mempelajari hal tersebut?

Tentu sangat diperlukan, di prodi pariwisata kita perlu mempelajari mengenai Antropologi, secara kita akan berbaur dengan banyak orang, terjun dilingkungan masyarakat dengan beraneka ragam karakteristik. Berbaur dengan budaya dan mengikuti seni yang terus berkembang pesat, dan itu semua lekat dengan dunia Pariwisata.


Disamping itu semua, kita pun perlu menjaga serta melestarikan kearifan lokal yang terdapat di dalamnya. Jika kita mempelajari dan memahami dengan baik mengenai ilmu antropologi, maka setiap unsur/element yang berkaitan dengan karakteristik dan interaksi didalamnya, Kita akan mampu menyesuaikan dan mengikuti tuntunan serta regenerasi yang berlaku di dunia kepariwisataan. 


✓Contoh Kasus, mempelajari latar belakang Tamu (Orang Lain) yang berhubungan dengan sektor pariwisata seperti: 

| Hotel       

| Restoran     

|Destinasi Wisata


Nah, ketika kita sudah mempelajari mengenai ilmu yang berkaitan dengan Antropologi, disinilah kita akan menemukan keseruan yang namanya seni berkomunikasi dan berinteraksi, dengan setiap orang yang memiliki latar belakang yang berbeda baik dari segi suku, ras, ataupun agama. 


Beberapa hal yang akan kita temui tentang seni berinteraksi dan berkomunikasi mengenai latar belakang Tamu (Orang Lain) yang berkunjung: 


=> Hotel 

Jika kita sebagai seorang resepsionis di hotel, tentu kita akan menemukan beranekaragam karakter orang (tamu yang berkunjung) ada yang lemah lembut, keras kepala, gak sabaran, hingga tipe orang yang panikan, atau bahkan ada yang maunya dilayani dan diantarkan terus menerus mulai dari pemesanan hingga pengantaran barang ke kamarnya.


Tentu, kita sebagai resepsionis  harus menerima serta menyambut baik kepada tamu manapun, jika kita sudah mengetahui latar belakang Tamu itu berasal dari daerah atau kota mana, kita pun akan lebih mudah pula dalam hal menyampaikan informasi sesuai dengan ciri khas/karakteristik orang tersebut. Maka dalam hal Melayani atau menyampaikan informasi kepada tamu pun akan lebih nyaman dan menyenangkan. 


=> Restoran

Banyak hal yang bisa kita pelajari mengenai latar belakang orang (pengunjung) yang datang ke restoran, tidak jauh beda dari pengunjung/tamu hotel, ada yang bawel, gak sabaran, banyak bertanya, dan sebagainya. Dari hal seperti ini kita akan mengetahui banyak hal dalam menyampaikan Komunikasi dan seni dalam melayani, tentunya dengan interaksi yang baik pula. 


Sebagai pramu saji, tentu kita harus memberikan pelayanan yang enak, nyaman, serta membuat pengunjung lebih menyenangkan, layaknya kita sedang mengolah sebuah makanan, supaya lebih enak tentu kita harus menyajikan resep-resep yang baik dan terpilih baik dari segi kualitas maupun olahannya. 


Begitu juga dengan Komunikasi dan melayani pengunjung dari latar belakang yang berbeda-beda. Seni berkomunikasi dan berinteraksi akan selalu berkaitan disemua lini. Dalam hal ini kita akan lebih mengenalli dan mengetahui berbagai aspek interaksi dari sudut pandang yang luas. 


=> Destinasi Wisata

Industri Pariwisata merupakan tempat yang lebih beragam lagi, kalau dilihat dari segi latar belakangnya makin banyak hal yang bisa kita temukan, diantaranya karakteristik orang, gaya bicara, cara berpakaian (busana), kebiasaan, dan lain sebagainya. Bahkan jangan heran di tempat (destinasi wisata) kita akan melihat/menyaksikan atau melayani berbagai macam  kebiasaan yang sebelumnya tidak pernah kita temui. 


Dan kita dituntut untuk lebih profesional dalam menyampaikan serta melayani apa yang dibutuhkan oleh pengunjung atau konsumen yang datang. Tentu jika kita sudah mempelajari dan mengetahui mengenai ilmu antropologi, seni berkomunikasi dan berinteraksi, kita akan lebih memahami, bisa menyesuaikan dengan karakter orang-orang baru yang hadir. 











1 comment: