Garut kini memiliki potensi baru dalam pengembangan Wisata Desa, salah satunya Desa Sukanagara Kecamatan Pendeuy, yang saat ini sedang mengembangkan dua wisata binaan diantaranya Ranca Gede dan Tenjo Laut. 

Kalau dilihat dari geliat masyarakat terhadap ekonomi kreatif, diantaranya destinasi wisata tentu menjadi buruan diakhir pekan. Maka dari itu setiap desa khususnya di Kabupaten Garut gencar mempromosikan wisata unggulan, entah itu wisata alam, kuliner, musik, dan budaya. 

Semuanya dikemas dalam proses ekonomi kreatif berbasis potensi desa. Apalagi untuk saat ini Kementerian Desa dan Kementerian Pariwisata sedang menggalakkan dan mengangkat Ekraf (Ekonomi Kreatif), serta pengembangan 10 Bali Baru yang siap diluncurkan. 

Apakah Garut menjadi salah satunya? Semoga saja, tentu hal ini menjadi tugas bersama dalam mengangkat potensi desa, salah satunya Desa Sukanagara yang siap menjadi bagian dari Desa Mandiri. 

Bagaimana dengan pengembangan Desa Wisatanya? Saat ini Ranca Gede merupakan fokus utama yang sedang dibidik dalam pengembangan Destinasi Wisata Desa Unggulan. 

Dilihat dari potensi budidaya ikannya pun bisa menjadikan segmentasi utama Desa, maka dari itu Ranca Gede bisa menjadi barometernya sebagai daya tarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. 

Pada saat acara kunjungan Praktek Kerja Industri SMKN 1 Garut dan SMKN 2 Garut ke kawasan Ranca Gede, Kepala Desa Sukanagara Bapak Iwan Kartiwan menginformasikan "Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman telah memasok 100 Ribu bibit ikan di Ranca Gede ini, sekaligus membuka peluang wisata Desa." 

Dan yang harus teman-teman ketahui juga, selain potensi wisata yang sedang dikembangkan, Desa Sukagara juga memiliki potensi lainnya seperti pertanian, perkebunan, dan peternakan. 

Komoditi terbesar yang dihasilkan yaitu Gula Aren, Kapulaga, dan tentunya salah satu penghasil ternak Domba Garut terbaik ada di Desa Sukanagara. 


Tenjo Laut, keindahan alam yang menghampar hijau bisa langsung kita saksikan dari ketinggian 1.500 MDPL, dengan pemandangan langsung ke pegunungan, pesawahan, dan area pemukiman warga. Tak hanya itu, Tenjo Laut juga menjadi destinasi wisata desa pilihan kedepannya yang wajib teman-teman kunjungi.

Apalagi untuk pecinta alam dan gunung, Tenjo Laut bisa dijadikan rekomendasi untuk camping dan atraksi wisata alam. Untuk menjangkau ke tempat ini hanya 25 menit dengan perjalanan santai menggunakan mobil dari kawasan Desa Sukanagara.