Merupakan suatu pengalaman yang sangat berarti bagi jangipan, bisa berkesempatan ikut serta dalam rangkaian kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh KBR dan NLR. 


Pada acara Gathering media dan peluncuran proyek #SUKA "Suara untu Kusta" media yang mengedukasi dan memberantas stigma kusta dan disabilitas, yang diselenggarakan secara virtual melalui zoom, pada tanggal 14 April 2021. 

Untuk saat ini masyarakat belum tau sepenuhnya mengenai penyakit kusta, maka dari itu perlu adanya sosialisasi yang lebih luas kepada masyarakat mengenai kusta. 

Pada acara media Gathering dr. Christina Widaningrum, Mkes. Menginformasikan  bagaimana penularan penyakit kusta, penularan terjadi dari penderita kusta yang tidak diobati kepada orang lain dengan kontak yang lama melalui pernapasan. 

Tidak semua orang dapat tertular penyakit kusta, hanya sebagian kecil  saja yaitu orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah terhadap kusta.  

Kemungkinan keluarga terdekat dapat tertular kalau penderita tidak berobat. Oleh karena itu seluruh anggota keluarga harus diperiksa. 

Penyakit kusta tidak mudah menular kareana: 
95% dari penduduk mempunyai kekebalan alamiah terhadap Kusta sehingga tidak dapat mudah menular. 

3% dari penduduk bisa tertular tapi bisa sembuh sendiri. 

Hanya 2% bisa tertular dan memerlukan pengobatan. 

Sumber penularan hanya pada penderita kusta tipe Basah yang belum diobati. 

Dari 100 orang yang terpapar: 

95 orang kebal 
5  orang sakit
3 orang sembuh sendiri 
2 orang sakit 

*Bersambung